Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

IFA 2020: TCL Rilis Dua Tablet dengan Layar Berteknologi NXTPAPER

0 2.024

TCL telah dikenal dengan produk TV yang andal dan terjangkau. Di ajang IFA 2020 yang digelar di Berlin, produsen asal China tersebut menunjukkan ambisinya untuk memperkuat berbagai sektor produk baru terutama perangkat mobile. Salah satu yang menjadi perhatian adalah dirilisnya tablet terbaru TCL 10 Tab Max dan 10 Tab Mid.

Keunggulan utama dari tablet terbaru TCL ini adalah dibenamkannya teknologi NXTPAPER. Ini adalah teknologi display yang dikembangkan oleh TCL dipasangkan dengan layar reflektif yang menggunakan cahaya alami. Sehingga menjadikannya tampilan “tanpa ketegangan mata” yang dapat digunakan untuk permukaan layar yang lebih besar seperti tablet.

Menurut Jefferson Li, Manajer Umum TCL Tablet Product Line, TCL terus mengembangkan teknologi inovatif seperti NXTPAPER guna menawarkan sesuatu yang lebih kepada pelanggan. Teknologi ini dikombinasikan dengan tablet Seri 10 TCL menjadi tablet inovatif yang memenuhi permintaan zaman modern dengan berbagai titik harga.

Terlebih di masa pandemi dengan begitu banyak orang yang pindah dari kantor tradisional atau lingkungan ruang kelas ke rumah. Pengguna membutuhkan tablet kuat dan mudah beradaptasi, yang memungkinkan mereka tetap produktif dari mana saja.

Baca juga: 10 Alasan TCL 43A8 Sebagai Smart TV Android 43” 4K Pilihan Terbaik

 MAX dengan Stylus

TCL 10 TAB MAX 02Dari dua produk yang dirilis, TCL 10 TABMAX adalah seri tertinggi. Tablet ini punya layar 10,36″ yang resolusinya memang masih FHD, tapi sudah dibekali tampilan inovatif NXTVISION. Tablet ini juga hadir dengan bezel sempit 8,3mm, dan tata letak layar lebar untuk mendukung kreativitas.

Dengan TCL 10 TAB Max, pengguna dapat menggunakan TCL Stylus untuk menggambar, menulis, atau mencorat-coret dengan santai, seperti pensil di atas kertas. Stylus ini punya latensi ultra-rendah, sentuhan tangan yang alami, dan desain yang elegan.

Saat konferensi video daring, TCL 10 TAB MAX dapat menangani panggilan video definisi tinggi. Tablet ini punya sistem mikrofon ganda yang menangkap suara dan menggunakan fitur pengurangan kebisingan. Selain itu, pengaturan dua speaker memberikan pengalaman pertemuan yang lebih alami. Sementara itu kamera depan 8 megapiksel memberikan komunikasi grup yang lebih menarik dan efisien. Diperkuat pula dengan konektivitas Typecover dan 4G serta solusi perangkat lunak dari Google dan Microsoft agar tetap produktif.

Jam kerja yang panjang sering kali membuat mata tegang, TCL 10 TABMAX menawarkan pelindung mata yang cerdas tanpa flicker, tanpa cahaya biru yang berbahaya, serta kecerahan dan nada suara yang lebih baik saat siang hari atau kondisi cahaya redup. Kerennya lagi, bisa memberi sinyal alarm jika berada dalam jarak 25cm dari layar.

Orang tua dapat memanfaatkan Mode Anak untuk menyiapkan UI yang ramah anak dan kontrol orang tua untuk perlindungan tambahan. Tablet ini juga dapat digunakan sebagai tampilan rumah pintar, menampilkan foto, cuaca dan lalu lintas; ini terintegrasi dengan Google Assistant, sehingga Anda dapat dengan mudah mengelola tugas dan memutar musik hanya dengan menggunakan suara.

TCL 10 TABMAX hadir dengan spesifikasi kamera depan 8 megapiksel, kamera belakang 13 megapiksel, dan baterai besar 8000 mAh. Tablet ini akan tersedia di seluruh wilayah tertentu secara global dalam model 4G dan Wi-Fi saja yang dimulai pada Q4 masing-masing seharga € 299 EUR atau IDR5,2 juta untuk model 4G. Sedangkan tablet WiFi dibanderol dengan harga 249 EUR atau sekitar IDR4,3 juta.

TCL 10 TAB MID Harga Terjangkau

TCL 10 TABMID menawarkan fitur berkualitas tinggi dalam desain yang lebih ringan dan lebih ramping dengan berat hanya 325g dan ketebalan hanya 8,5mm. Meski ada angka 10, tapi bukan berarti ukurannya 10 inchi. Karena nyatanya, TCL 10 TAB MID punya layar IPS FHD 8 inci.

Sebagaimana kakaknya TCL 10 TAB MAX, tablet ini juga dibekali teknologi layar inovatif dengan NXTVISION untuk memastikan layar tablet ini tidak akan kehilangan kecerahan, kontras atau warna di sudut manapun. Layar ini juga mengurangi cahaya biru untuk menghilangkan kelelahan visual dan memiliki mode membaca yang menyesuaikan layar menjadi hitam dan putih. Sekaligus menyesuaikan kecerahan dan kontras berdasarkan lingkungan.

Penggemar hiburan akan menyukai sistem speaker yang kuat dan suara dentuman yang dalam untuk penggunaan audio dan video. Tablet ini dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon  665 dengan CPU octa-core dan GPU berperforma tinggi untuk bermain game online.

TCL 10 TAB MID juga merupakan pilihan yang cocok untuk anak-anak. Karena menawarkan Mode Anak yang menghadirkan UI ramah anak dan kontrol orang tua. Juga memiliki fitur Google Assistant yang memungkinkan untuk mengelola tugas dengan mudah, mendapatkan jawaban, dan memutar musik hanya dengan menggunakan suara.

Memberdayakan film, game, email, dan lainnya, TCL 10 TABMID hadir dengan baterai berkekuatan 5500 mAh untuk penggunaan sepanjang hari, sensor sidik jari satu sentuhan untuk kemudahan login dan keamanan, serta premium, edisi khusus gelap. sampul belakang biru. Ini menawarkan kamera depan 5 megapiksel dan kamera belakang 8 megapiksel. Tablet ini juga menawarkan konektivitas Wi-Fi dan 4G dan akan tersedia mulai Q4 di wilayah tertentu di Eropa dan Asia Pasifik seharga € 229 EUR atau Rp3,9 juta.

Teknologi NXTPAPER di Tablet TCL

Teknologi NXTPAPER merupakan kombinasi artistik dari layar dan kertas serta puncak dari dua tahun penelitian dan desain produk serta 11 paten untuk pelindung mata. Teknologi display ini memberikan definisi Full-HD yang menawarkan pengalaman visual seperti kertas dalam warna penuh, tanpa flicker dan tanpa cahaya biru yang berbahaya.

NXTPAPER menggabungkan layar reflektif menggunakan teknologi tampilan TCL untuk menggunakan kembali cahaya alami dan telah menerima sertifikasi pelindung mata dari laboratorium Rhine Jerman serta laboratorium SGS dan VDE Jerman.

Jika dibandingkan dengan e-ink tradisional, TCL NXTPAPER memiliki kontras 25 persen lebih tinggi untuk tampilan yang lebih baik dan jika dibandingkan dengan panel LCD pada umumnya, Selain itu, TCL NXTPAPER lebih tipis hingga 36 persen menciptakan perangkat yang bisa jauh lebih ramping dan ringan.

Teknologi layar NXTPAPER juga lebih dari 65 persen lebih hemat daya daripada LCD biasa, memungkinkan efisiensi baterai yang jauh lebih baik dan masa pakai baterai perangkat yang lebih lama secara keseluruhan. Dirancang khusus untuk perangkat format yang lebih besar, seperti tablet, teknologi TCL NXTPAPER ideal untuk belajar dan membaca, tetapi juga memungkinkan pemutaran video yang lancar yang menciptakan pengalaman kerja dan belajar yang lebih baik.