Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Saingi Amazon, Google Dikabarkan Siapkan Smart Speaker Plus Display

Google Inc tidak mau kalah dengan Amazon. Sementara di perusahaan pesaing ada Amazon Echo Show, Google smart speaker dikabarkan akan dirilis. Produk baru ini nantinya dilengkapi dengan display dan fitur kecerdasan buatan mesin pencari ini.

Google smart speaker ini dapat menambah ketatnya persaingan dengan Amazon.com dan Alibaba Group Holding untuk sektor produk yang diaktivasikan menggunakan suara, tulis Nikkei Asian Review. Smart speaker Google yang akan mirip dengan Amazon Echo Show ini dikabarkan akan menggunakan rangkaian smart speaker Google Home yang menjalankan Google Assistant, mirip seperti Alexa pada Amazon.

“Google menargetkan bisa mengapalkan tiga juta unit untuk tahap pertama model terbaruGoogle smart speaker yang dilengkapi dengan layar,” ungkap seorang narasumber. “Ini adalah rencana yang agresif,” katanya.

Usai memperkenalkan Echo Show musim panas tahun lalu, Amazon hanya berhasil mengirimkan 315 ribu unit Echo Show sepanjang 2017, demikian menurut perusahaan riset Canalys.

Amazon Echo Show. Foto oleh wired.com
Related Posts
1 daripada 6

Awal tahun ini, Google memperkenalkan platform Smart Display teranyarnya untuk mitra bisnisnya, seperti Lenovo Group, JBL, LG Electronics, yang dengan teknologi ini bisa membuat mereka bisa menciptakan produk seperti halnya Echo Show. Tetapi Google sendiri belum memproduksi alat seperti halnya Echo Show sendiri.

Untuk saat ini, rangkaian speaker kecerdasan buatannya menampilkan Google Home standar, Home Mini yang hemat dan Home Max yang premium. Google Home standar dan Home Mini bersaing dengan Echo reguler dan Echo Dot milik Amazon, sedagnkan Home Max berkompetisi dengan HomePod kepunyaan Apple yang didukung oleh asisten suara Siri.

Google Smart speaker yang dibekali dengan display ini kemungkinan bergantung pada perintah suara tetapi penggunanya nanti bisa memainkan video di YouTube, mengecek kalender dan melihat peta. Beberapa eksekutif industri memperkirakan akan lebih banyak produk smart speakers yang akan ada di pasaran seiring dengan adanya fitur pengenalan gambar dan video.

Baca juga: Alibaba Kenalkan Teknologi Al Copywriter, Pesaing Baru Penulis Profesional?

Data dari Canalys menyebut 35 juta smart speakers telah dikirimkan ke seluruh dunia sepanjang 2017. Amazon mendominasi pasar dengan 63% sedangkan smart speakers Google mempunyai pangsa pasar 32% lalu sisanya dibagi oleh produsen lainnya.

 

 

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More