Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Canon ME20F-SH, Kamera Ultra Sensitif Hingga ISO 4.000.000

0 2.917

Sebagai salah satu produsen kamera profesional terbaik, Canon terus mengembangkan produknya untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang sangat beragam. Salah satunya adalah kebutuhan untuk membidik maupun melakukan perekaman dalam kondisi cahaya yang sangat gelap. Untuk itu, pt. Datascrip hadirkan Canon ME20F-SH.

Kamera ini punya fokus keunggulan pada sensitivitas ISO yang sangat tinggi. Sebagai informasi, kamera flagship dari Canon, EOS 1D X Mark III punya kemampuan ISO sampai 102.400 (yang dapat ditingkatkan hingga maksimal 819.200). Mungkin nilai tersebut sudah jauh lebih tinggi, terutama apabila dibandingkan dengan kemampuan ponsel pintar saat ini. Namun untuk kondisi cahaya gelap yang ekstrim, dibutuhkan kamera dengan tingkat ISO yang lebih tinggi lagi.

Tingkat Sensitivitas Tinggi Canon ME20F-SH

Canon ME20F-SH
(Kiri – kanan): Noriko Gunji – President & CEO Canon Singapore Pte, Ltd., Merry Harun – Director of Canon Business Unit pt. Datascrip dan Johnny Ng – Marketing Manager Regional Consumer Imaging & Information Group Canon Singapore Pte. Ltd. berfoto bersama Canon ME20F-SH.

Canon menghadirkan ME20F-SH melalui pt. Datascrip selaku distributor tunggal produk mereka di Indonesia. Kamera ini dibuat super sensitif, punya tingkatan ISO hingga 4.000.000. Dengan begitu, kamera multifungsi ini dapat merekam gambar di kondisi yang bahkan ketika mata manusia tidak dapat melihat. Contohnya seperti saat keadaan intensitas cahaya subjek kurang dari 0,0005 lux, atau ketika subjek hanya mendapat pancaran cahaya dari sinar bulan.

Sintra Wong, Asst. Director, Canon Marketing Division, pt. Datascrip mengatakan, “kamera dengan kemampuan sensitivitas cahaya yang sangat tinggi ini dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, seperti saar mengambil gambar alam liar di malam hari, pengamatan, hingga untuk sistem keamanan dimana teknologi kamera konvensional, termasuk kamera CCTV, tidak bisa melakukannya.”

Baca juga: Inilah Fitur Unggulan Canon EOS 1D X Mark III, Kamera Flagship DSLR Full-frame Harga Rp110 Juta

Dengan kamera ini, merekam video saat kondisi gelap yang ekstrem tak lagi memerlukan penggunaan pencahayaan inframerah. Canon ME20F-SH dapat menangkap video Full HD berwarna dengan noise minimal di kondisi gelap. Untuk memungkinkan hasil rekam gambar memukau, Canon ME20F-SH menggunakan prosesor gambar DIGIC DV 4 dan sensor CMOS 35mm full-frame. Sensor tersebut mendukung perekaman video hingga resolusi 1080p dengan format 50p/60p. Kamera ini memiliki mounting lensa EF, membuatnya fleksibel untuk digunakan dengan lensa Canon EF dan EF-S yang sudah populer digunakan pada kamera DSLR dan lensa cinema Canon.

Desainnya dibuat modular, sehingga mudah saat akan dipadukan dengan perangkat lain seperti drone, gimbal, maupun layar tambahan yang biasa digunakan untuk standar perekaman video profesional. Di dalamnya juga terdapat neutral density (ND) filter serta IR filter secara terintegrasi di dalamnya.

Konektivitas dan Harga Canon ME20F-SH

CANON ME20F-SH

Konektivitas yang dimiliki juga serba lengkap, dengan berbagai port seperti 3.5mm audio untuk mikrofon eksternal, port 3G/HD-SDI dan HDMI, serta slot microSD untuk melakukan pembaruan firmware. Kamera ini juga bisa dihubungkan ke remote controller (RC-V100) untuk pengaturan manual jarak jauh.

pt. Datascrip selaku distributor tunggal memasarkan kamera Canon ME20F-SH di Indonesia seharga Rp427.339.000 (body only). Tertarik untuk mencobanya? Datascrip memberi kesempatan bagi pengunjung pameran Homeland Security Indonesia 2020 untuk mencobanya secara langsung, yang berlangsung di Assembly Hall, Jakarta Convention Center, hingga 6 Maret 2020.