Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Flagship DSLR Nikon D6 Disiapkan untuk Olimpiade Tokyo 2020

0 2.022

September 2019 lalu, Nikon telah mengumumkan bahwa mereka akan rilis DSLR kelas profesional terbarunya, Nikon D6, hanya dengan gambar produk tersebut. Tidak ada detil harga, ketersediaan, maupun spesifikasi kamera terbaru untuk lini D-series tersebut, yang cukup dikenal oleh kalangan fotografer olahraga berkat kecepatan dan reliabilitasnya. Nikon melakukan hal yang serupa ketika merilis beberapa kamera generasi sebelumnya, sebut saja Nikon D5 dan D4S.

Hampir lima bulan kemudian, Nikon akhirnya melengkapi semua informasi perihal Nikon D6 ini, yang dirilis bertepatan dengan akan diadakannya Tokyo 2020 Summer Olympic Games. Flagship DSLR ini diklaim punya kemampuan autofokus yang paling powerful, dengan peningkatan yang jauh jika dibandingkan oleh Nikon D5 rilisan 2016 lalu.  D6 punya total 105 titik AF system dengan cross-type sensors, masing-masing titik dapat dipilih secara individu, membuat D6 punya tiga kali lebih banyak focus points dari pendahulunya.

Fitur Kamera Nikon D6

Nikon D6 body only.

Sensor yang digunakan kali ini beresolusi 20.8MP full-frame, dengan rentang ISO 100 – 102,400. Terdapat opsi pengambilan mode burst 30fps pada resolusi 8MP, dan 60fps di resolusi 2MP, memungkinkan berkat penggunaan prosesor baru Expeed 6. Adanya AF engine terbaru membuat Nikon D6 mampu mengambil foto dengan high-speed continuous shooting hingga 14 frame per detik. Dan dengan perbaikan algoritma fokus, kamera akan tetap fokus terhadap porsi objek tertentu sesuai keinginan, tanpa merespon objek lain yang melewati frame.

Bagian port pada bodi Nikon D6 juga ditingkatkan agar pengoperasian lebih mudah. Layar control panel di sisi atas serta monitor LCD-nya juga lebih mudah terlihat meski dalam kondisi terang. Tombol pada bodi juga bisa menyala untuk membantu penggunaan dalam situasi gelap. Terbuat dari magnesium alloy, bodi kamera ini juga dibuat tahan debu dan tetesan air, jadi aman untuk digunakan dalam berbagai macam situasi.

Meski difokuskan untuk foto, Nikon D6 mampu merekam video hingga resolusi 4K 30fps dengan fitur focus peaking dan opsi format MP4. Terdapat dua slot kartu memori yang masing-masing kompatibel dengan kartu XQD maupun Compact Flash.

Baca: Resmi Mendarat di Indonesia, Ini Fitur dan Spesifikasi Kamera Nikon Z Series

Untuk kebutuhan transfer data, terdapat banyak pilihan seperti port USB-C, Wi-Fi 2.4 & 5GHz dan Bluetooth. Untuk profesional, disiapkan port kabel ethernet 1000BASE-T yang diklaim 15% lebih cepat untuk transfer data dibandingkan Nikon D5. Nikon D6 akan mulai dijual pada bulan April 2020 mendatang, dengan harga 6,500 USD atau sekitar Rp89 jutaan, body only.

Beli Kamera Nikon di Blibli