Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Menengok Kemajuan Teknologi China

Ketika mendengar tentang China, yang terpikirkan oleh saya adalah negara dengan jumlah pendudukan terbanyak serta memiliki daratan luas dengan sejarah yang panjang. Hal yang paling saya pahami dari China adalah sejarah peperangan 3 kerajaan. Namun bagaimana dengan China sekarang? Memiliki penduduk dengan jumlah yang besar pasti memiliki dampak positif dan juga negatif.

Salah satu sisi positifnya adalah memiliki tenaga manusia yang berlimpah. Namun hal tersebut juga akan menimbulkan permasalah dalam mengatur setiap manusia agar tidak menimbulkan kekacauan di dalam masyarakat itu sendiri. Hal-hal manual seperti melakukan pencatatan terhadap tindak pelanggaran untuk setiap orang sudah tidak mungkin dilakukan, bayangkan saja jika satu orang saja melakukan pelanggaran diberbagai tempat bagaimana kita bisa melakukan pengumpulan pelanggaran orang tersebut.

Untungnya solusi untuk permasalahan ini telah ditemukan, yaitu penerapan artificial intelligence atau AI dalam pengenalan wajah setiap penduduk. Dengan penerapan AI pada CCTV yang ada dihampir bagian kota, kita dapat melakukan monitoring dan menyimpan tindakan atau prilaku dari setiap individu.

Bahkan ketika saya menelusuri jalanan di Beijing dan Shenzhen, saya melihat kamera yang melakukan pengambilan gambar secara terus menerus terhadap kendaraan yang berlalu-lalang. Yang dipikiran saya, apakah sistem ini berjalan 24 jam non-stop? Lalu bagaimana dengan data center mereka? Bagaimana mereka mengirim jepretan kamera tersebut?

Sebelum mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut, saya mulai memperhatikan bagaimana masyarakat di sana melakukan transaksi hanya melalui hp saja atau bisa disebut cashless dengan penyedia jasanya Alipay dan WeChat Pay.

Related Posts
1 daripada 3

Bahkan saya menemukan berita bahwa China akan membuat mata uang digital mereka sendiri. Saya hanya bisa berkata “WOW” mereka sedang melakukan trobosan yang sangat besar. Jika dulu mereka berhasil membuat Great Wall sekarang mereka telah membuat Great Firewall. Great Firewall yang saya maksud adalah bagaimana pemerintah dapat mengendalikan lalu lintas data yang masuk ataupun keluar dari negara mereka.

Dari berbagai teknologi yang sudah diterapkan di China, saya menyadari bahwa tidak semua teknologi yang telah digunakan tersebut dapat diterapkan di Indonesia. Contohnya penerapan CCTV yang telah dilengkapi teknologi AI untuk memindai wajah setiap individu, kita tidak ingin nantinnya teknologi ini akan menekan masyarakat untuk berbuat baik hanya jika ada CCTV ditempat tersebut.

Lebih buruknya lagi jika masyarakat mulai berpikir mereka tidak memiliki ruang privasi mereka sendiri dan mulai merusak CCTV yang ada. Kuncinya kita harus melakukan hal tersebut secara perlahan. Agar masyarakat mengerti bahwa penerapan teknologi tersebut untuk memudahkan sistem yang telah ada. Seperti penerapan e-toll yang dilakukan secara perlahan dengan diimbangi penyuluhan dari pihak terkait.

Satu teknologi lagi yang akan mengubah bagaimana cara hidup kita, yaitu penerapan teknologi 5G. Kita tahu Huawei adalah salah satu pelopor teknologi ini, bahkan dengan teknologi saat ini saja telah muncul berbagai macam layanan berbasis online, seperti ruangguru dalam pendidikan, Netflix dalam hiburan, Go-Jek dalam transportasi. Mungkin jika teknologi 5G ini jadi diterapkan di Indonesia tahun 2023, kita tidak perlu lagi keluar rumah untuk melakukan pekerjaan kantor.

Kita bisa menggunakan drone untuk melihat keadaan diluar, melakukan pemesanan makanan secara online dan diantar menggunakan drone, dokter dapat melakukan tindakan medis secara langsung melalui koneksi internet. Kemajuan teknologi ini tidak dapat kita hindari, karena setiap penjuru dunia sudah mempersiapkan diri untuk revolusi industry 4.0.

Hal yang bisa kita siapkan adalah membangun manusia kita melalui pendidikan, karena yang menggunakan teknologi itu sendiri adalah manusia. Sehingga program “Seeds for the Future” ini sendiri membantu saya melihat sejauh mana teknologi telah mempengaruhi kehidupan masyarakat saat ini. (BDA)