Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Fujifilm X-T4 Hadir dengan Layar Sentuh Lipat & In-Body Image Stabilization

0 1.507

Fujifilm akhirnya memperkenalkan flagship kamera digital mirrorless terbarunya, Fujifilm X-T4. Ini adalah seri X terbaru yang sudah dikenal dengan desain bodi kompak dan ringan. Terdapat beberapa peningkatan yang membuat X-T4 lebih baik secara signifikan dari pendahulunya, X-T3.

Kamera ini menggunakan sensor 26.1MP BSI CMOS X-Trans 4, yang masih sama dengan seri sebelumnya. Juga quad-core X-Processor 4 dan jendela bidik elektronik (EVF) 3.69M-dot. Pembaruan terdapat pada shutter unit, baterai, layar dan image stabilizer yang digunakan.

Fitur Kunci Fujifilm X-T4

Untuk pertama kalinya dalam X-T series, Fujifilm X-T4 dilengkapi dengan in-body image stabilization (IBIS), yang diklaim mampu mendeteksi gerakan kamera 8 kali lebih akurat dari sebelumnya, hingga 6.5-stops. Mekanisme shutter yang digunakan juga diperbarui, membuat kamera ini sanggup memotret cepat hingga 15fps, meningkat dari X-T3 di 11fps.

Dimensi kamera ini sedikit lebih besar dan berat, berkat penggantian kombinasi hardware serta kapasitas baterai yang meningkat jauh, dari 1260 mAh menjadi 2200 mAh. Baterai tersebut diklaim sanggup digunakan untuk ambil foto 500 kali dalam sekali charge, atau 600 kali dengan mode Economy. Fujifilm juga menyiapkan grip vertikal yang bisa menyimpan dua baterai tambahan, dan switch khusus untuk mengganti mode performa. Baterai dapat diisi melalui port USB-C dengan dukungan hingga 15 watt.

Fujifilm X-T4 juga dirancang agar lebih cocok digunakan oleh videografer. Selain kapasitas baterai lebih besar dan tutup SD card yang bisa dilepas, movie mode khusus disiapkan lewat saklar fisik yang ada di bawah shutter speed dial. Saat digunakan, LCD akan menampilkan menu khusus, memungkinkan pengguna mengganti pengaturan video lewat layar sentuhnya tanpa suara. Selain bisa rekam hingga resolusi 4K 60fps, X-T4 juga sanggup rekam video slow-motion 240fps pada resolusi Full HD (1080p). Digital Image Stabilization (DIS) mampu merekam guncangan ketika merekam video tanpa alat bantu (hand-held).

Baca juga: Fujifilm X-A7, Kamera Mirrorless untuk Pemula Harga Rp11 Juta

Harga Fujifilm X-T4

Fujifilm X-T4

Layar LCD vari-angle 3 inci milik Fujifilm X-T4 punya resolusi lebih tinggi di 1,62m-dot, ditemani OLED EVF 0,5 inci 3,69-dot. Dan untuk hasilkan foto yang lebih artistik, Fujifilm menambahkan filter baru pada mode Film Simulation-nya, yaitu ETERNA Bleach Bypass untuk hasil foto bersaturasi rendah dan kontras tinggi.

Kamera ini diperkirakan akan hadir pada akhir bulan April 2020 mendatang, dengan harga 1700 USD (Rp23 jutaan) body only. Kabar baiknya, Fujifilm akan meluncurkan kamera flagship tersebut pekan ini di Jakarta.