Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Catatan Perjalanan Mengikuti Seeds for the Future 2019

Pada tanggal 24 Oktober, pengumuman yang telah saya tunggu-tunggu akhirnya keluar. Saya berhasil terpilih dalam program Seeds for the Future yang diadakan Huawei. Dari sekian banyak peserta yang mendaftar, saya merupakan salah satu dari ke-10 mahasiswa beruntung yang memperoleh kesempatan emas ini.

Program ini diadakan selama 2 minggu di Ibukota Republik Rakyat Tiongkok, yakni Beijing, dan “ibu kota teknologi” sekaligus lokasi kantor pusat Huawei, Shenzhen. Mengetahui pengumuman itu, saya sangat gembira karena merupakan kesempatan emas. Saya bisa mendalami pemahaman mengenai budaya China, terutama bahasanya serta keindahan dan makna di balik tiap goresan kaligrafinya. Saya juga ingin memperluas wawasan di bidang telekomunikasi dengan pengetahuan yang diberikan oleh perusahaan masyhur seperti Huawei.

Perjalanan dimulai 1 November, ketika Huawei Indonesia mengadakan inaugurasi bagi kami para peserta yang beruntung. Dalam kesempatan ini, kami bercerita tentang harapan pada program ini. Para alumni yang sudah ikut di tahun-tahun sebelumnya juga berbagi cerita tentang apa pengalaman mereka. Esoknya, kami berangkat ke ibu kota Tiongkok.

Beijing

Pada hari pertama, kami pergi mengunjungi Kota Terlarang yang terletak di Beijing. Saya terpukau oleh kemegahan dari istana dan kota itu sendiri, serta perpaduan warna merah dan emas sebagai dekorasi istana yang harmonis. Setelah itu, kami kesempatan untuk melihat salah satu dari 7 keajaiban dunia, yakni Great Wall of China. Bahkan hanya dengan melihat ukuran Tembok Besar China ini saja, saya sudah cukup takjub.

Beberapa hari selanjutnya diisi dengan kegiatan belajar bahasa Mandarin serta kaligrafi. Sebagai seorang pemula, saya sangat antusias untuk memperdalam pemahaman dalam bahasa ini. Lebih dari itu, saya juga ingin menyerap makna di balik tiap kayuhan dari tulisan indah Mandarin ini melalui pelajaran kaligrafi. Kemudian, pada hari terakhir, kami diberikan tes kecil mengenai apa yang telah dipelajari selama beberapa hari.

Shenzhen

Related Posts
1 daripada 3
Peserta Seeds for the Future 2019 dari Indonesia, Nigeria, dan Azerbaijan.

Lima hari di Beijing, kami melanjutkan perjalanan menuju ke Shenzhen. Di sini, saya mendapat kesempatan langka dengan berpetualang bersama para peserta Seeds for the Future dari dua negara lainnya, yakni Azerbaijan dan Nigeria.

Dalam tiap kesempatan, saya belajar dan bertukar budaya dengan kedua negara yang asing bagi saya. Kami berkeliling di dalam Hakka Village pada hari pertama di Shenzhen. Melihat keunikan arsitektur serta upaya-upaya masyarakat sekitar dan pemerintah untuk mempertahankan warisan budaya China ini menggerakan hati saya, terutama ketika mengingat tempat asal leluhur saya.

Hari kedua di Shenzhen merupakan yang paling saya kenang. Kami mengunjungi Splendid China atau dikenal sebagai China Folk Culture Village. Di sana, saya merasa telah memperoleh sebuah hak istimewa untuk melihat keberagaman budaya yang mendirikan dan memperkokoh negara China hingga saat ini.

Melihat keanekaragaman budaya leluhur masih dilestarikan dan ditampilkan sebagai salah satu wahana atraksi yang menarik turis dengan keindahannya. Ini menyentuh saya untuk kembali mengingatkan betapa beruntungnya terpilih dalam acara terhormat yang diselenggarakan Huawei ini.

Di hari selanjutnya, kami melakukan kunjungan ke kantor pusat Huawei, di mana kami diberikan pengajaran dan wawasan tambahan, langsung dari para ahli di bidang teknologi seluler jaringan akses dan inti. Hari-hari kami kemudian diisi dengan pengalaman praktik terkait bidang tersebut. Pengalaman dan pengetahuan yang telah saya peroleh dalam program ini merupakan sesuatu yang benar-benar tidak dapat dibeli dengan uang.

Setiap ada permulaan pasti ada perpisahan. Pada hari terakhir, kami mengadakan pesta perpisahan. Saya merasa sedih sekaligus bersyukur. Sedih karena perjalanan yang sungguh membuka mata saya ini telah berakhir. Harus berpisah dengan kawan-kawan yang berbagi pengalaman ini dengan saya selama 2 minggu ke belakang. Di sisi lain, bersyukur atas kesempatan yang telah diberikan ini.

Seluruh wawasan, pengetahuan, serta pengalaman yang telah saya peroleh dalam program ini, adalah sesuatu yang sangat berharga. Ini akan saya kenang dan ingat untuk selamanya.