Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Perkenalkan Acer Chromebook Tab 10, Tablet Pesaing iPad yang Murah Meriah

Apple berencana akan punya hajat besar di sebuah sekolah di Chicago besok waktu setempat. Namun sepertinya, pesta perkenalan produk pendidikan Apple tak akan berjalan meriah sebab Acer sudah mengumumkan Acer Chromebook Tab 10, tablet Chrome OS pertama di dunia. Tablet ini bakal menjadi pesaing iPad namun dibanderol dengan harga yang murah.

Baca juga: Menanti 4 Kejutan Apple yang Bikin Kepo Akhir Bulan Ini di Chicago

Seperti ditulis oleh Mashable Asia, Acer Chromebook Tab 10 secara jelas ingin menyaingi produk dari Apple. Dengan banderol harga US$329, tablet Acer tersebut mengandung spec yang turut dipunyai pula oleh Apple. Bahkan tablet ini punya satu keunggulan yang tidak dipunyai iPad Apple versi murah, yakni pena digital yang tertanam atau built-in stylus.

Acer sendiri memproduksi Acer Chromebook Tab 10 sebagai media belajar bagi siswa serta mempermudah pekerjaan administratif bagi staf IT sekolah. Lalu apa saja isi tablet baru ini?

Acer Chromebook Tab 10 ini dilengkapi dengan built-in stylus. Foto oleh cnet.com

Pertama-tama, Acer Chromebook Tab 10 mempunyai layar 9,7 inchi dengan resolusi 2.048 X 1.536 IPS display. Dibekali 3999 RockChip processor, Acer Chromebook Tab 10 mempunyai 4GB RAM dimana ruang penyimpanan bisa mempunyai kapasitas memori hingga 32GB.

Related Posts
1 daripada 52

Tablet ini mempunyai baterai yang dapat bertahan hingga sembilan jam, lalu kamera belakang 5 MP dan 2MP kamera depan.

Meski menjalankan OS Chrome, bukan berarti Acer Chromebook Tab 10 kekurangan aplikasi. Aplikasi yang ada di Android bisa ditemukan pula di tablet ini via Google Play.

Sebagai tambahan, tablet ini mendukung augmented reality atau realitas tambahan di dalam ruangan kelas, seperti Expeditions AR buatan Google. Dengan program ini, para murid dapat merasakan sensasi petualangan penuh pendidikan ke tempat-tempat eksostis di dunia, seperti Machu Pichu dan Antartika.

Lalu ada pula built-in stylus atau pena digital yang bisa digunakan untuk menulis atau membuat grafis. Namun sayangnya fitur ini kehilangan semacam aksesoris keyboard padahal salah satu alasan mengapa Chromebooks dan laptop Windows 10 begitu populer adalah karena mempunyai keyboard.

Apple memang disebut akan merilis iPad baru ukuran 9,7 inchi dengan harga lebih terjangkau dalam perhelatan besok. Produk iPad yang memang diperuntukkan bagi murid tersebut diprediksi telah dibekali dengan pembaharuan terhadap prosesor. Kamera baru dan aksesoris anyar juga mungkin bisa ditemukan dalam produk ini nantinya.

Bisa pula Apple akan memperkenalkan fitur pensil ke dalam iPad baru tersebut agar bisa membantu murid dalam mengerjakan tugas berbasis seni atau grafis di sekolah. Bisa saja Apple mendesain ulang pensil yang lebih mudah dipakai di tangan anak yang ukurannya lebih kecil dibanding orang dewasa.

Jadi manakah yang kira-kira akan laris di pasaran? IPad lebih murah buatan Apple atau Acer Chromebook Tab 10 andalannya Google? Waktu yang akan menjawab mana yang akan lebih disukai pasar pendidikan. Yang pasti sih Apple punya pesaing tangguh di dunia pendidikan.