Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

AC LG Dual Cool Series Ramaikan Pasar AC Inverter, Apa Istimewanya?

Gaya hidup manusia modern di Jakarta sepertinya tak lagi cukup disejukkan dengan dinginnya AC. Produk teknologi ini turut mengikuti tren kekinian yang harus serba pintar namun irit daya. Pabrikan asal Korea Selatan, LG Electronics, baru saja menawarkan lini terbarunya, AC LG Dual Cool Inverter Series, yang dibekali dua inovasi besar. Apa saja itu?

AC LG Dual Cool Inverter Series mempunyai dua fitur yang tak hanya membuat konsumen nggak bakal pusing soal daya listrik dengan tetap merasa nyaman tetapi juga tak perlu repot mengendalikan seluruh AC jenis ini di dalam rumah mereka.

Yang pertama adalah LG Dual Inverter Compressor, di mana kata dual sendiri berasal dalam AC LG Dual Cool Inverter Series ini. Kata dual ini berarti terapan dua putaran roda dalam satu tuas kompresor AC inverter ini. walhasil, kerja kompresor ini sanggup membuat AC inverter ini mempunyai jangkauan frekuensi operasi yang lebih luas dibanding AC konvensional.

Sementara jangkauan frekuensi AC konvensional terbentang dari 20Hz hingga 100Hz, kompresor Dual Inverter membuat AC LG Dual Cool Inverter Series memiliki jangkauan operasi 10Hz hingga 120Hz. Nilai bawah lebih rendah pada jangkauan frekuensi inilah yang membuatnya mampu beroperasi lebih hemat listrik. Sementara kemampuannya menjangkau frekuensi hingga 120Hz memberikannya kemampuan dalam kecepatan pendinginan.

“Konsumsi listrik lebih rendah dari sebelumnya, namun memberi kenyamanan lebih tinggi dengan proses pendinginan lebih cepat,” ujar Dimas Raditya, Product Marketing Residential AC LG Electronics Indonesia.

Pengujian dari TUV Rheinland melakukan verifikasi pendinginan cepat dan tingkat hemat energi. Inverter ini lebih hemat listrik hingga 70%dan 40% lebih cepat dalam pendinginan.

AC Inverter ini lebih hemat listrik hingga 70% dan 40% lebih cepat dalam pendinginan.

Kompresor AC inovatif ini diterapkan untuk seluruh varian AC LG Dual Cool Inverter Series, tak cuma varian tertinggi yaitu AC 2PK, namun juga menyentuh hingga kapasitas terendah yaitu AC ½ PK.

Related Posts
1 daripada 4

Sedangkan fitur inovatif kedua dalam AC LG Dual Cool Inverter Series ini adalah SmartThinQ™ yang hadir pada Model Deluxe dari 1 & 2 PK dan model Smart untuk kapasitas 1.5 & 2 PK. Fitur ini jadi andalan LG menjawab dilemma gaya hidup orang zaman now yang serba mobile ketika berbenturan dengan kebutuhan kendali perangkat elektronik di rumah untuk kenyamanan dalam penggunaan pribadi mau pun bagi anggota keluarga.

Baca juga: Cara Unik LG Sosialisasikan Mesin Cuci Hemat Listrik

AC LG Dual Cool Inverter Series

Teknologi SmartThinQ pada AC LG Dual Cool Inverter Series memungkinkan penggunanya melakukan berbagai perintah kendali jarak jauh, di antaranya untuk mengaktifkan atau pun mematikan AC, memastikan pengaturan suhu sesuai kebutuhan, untuk tiap unit air conditioner LG Dual Cool Series pada tiap ruang dalam rumah.

Tak perlu pula banyak perangkat tambahan untuk memanfaatkan teknologi SmartThinQ ini. Konsumen cukup menyiapkan wifi router sebagai pusat keterhubungan. Bila ini telah dipenuhi, yang perlu dilakukan berikutnya adalah mengunduh aplikasi SmartThinQ ini pada smartphone, baik berbasis Android maupun iOS.

Melalui aplikasi SmartThinQ™ ini pengguna dapat memilih pembatasan keterhubungan perangkat sehingga bisa ada kendali jarak jauh yang dilakukan dari beberapa smartphone anggota keluarga, mau pun pembatasan perangkat AC yang dapat dikendalikan dari sebuah smartphone tertentu. “Memberi kemudahan pengaturan perangkat elektronik setiap saat dan pada setiap tempat merupakan perhatian LG pada sisi lebih detail dalam pengembangan AC LG Dual Cool Series untuk menjawab gaya hidup modern,” ujar Dimas Raditya.

Perdana diperkenalkan pada 2017 lalu, AC LG Dual Cool Inverter Series hadir dalam berbagai pilihan kapasitas mulai dari ½ PK, 1 PK, 1 ½ PK hingga 2 PK.  AC LG sendiri menjadi merek AC Inverter paling populer di Indonesia dengan menguasai 72,5% pangsa pasar dalam negeri.

Minat konsumen terhadap AC inverter sendiri meningkat dari sebaran AC inverter sekitar 54 ribu unit pada 2016 di seluruh Indonesia menjadi 177 ribu unit sepanjang 2017. AC inverter sendiri sering disebut sebagai AC kasta tertinggi sebab dipersenjatai dengan teknologi yang membuat kompresor pada AC inverter bisa bekerja menyesuaikan pada kebutuhan mencapai suhu ruangan yang diinginkan.

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.