Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Inilah Apple Mac Pro, Perangkat Editing Kelas Dewa

"Monster editing untuk Sultan. Sobat missqueen can't relate."

Kamu seorang desain grafis atau video editor? Boleh jadi perangkat terbaru besutan Apple ini di luar impian gilamu sekalipun. Betapa tidak,  Apple Mac Pro 2019 terbaru ini sanggup dijejali RAM hingga 1,5 TB. Boleh jadi, komputer untuk editing video dengan RAM 32GB saja sudah enak, apa lagi dengan RAM 1,5TB. Mungkin serasa di surga.

Tapi untuk mendapatkan perangkat ini, tentu saja harganya tidak murah. Kamu harus merogoh kocek sebesar USD5.999 atau sekitar Rp85 juta. Bandingkan dengan laptop game “sultan” yang harga tidak berbeda jauh dengan ini. Eh tapi ini baru perangkat Mac Pro nya doang ya, belum termasuk monitornya. Hehehe.

Mengapa Apple sampai membuat perangkat kelas dewa seperti ini? Menurut Phil Schiller, Vice President Marketing Apple,  pihaknya merancang Apple Mac Pro 2019 untuk pengguna yang membutuhkan sistem modular dengan kinerja, ekspansi, dan konfigurasi yang ekstrem.

“Dengan prosesor Xeon yang kuat, kapasitas memori yang besar, arsitektur GPU yang inovatif, ekspansi PCIe, kartu akselerator Afterburner dan desain rahang, Mac Pro yang baru adalah monster yang akan memungkinkan para profesional melakukan pekerjaan terbaik dalam hidup mereka,” kata Phill Schiller. Iya deh.

Baca juga: Tujuh Fitur Apple MacBook Air Terbaru yang Wajib Kamu Tahu

Fitur dan Spesifikasi Apple Mac Pro 2019

Apple Mac Pro dengan desain “parutan keju”

Dengan harga tersebut, Apple Mac Pro menawarkan desain baru dan spesifikasi yang jauh lebih tinggi dibanding pendahulunya yang dianggap di-anak tirikan.

All new Apple Mac Pro 2019 dipersenjatai dengan prosesor Intel Xeon kelas workstation hingga 28 core, sistem memori berkinerja tinggi dengan enam Channel RAM dan total 12 slot DIMM ECC Memory pada kecepatan hingga 2933MHz berkapasitas hingga 1,5 TB. Kemudian ada 8 slot ekspansi PCIe dan arsitektur grafis yang diklaim menyajikan kartu grafis paling kuat saat ini.

Di sektor dapur pacu ini pula, Apple menyertakan hardware kustom bernama Apple Afterburner. Dengan “Afterburner”, Mac Pro diklaim bisa menayangkan tiga video 8K format RAW atau 12 video berformat 4K di saat yang bersamaan. Perangkat keras tersebut bisa memproses enam juta piksel per detik. Luar biasa ya.

Related Posts
1 daripada 49

Untuk mengendalikan temperatur, Mac Pro 2019 memiliki tiga kipas sebagai pendingin yang mengalirkan udara dengan rata-rata 300 kaki kubik per menit. Selain itu ada juga kipas angin juga ditemani oleh blower.

Belum lagi arsitektur ekspansi grafis yang inovatif dengan Modul MPX yang terintegrasi Thunderbolt dengan daya lebih dari 500 W. MPX adalah sebuah kartu dengan lebar quad PCIe yang dilengkapi penghantar panas ukuran besar dan akan memiliki konfigurasi mulai dari AMD Radeon Pro Vega 2 hingga Radeon Pro Vega 2 Duo.

Apple Mac Pro memiliki kapabilitas pemutar film 3D, mengomposisi adegan 8K, dan membangun lingkungan 3D kompleks. Mendukung semua itu, Mac Pro dihadirkan dengan kartu grafis paling kuat di dunia dan kinerja grafis hingga 56 teraflop dalam satu sistem.

Satu hal yang menjadi sorotan adalah desain prosesor dan punggung Mac Pro yang dicibir mirip parutan keju dengan lubang-lubang kecil. Padahal sejatinya lubang ini berfungsi untuk mengalirkan udara. Mac Pro 2019 memiliki kerangka stainless steel dengan pegangan tangan dan roda di bawah untuk kemudahan mobilitas.

Mengusung frame stainless-steel dan case alumnium. Ketika dilepas memberikan akses tanpa batas ke interior Mac Pro. Ini membuat Mac Pro berbeda dari sebagian besar perangkat Apple, yang dirancang untuk ditingkatkan daripada mudah dimodifikasi.

Harga Mac Pro (plus monitor Apple Pro Display XDR)

Tertarik meminangnya? Seperti disebutkan di atas, perangkat editing kelas dewa ini dibanderol dengan harga sekitar Rp85 juta. Tapi itu baru komputernya saja, belum termasuk monitornya. Jika ingin lebih maksimal, kamu juga bisa membeli sekaligus pasangannya yaitu monitor Apple Pro Display XDR yang menampilkan layar Retina 6K 32-inci. Harga perangkat monitor 6K ini adalahUSD 4.999 atau sekitar Rp 70 jutaan.

Kalau ditotal, kedua perangkat ini harganya menjadi Rp155 jutaan. Itupun, jika masih ada bujet berlebih karena kamu termasuk golongan “Crazy Rich Asia”, bisa membeli dudukan monitor Pro Stand seharga USD999 atau Rp14 jutaan. Gila, ini dudukan monitor termahal yang pernah ada.

Bersama-sama, pasangan Apple Mac Pro dan Pro Display XDR ini diklaim sebagai monster desain paling ampuh yang pernah dimiliki Apple. Wajar saja bilang seperti itu, biar produknya laku. Dan selama ini, hampir semua produk Apple yang harganya tidak ada yang murah itu, laku semua.

Dengan spesifikasi kelas dewa seperti itu, perangkat ini sepertinya lebih cocok untuk rumah produksi film komersial dan produksi iklan. Tapi jika kamu YouTuber tajir dengan subscriber jutaan yang tiap hari kejar tayang, boleh juga investasi pada perangkat ini. Jika berminat, kedua perangkat ini akan hadir ke pasar potensial Apple di seluruh dunia antara Juli hingga September 2019 mendatang.