Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Leica Elpro 52 Maksimalkan Fotografi Makro dengan Lapisan Anti Pantulan Cahaya

Penggemar atau yang baru belajar fotografi makro kini punya pilihan produk baru. Lensa Leica Elpro 52 terbaru membekali diri dengan berbagai fitur menarik yang bakal membuat pengalaman menjepret obyek makro bebas pantulan cahaya.

Lensa Leica Elpro 52 terbaru menghadirkan dua elemen lensa yang disatukan dengan lapisan anti pantulan cahaya. Menurut Leica, fitur ini secara virtual sanggup menghilangkan penyimpangan cahaya.

Sebagaimana dilansir dari petapixel.com, lensa Leica Elpro 52 terbaru ini mempunyai desain yang menarik. Ada dua pilihan cincin berukuran 46 dan 49 mm dengan banderol harga US$395 atau sekitar Rp5,6 jutaan.

Lensa Leica Elpro 52 terbaru merupakan satu dari lebih dari 20 lensa M dan TL buatan Leica yang didedikasikan untuk para penyuka fotografi makro. Lensa Leica Elpro 52 terbaru dipasang pada lensa depan yang sudah ada, yang bisa secara signifikan mengurangi jarak fokus sehingga membuat pengguna dekat dengan obyek bidikan yang berukuran kecil.

“Fokus kedalaman yang dangkal membuka kesempatan bagi terciptanya fotografi detil yang luar biasa sambil tetap memberikan gambar dengan efek lembut di sekitar area fokus (bidikan),” kata Leica.

Related Posts
1 daripada 3

Fotografi makro memang jenis kegiatan menjepret yang unik dimana pemotret mengambil gambar pada jarak dekat lalu mewujudkannya menjadi gambar hidup dan mempunyai seni tinggi.

Contoh hasil dari fotografi makro. Foto oleh digitaltrends.com

Erez Marom dalam dpreview.com menulis bahwa fotografi makro cukup menantang sebab mengabadikan obyek melalui jarak yang sangat dekat sehingga pembesaran pada benda yang menjadi target menjadi hal yang paling penting. Kemampuan pembesaran pada lensa yang dipakai biasanya sudah tertulis dalam spesifikasi produk kamera yang dibeli. Fotografer pun  harus memahami arti dan dampak dari kemampuan pembesaran lensa ini.

Baca juga: Leica Tanam Investasi ke Light, Startup Inovator 16 Lensa Kamera L16

Besarnya minat pada fotografi ini membuat produsen lensa terus berinovasi. Selain Leica, ada pula Venus Optics yang belum lama ini merilis lensa makro Laowa 24mm f/14 2x Macro Probe.

Jarak minimum kerja lensa makro Laowa ini bisa sedekat 20 mm saja. Berkat adanya fitur LED yang sudah tertanam dan fitur tahan air, lensa makro Laowa ini membuka banyak peluang apa saja yang bisa ditangkap oleh sebuah lensa.