MacBook Pro Baru Gunakan Cip M1 Pro & M1 Max, Punya Layar Mirip iPhone

Jakarta, Gizmologi – Jelang acara peluncuran Apple Event yang diadakan tengah malam (19/10), banyak sekali rumor bermunculan bila akan diperkenalkan lini MacBook Pro baru dengan cip M1X. Dan benar saja, ada dua varian baru yang diresmikan, meski penamaan cip-nya berbeda.

Malah tidak hanya satu, melainkan dua cip baru yaitu M1 Pro & M1 Max. Dalam memperkenalkan duo MacBook Pro terbarunya, ditampilkan angka alias peningkatan dari generasi sebelumnya yang sangat-sangat menggiurkan. Mulai dari performa dan jumlah port yang dimiliki—tentu dengan banderol harga yang tinggi pula.

Baca juga: MacBook Pro M1 & Air M1 Dijual di iBox, Harga Mulai Rp17 Jutaan

“Kami berangkat untuk menciptakan notebook profesional terbaik di dunia, dan kali ini kami sangat bersemangat untuk perkenalkan MacBook Pro yang serba baru dengan M1 Pro dan M1 Max—kombinasi signifikan dari kinerja fenomenal, masa pakai baterai tak tertandingi, serta fitur-fitur inovatif lainnya,” kata Greg Joswiak, SVP Worldwide Marketing, Apple.

Desain Baru, Kembali Pakai MagSafe Charger

MacBook Pro 14 16

Hadir dalam dua ukuran berbeda, MacBook Pro 14 & 16 inci dirancang sepenuhnya baru, fokus untuk berikan performa terbaik. Dibandingkan generasi sebelumnya, sistem pendinginnya bisa memindahkan angin 50% lebih baik, supaya performa tetap terjaga dalam pemakaian jangka panjang. Agar kipas di dalamnya lebih senyap saat digunakan secara intensif sekalipun.

Hal baru juga langsung terlihat dari sisi kiri dan kanannya. Punya kelengkapan port yang lebih banyak, kini MacBook Pro 14 & 16 inci kembali menggunakan mekanisme charger MagSafe. Hadir dalam generasi ketiga, port tersebut mendukung fast charging dengan arus sampai 140 watt, mampu isi daya 50% dalam waktu 30 menit saja.

Selain itu, ketiga port USB-C yang ada sudah mendukung standar Thunderbolt 4. Sementara dua port tambahan lainnya, yakni HDMI serta slot kartu SD benar-benar akan memanjakan para profesional terutama kreator konten, karena tak perlu lagi menggunakan aksesoris seperti dongle tambahan.

Yang cukup mencengangkan, MacBook Pro baru tak lagi dilengkapi dengan Touch Bar, alias kembali gunakan tombol function seperti laptop lain pada umumnya. Dan ketika melihat ke atas, konsumen bakal disambut dengan layar yang lebih besar dan ekspansif, juga familiar bagi pengguna iPhone.

Layar MacBook Pro 14 & 16” Mendukung ProMotion 120Hz

MacBook Pro 14 16

Untuk pertama kalinya, MacBook Pro 14 & 16 inci hadir dengan layar Liquid Retina XDR, gunakan teknologi mini-LED yang sama seperti iPad Pro. Artinya, layar laptop ini bisa menyala hingga 1,000 nits, di mana umumnya kompetitor hanya bisa menyala sampai 400 nits. Tak hanya itu, rasio kontrasnya juga sangat tinggi. Plus refresh rate adaptif hingga 120Hz untuk pergerakan yang lebih halus.

Untuk perluas cakupan area layar, bezel-nya dibuat lebih tipis pada keempat sisinya, sehingga masing-masing punya dimensi layar 14,2” dan 16,2 inci. Untuk itu, Apple mengusung desain notch yang mirip seperti iPhone 13 series, demi menyematkan sebuah kamera 1080p (tanpa Face ID). Ya, resolusinya meningkat 2x lipat, diklaim jauh lebih baik dari generasi sebelumnya bersama olah ISP & Neural Engine.

Selain visual yang prima, MacBook Pro 14 & 16 inci juga memiliki total enam speaker, di mana dua di antaranya adalah tweeter dan sisanya berupa woofer—berikan dentuman bass yang lebih kuat sampai 80%. Mikrofon dengan standar studio juga disiapkan untuk perekaman suara terbaik tanpa perlu aksesori tambahan.

Performa Jauh Lebih Kencang dari Varian Intel

MacBook Pro 14 16

Lalu bagaimana dengan performanya? Keduanya bakal hadir dengan opsi cip terbaru dan paling kencang dari Apple, yaitu M1 Pro & M1 Max. M1 Pro sendiri punya CPU hingga 10-core dan GPU 16-core, plus dukungan kapasitas RAM sampai 32GB. Sementara M1 Max lebih kuat di GPU dan RAM.

Untuk komputasi visual yang jauh lebih rumit, M1 Max hadir dengan opsi GPU sampai 32-core, 4x lebih kencang dari M1 standar, plus opsi RAM hingga 64GB dengan kecepatan bandwidth sampai 400GBps. Dirancang dengan arsitektur fabrikasi 5nm, kedua cip ini juga jauh lebih efisien daya terutama bila dibandingkan dengan milik Intel.

Untuk MacBook Pro 14 inci, diklaim bisa memutar video hingga 17 jam, sementara varian 16 inci sampai 21 jam. Dibandingkan versi Intel, fotografer yang biasa gunakan laptop ini untuk edit foto di Adobe Lightroom Classic bisa merasakan daya 2x lebih awet, atau compile 4x lebih banyak kode di Xcode bagi pengembang aplikasi.

Semua performa tinggi yang dihadirkan lewat M1 Pro dan M1 Max bisa dinikmati baik ketika sedang menggunakan baterai atau sedang terisi daya, lagi-lagi jadi keunggulan tersendiri bagi Apple. Lantas berapa harga untuk masing-masing varian?

Keduanya sudah bisa dipesan mulai hari ini di beberapa negara tertentu, dengan pengiriman yang relatif cepat alias mulai 26 Oktober mendatang. Harganya? Mulai USD1,999 (Rp28 jutaan) & USD2,299 (Rp32 jutaan) untuk masing-masing ukuran. Bakal jauh lebih mahal dengan konfigurasi lebih tinggi tentunya.

Tinggalkan komen