Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Anker dan RavPower Pelopori Tren Charger Masa Depan

Revolusi charger sedang terjadi, dan ini bukan sekedar tentang USB-C, tetapi charger GaN (gallium nitride). Unsur tersebut mulai menggantikan silikon yang terdapat pada charger. Dua buah charger yang sudah menggunakan unsur ini adalah Anker PowerPort Atom PD1 dan RavPower 45W yang memiliki desain ramping.

Kedua charger tersebut juga memiliki ukuran yang semakin menyusut. Saat memegang charger ini, rasanya memang tak terlalu meyakinkan. Charger Anker 30W sepertinya terlalu kecil untuk bisa mengisi daya perangkat yang lebih besar dari ponsel.  Kendati demikian ternyata kedua charger tersebut dapat bekerja sesuai yang dijanjikan. Charger tersebut tidak mudah panas atau meledak, tentu ini hal yang memang diharapkan dari suatu charger.

Penggunaan unsur GaN jauh lebih efisien, sehingga charger yang memakai unsur ini ukurannya bisa lebih kecil. Energi yang terbuang pun lebih sedikit jika dibandingkan dengan charger yang memakai silikon. Kendala terbesar adalah perusahaan sudah terbiasa bekerja dengan silikon, sementara unsur GaN masih relatif baru. Tetapi kemungkinan akan ada lebih banyak produk lagi yang memanfaatkan teknologi tersebut di masa depan.

Kinerja Charger GaN

Anker 30W Atom PD 1 memang belum sempurna, charger ini harus bekerja keras mengisi daya perangkat yang besar seperti MacBook Pro 13 inci. Laptop tersebut dapat diisi dayanya ketika dalam kondisi sleeping. Tetapi ketika laptop dalam kondisi aktif, charger ini perlu berjuang habis-habisan untuk bisa mengimbangi pengurasan daya.

Sementara pengisian daya cukup lancar untuk perangkat yang lebih kecil seperti smartphone, iPad, Nintendo Switch, headphone atau perangkat lain dengan USB-C. Sepadanlah untuk harga US$29,99 atau sekitar Rp420 ribu.

RavPower 45W bahkan lebih mengesankan, charger ini bisa mengisi daya segala perangkat dengan koneksi USB-C. Kecuali laptop yang memakan daya sangat besar seperti MacBook Pro 15 inci. Perkembangan charger GaN ini memang masih terlalu dini, kemungkinan dalam waktu dekat akan ada lebih banyak variasi desain lain.

RavPower 45WRavPower 45W

Desain Charger GaN

Desain charger RavPower lebih ramping, tetapi permukaannya lebih luas. Sementara Atom PD1 lebih kecil, tetapi colokannya tak bisa dilipat, sehingga agak aneh untuk dimasukkan dalam tas. Tetapi jika dibandingkan dengan charger 5W yang termasuk dalam paket pembelian ponsel, tentunya charger GaN ini jauh lebih baik.

Port yang lebih banyak, watt yang lebih tinggi dan form factor yang berbeda dapat dihadirkan pada charger dengan unsur GaN. Anker juga telah memperkenalkan beberapa model yang rencananya akan diluncurkan akhir tahun ini. Model tersebut diantaranya adalah PowerPort Atom PD 2 60W dengan dua port USB-C dan PowerPort Atom PD 4 100W dengan empat port (dua USB-C dan dua USB Tipe-A).

Charger USB-C dengan unsur GaN memang sangat direkomendasikan karena desainnya yang lebih tipis, ringan, dan biasanya lebih murah jika dibandingkan dengan charger USB-C lain. Anker dan RavPower merupakan charger pertama yang menawarkan GaN dan mempelopori sosok charger di masa depan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.