Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Sony Rilis Lensa FE 24mm F1.4 GM yang Ringkas bagi Fotografer Landscape

0 236

Pemandangan alam memang tak akan pernah habis menjadi sumber inspirasi bagi penyuka fotografi. Tak jarang untuk bisa memperoleh sudut foto yang menakjubkan fotografer harus berjalan sendirian dengan tentengan lensa yang bisa memberatkan tas di punggung. Lensa Sony FE 24mm F1.4 GM bisa menjadi pilihan lensa bagi fotografer landscape sebab bobotnya yang hanya 449 gram saja.

Lensa Sony FE 24mm F1.4 GM ringkas dibawa kemana pun sehingga bisa mendukung hasil foto yang tepat menggambarkan keindahan pemandangan. Tak hanya pemandangan alam, lensa Sony FE 24mm F1.4 GM bisa membantu fotografer starscape  memperoleh jepretan pemandangan penghuni langit yang menarik.

Lensa Sony FE 24mm F1.4 GM telah diresmikan di Indonesia pada Jumat, 19 Oktober 2018, di Jakarta Selatan. Selain menjelaskan keunggulan lensa Sony FE 24mm F1.4 GM di hadapan awak media, pihak Sony Indonesia turut mendemokan penggunaan lensa Sony FE 24mm F1.4 GM berikut hasil fotonya oleh fotografer profesional Fajar Kristiono.

Lensa Sony FE 24mm F1.4 GM merupakan anggota baru dari lini lensa full-frame G Master series dengan menggunakan teknologi optikal Sony yang canggih untuk beragam keperluan fotografi.

Selain berbobot hanya 445 gram, lensa ini mempunyai desain yang ringkas, yakni diameter filter 67mm dan ukuran bodi 75,4 mm x 92,4 m. Lensa ini menerapkan standar tinggi dari lensa G Master lalu menggabungkan resolusi tinggi dan bokeh yang indah, keduanya merupakan fitur utama dari lensa G Master.

“Lensa ini mempunyai kualitas gambar yang tinggi dan ringkas untuk melengkapi kamera full-frame mirrorless Sony dan juga kamera dengan sensor APS-C serta menambah jumlah lensa full-frame E-mount menjadi 30 dan lensa E-mount menjadi 48,” kata Kazuteru Makiyama, President Direktur Sony Indonesia.

“Sony akan terus mengembangkan lini lensanya agar dapat memenuhi kebutuhan semua tipe fotografer, videographer dan multi-media creators dengan berbagai macam penawaran berbeda untuk memaksimalkan kekuatan dari seri kamera α™ yang inovatif,” kata Kazuteru.

Sony FE 24mm F.14 G Master Prime Lens dengan Sony α9

Lensa Sony FE 24mm F1.4 GM sanggup menangkap detil pada resolusi tinggi pada seluruh frame. Lensa ini mempunyai desain optikal baru yang terdiri dari 10 kelompok yang berisikan 13 elemen yang menampilkan dua elemen XA (extreme aspherical) dan tiga elemen ED (extra-low dispersion). Penggabungan dua elemen XA secara efektif menahan saggital flare agar titik sumber cahaya direproduksi secara akurat. Kemampuan inilah yang membuat lensa Sony FE 24mm F1.4 GM ini menarik untuk melakukan fotografi starscape.

Baca juga: Sony HX99, Kamera Mungil Kinerja Andal yang Cocok bagi Traveler

Lapisan Nano AR Coating Sony yang unik digunakan dalam lensa ini untuk mengurangi silau sehingga tetap bisa menghasilkan gambar mengesankan, bahkan dalam pengambilan gambar dimana posisi matahari seringkali menjadi masalah jika memakai lensa normal.

Fitur Direct Drive SSM atau DDSSM baru berkekuatan tinggi sanggup memberikan thrust atau dorongan yang sekitar tiga kali lebih kuat dibandingkan dengan DDSSM sebelumnya, menghasilkan respons yang cepat, ketepatan berposisi tinggi dan tidak menimbulkan suara saat mengambil foto dan video.

Selain mempunyai kemampuan mengambil gambar landscape dan starscape, lensa Sony Fe 24mm F1.4 GM mempunyai performa jarak dekat 0,24 meter yang sangat baik. Pengguna bisa menikmati bokeh yang halus dan alamiah berkat pengaruh langsung dari spherical aberration dan axial and lateral chromatic aberration yang dapat menimbulkan color bleeding.

Tak lupa Sony menyematkan fitur untuk memudahkan mengendalikan lensa ini saat hendak mengambil foto mau pun video. Aperture ring memberikan pengendalian aperture intuitif sementara aperture click switch memungkinkan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan click stops sesuai kebutuhan. Focus ring menampilkan linear response MF untuk pengendalian fokus manual yang halus dan responsif.

Lensa Sony FE 24mm F1.4 GM akan tersedia di Indonesia untuk pre-order antara 19 dan 28 Oktober 2018 lalu dijual di gerai Sony mulai 3 November 2018 seharga Rp22.999.000,00.