Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

AC Inverter, Produk Baru LG yang Hemat Listrik Dengan Kapasitas Hingga 5 Pk

LG Electronic Indonesia, pemimpin 58,8% pangsa pasar dipastikan siap memperluas cakupan pasar.  Perusahaan asal Korea Selatan tersebut memperkenalkan AC inverter yang menjadi solusi bagi hunian besar dan Small Office Home Office (SOHO).

“Kehadiran produk ini bakal menjadikan LG sebagai solusi lengkap bagi AC hemat listrik yang menjangkau berbagai kebutuhan,” ujar Pramu Baskoro – Air Solution Channel Team Leader LG Electronics Indonesia.

Sebelumnya, dua tahun yang lalu, LG melengkapi seluruh varian terbarunya dengan teknologi hemat listrik. Khususnya untuk kategori AC yang diperuntukkan bagi rumah tangga. Sekarang, LG menyatakan bahwa AC Inverter yang termasuk dalam kategori Single Commercial Air Conditioning tahun ini akan hadir dalam kapasitas pendinginan hingga 5 PK.

Selain AC rumah, teknologi inverter ini juga diterapkan LG bagi AC untuk kebutuhan bangunan gedung dengan teknologi Inverter V.

Produk terbarunya ini, dimaksudkan untuk menjadi solusi atas kebutuhan AC rumah yang memiliki varian kapasitas pendinginan kecil. Serta AC berkapasitas besar untuk kebutuhan gedung. Untuk pendinginan besar, kapasitasnya ialah 4PK dan 5PK.

AC ini juga akan tetap mengandalkan satu unit indoor dan satu unit outdoor. Pasalnya, banyaknya unit AC yang digunakan, membuat pengguna harus menyiapkan beberapa instalasi pipa refrigerant antara unit indoor dan outdoor. Disisi lain, keadaan ini juga menimbulkan kesulitan mengenai tata letak unit baik indoor maupun outdoor karena kebutuhan luas ruang peletakan.
Baca juga: Mengenal Teknologi Twin Cooling Plus dan Smart Conversion Pada Kulkas Samsung

“Dengan jumlah keseluruhan perangkat yang sama namun memiliki kapasitas pendinginan besar, menciptakan solusi tepat untuk kemudahan instalasi serta menjaga estetika ruangan,” ujarnya.

Untuk itu, keberadaan AC inverter kali ini dapat dikatakan menjadi solusi yang tepat bagi hunian luas hingga ruang usaha pada kategori Small Office Home Office.

Terkait estetika ruangan, LG memiliki dua terapan desain untuk produk ini. Pertama, desain cassette yang berbentuk persegi dengan empat arah keluaran udara yang peletakkannya menempel pada langit-langit bangunan. Desain ini tersedia dalam kapasitas pendinginan 4Pk. Kedua, model floor standing, berbentuk persegi yang memanjang secara vertikal. Sesuai namanya, model ini berdiri di lantai bangunan. Dan untuk model floor standing ini tersedia dalam kapasitas pendinginan 5Pk.

Related Posts
1 daripada 8

Penerapan desain khusus pada outdoor fan dan kompresor membuatnya mampu beroperasi dengan konsumsi listrik 40% lebih rendah dibanding produk konvensional.

Terdapat tiga keunggulan utama hasil dari inovasi LG berbasis teknologi inverter yang hemat listrik pada Single Commercial Air Conditioning tersebut. Yaitu hemat energi, menjaga kenyamanan penggunaan dan katahanan pakai pada produk.

Selain lebih hemat listrik, inovasi LG membuatnya mampu menyingkat waktu yang dibutuhkan untuk mendinginkan ruangan hingga 30%.

LG merancang produk dengan tingkat ketahanan pengoperasian yang tinggi. Produk tersebut dapat tetap beroperasi secara optimal mulai dari suhu sekitar – 5°c hingga 46°c.

Hadir sebagai alternatif baru, produk yang telah meraih 4 bintang Energy Efficiency Ratio (EER) ini, menyatakan akan meningkatkan kepercayaan masyarakat dengan AC hemat listrik ini.

LG juga menyadari pentingnya membangun komunikasi dengan masyarakat dan jaringan penjualannya. Hal ini didasarkan oleh banyaknya masyarakat yang masih ragu untuk beralih ke teknologi inverter meskipun sudah terbukti lebih hemat listrik.

Sebagai langkah awal mengenai hal tersebut, LG bakal menggandeng lembaga independen di Indonesia untuk melakukan pengujian khusus mengenai tingkat penghematan listrik pada produk Single Commercial Air Conditioning terbarunya ini.

“Kepercayaan masyarakat menjadi faktor penting untuk percepatan beralih pada gaya hidup teknologi inverter yang lebih baik dalam menghemat listrik,” ungkapnya.

Dengan reputasi panjang perusahaan yang dibangun di Indonesia, ”Tak hanya menyediakan produk, namun memberi informasi yang bertanggungjawab pada publik terkait tiap klaim dalam produk menjadi upaya kami dalam mendukung pemerintah dalam menggerakkan gaya hidup hemat energi,” tutupnya.