Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Changhong Luncurkan AI Smart TV Berbasis Android 9.0 di JD.ID

Televisi pintar kini semakin digandrungi. Karena menyediakan berbagai fitur canggih dan konten yang kaya. Changhong yang tergolong pemain baru pun tak mau ketinggalan dengan tren tersebut. Perusahaan elektronik asal Tiongkok ini meluncurkan Changhong AI Android TV H4 Series secara eksklusif di JD.ID.

Sebagai pemain baru, tentu mereka tidak berani jual mahal. Changhong mengusung strategi yang pada dasarnya dipakai oleh kebanyakan produsen asal China yaitu fitur melimpah dengan harga sangat terjangkau.

Hal ini ditegaskan oleh Luo Da Peng, CEO Changhong, yang mengatakan pihaknya berkomitmen untuk memberikan produk-produk terbaik berkualitas tinggi dengan harga terjangkau untuk masyarakat Indonesia. “TV yang kami luncurkan ini memiliki kualitas sangat baik, sehingga kami berani memberikan garansi hingga lima tahun pada konsumen,” ujar Luo.

Fitur & Spesifikasi Changhong AI Android TV H4 Series

Changhong AI Android TV H4 Series tersedia dalam 3 seri yakni L32H4 (32 inci), L40H4 (40 inci), dan L43H4 (43 inci). Fitur yang ditonjolkan di televisi pintar ini adalah kecerdasan buatan (Artificial Intelligence).

AI seolah menjadi mantra bagi produsen agar produknya dianggap berteknologi tinggi dan kekinian. Hal ini juga yang dilakukan pada Changhong AI Android TV H4 Series. TV pintar ini dilengkapi dengan teknologi AI, namun bukan hasil pengembangan sendiri. Melainkan memang sudah bawaan dari sistem operasi TV besutan Google.

Penggunaan AI pun lebih pada fitur Google Assistant, di mana pengguna bisa melakukan perintah suara melalui remote control. Fitur ini pun sudah ada di TV kompetitor seperti MI TV dari Xiaomi.
Baca: Review Xiaomi Mi TV 4A 43: TV Pintar Layar Besar yang Terjangkau

TV ini menggunakan Android 9.0, yang merupakan versi terbaru Android di Indonesia. Changhong AI Android TV H4 Series diklaim sebagai Smart TV pertama yang menggunakan sistem operasi ini. Tentu ini hanya soal waktu saja bagi produsen TV lain untuk mengadopsi platform pintar ini.

Related Posts
1 daripada 4

Penggunaan sistem operasi besutan Google tersebut, otomatis membuat Changhong AI Android TV H4 Series membawa fitur-fitur seperti Google Play Store, Google Assistant, dan built-in Chromecast. Kesemua fitur ini memastikan pengguna bisa menikmati ribuan aplikasi dan permainan serta beragam konten hiburan seperti musik dan film.

Changhong AI Android TV H4 Series juga menggunakan teknologi HLG (Hybrid Log Gamma) yakni teknologi HDR yang biasanya hanya digunakan untuk TV Kabel, TV Satelit, dan Live TV. Hal ini menjadikan TV ini memiliki kualitas gambar yang jernih dan warna yang lebih akurat, menghasilkan tampilan gambar yang memanjakan mata.

Tidak hanya dari segi tampilan, kualitas suara Changhong AI Android TV H4 Series juga tidak diragukan lagi karena mengadopsi Dolby Audio Processing, memberikan dimensi suara yang nyata dengan kualitas suara jernih dan optimal. Teknologi Mali 470 juga menjadikan televisi ini 50% lebih hemat energi jika dibandingkan Smart TV lain di kelasnya.

Harga Changhong AI Android TV H4 Series

Semua produk Changhong AI Android TV H4 Series dipasarkan eksklusif di JD.ID mulai 1 Juli 2019. Khusus tipe L32H4 (32 inci) memiliki jaminan layanan purna jual (garansi) selama lima tahun. Sedangkan dua seri lainnya yakni L40H4 (40 inci) dan L43H4 (43 inci) memperoleh garansi tiga tahun.

Mia Fawzia, Marketing Chief JD.ID mengatakan peluncuran ekslusif Android Smart TV andalan Changhong di JD.ID semakin membuktikan portofolionya sebagai perusahaan e-dagang yang dipercaya oleh global brand. “Bergabungnya Changhong juga akan menambah katalog Smart TV di JD.ID yang tentunya akan memberikan nilai lebih sekaligus memperkaya pilihan pelanggan kami akan Smart TV yang terjangkau dengan kualitas yang dijamin orisinal.”

Dijelaskan lebih lanjut, selama dua tahun terakhir, kategori produk yang pertumbuhannya paling cepat di JD.ID adalah home appliances. Di mana Smart TV merupakan salah satu jenis produk yang paling populer di kategori ini.

Harga Promo

(1-2 July 2019)

Harga Promo

(3–7 Juli 2019)

Harga Normal

 

32 inci Rp 1.899.000 Rp 2.199.000 Rp 2.399.000
40 inci Rp 2.999.000 Rp 3.099.000 Rp 3.399.000
43 inci 3.399.000 Rp 3.499.000 Rp 3.699.000