Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Dynabook Portégé X30L-G, Laptop 13,3″ Teringan dengan Prosesor Intel Terbaru

0 1.327

Memiliki lini produk komputer Dynabook sejak 1958, tahun 2018 yang lalu Toshiba melepaskan kepemilikan sahamnya sebesar 80,1% kepada Sharp. Secara tidak langsung, Dynabook juga dimiliki oleh Foxconn karena dua tahun sebelumnya membeli Sharp. Ingin tetap eksis di pasar, hari ini mereka meluncurkan produk terbarunya Dynabook Portégé X30L-G.

Dengan berat hanya 870g, Dynabook Portégé X30L-G diklaim sebagai laptop bisnis 13,3” teringan di dunia yang memakai prosesor Intel Core generasi ke 10. Laptop bisnis premium Dynabook ini dirancang untuk mengutamakan portabilitas dengan mengandalkan berbagai fitur yang sudah ditingkatkan untuk mendukung performa, konektivitas, serta keamanan terkini untuk memenuhi kebutuhan penggunanya.

Wong Wai Meng, General Manager, Dynabook Singapura Pte. Ltd, mengatakan peluncuran Dynabook Portégé X30L-G menandakan komitmen berkelanjutan untuk mengembangkan perangkat yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dalam hal komputasi masa kini.

“Perangkat ini adalah warisan dari para insinyur terbaik kami yang sudah membuktikan kemampuan terbaiknya untuk merancang berbagai komponen komputasi bisnis dalam sebuah perangkat yang ringkas. Generasi Berikutnya Dari Perangkat Super Ringan telah hadir sekarang dan kami sangat senang karena kami menjadi yang terdepan dalam inovasi ini,” kata Wong Wai Meng, dalam siaran pers yang diterima Gizmologi (7/7).

Baca juga: ASUS ROG Zephyrus G14, Laptop Gaming dengan AniMe Matrix yang Unik

Ringan, Lolos Uji Militer

Dynabook Portégé X30L-GLaptop dengan warna Onyx Blue ini dirancang untuk memberikan keseimbangan dalam hal mobilitas dan durabilitas. Dynabook Portégé X30L-G menggunakan material sasis magnesium dengan struktur honyecomb berkualitas tinggi. Sehingga menghasilkan perangkat yang ringan serta sangat kuat.

Dynabook Portégé X30L-G ini dirancang untuk dapat tahan dalam berbagai tekanan di setiap kondisi lingkungan. Dapat digunakan dalam berbagai lingkungan dan situasi ekstrim, sesuai dengan uji militer MIL-STD-810G. Pengujian sendiri meliputi tes jatuh, tes temperatur, tes kelembapan, dan tes tahan debu. Hal ini untuk membuktikan kekuatannya dalam memenuhi tantangan bisnis masa kini.

Walaupun dirancang dengan bentuk yang kompak dan super ringan, Portégé X30L-G diklaim memastikan pengalaman penggunaan terbaik dalam situasi dan kondisi apapun. Perangkat baru Dynabook ini juga sudah memenuhi standar perangkat modern Microsoft terbaru, dan menjadi tolok ukur untuk perangkat komputasi masa kini.

Layar dari Sharp, Prosesor Pakai Intel

Nah, peran Sharp sebagai sang pemilik baru Dynabook terlihat pada penggunaan komponen layar. Dynabook Portégé X30L-G memakai layar anti reflektif 13” IGZO FHD LCD. Layar yang dirancang oleh Sharp menawarkan tingkat kecerahan mencapai  470 nit serta lebih hemat daya dibandingkan dengan layar LCD sejenis.

Kombinasi daya tahan baterai yang mencapai 14.5 jam3 (dengan layar IGZO) dan sistem pengisian daya yang sudah mengadopsi fitur Quick Charge menghasilkan 4 jam daya tahan baterai untuk pengisian baterai dalam kurun waktu 30 menit, sehingga pengguna tidak perlu khawatir untuk urusan daya tahan baterai ketika mereka sedang bekerja.

Jika sejumlah produsen komputer mulai berbagi dengan chipset AMD Ryzen yang makin banyak digemari konsumen, Dynabook nampaknya masih setia dengan Intel saja. Produk terbarunya ini pun memakai prosesor terbaru Intel Core generasi ke 10. Laptop ini menyediakan berbagai pilihan penyimpanan SSD termasuk SATA, PCIe. Juga didukung oleh teknologi Intel Optane yang memastikan segala pekerjaan akan berjalan dengan lancar dan cepat untuk meningkatkan produktivitas.

Laptop ini juga menyediakan opsi port pembaca kartu Micro SD yang memberikan keleluasaan dalam hal konektivitas serta opsi penyimpanan dan juga sudah mengadopsi RAM DDR4 yang dapat membuat perangkat ini mampu memenuhi berbagai pekerjaan dalam hal kebutuhan bisnis masa kini.

Konektivitas dan Keamanan

Perangkat ini juga memberikan kemudahan bagi pengguna dengan banyaknya opsi pilihan konektivitas. Diantaranya adalah port USB Type-C yang dapat digunakan untuk mengisi daya perangkat, menyambungkan layar, dan memindahkan data dalam satu sambungan.

Dynabook Portégé X30L-G juga dilengkapi port HDMI dan 2 buah port USB 3.0 yang menghilangkan kekhawatiran pengguna untuk tergantung terhadap port adaptor dalam hal mobilitas. Tersedia juga USB-C dock yang memberikan simplisitas satu koneksi sehingga ruang kerja menjadi lebih rapi.

Dalam hal konektivitas jaringan, perangkat ini sudah didukung oleh perangkat Wi-Fi mutakhir dari Intel® 802.11ax  atau yang dikenal dengan (Wi-Fi 6) dan juga Bluetooth versi 5.0 yang lebih cepat dalam peningkatan bandwidth. Selain itu tersedia juga port LAN dari Gigabit untuk memberikan akses tercepat bagi pengguna pada saat di ruang kerja.

Faktor keamanan adalah prioritas utama dalam bisnis. Dynabook Portégé X30L-G ini pun mengutamakan keamanan dan juga tersedia opsi pengaturan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dalam hal keamanan data.

Untuk selalu melindungi data-data penting,  Portégé X30L-G  melakukan optimalisasi perangkat keras maupun perangkat lunak untuk mencegah serangan siber yang dapat merugikan. Untuk pencegahan akses data yang tidak diharapkan, perangkat ini telah dilengkapi oleh otentifikasi biometrik yang mendukung pemindaian sidik jari dan wajah melalui fitur Windows Hello dan Intel Authenticate. Perangkat ini juga didukung fitur keamanan seperti Trusted Platform Module 2.0 (TPM) dan Dynabook’s BIOS.

Harga Dynabook Portégé X30L-G

Tertarik memiliki laptop yang di luar merek itu-itu saja? Dynabook Portégé X30L-G bisa menjadi pilihan menarik. Tipis, namun tangguh menjadi nilai jual utama. Namun harap bersabar ya, karena laptop ini baru akan tersedia di Indonesia pada bulan Agustus 2020.

Dynabook memasarkan laptop Portégé X30L-G ini dengan harga ritel mulai dari Rp26.999.000 (termasuk pajak). 

Dynabook Portégé X30L-G spesifikasi harga

Spesifikasi Dynabook Portégé X30L-G

PROCESSOR: Intel Core i5-10210U/ Core i7-10510U/ Core i5-10310U Quad Core vPRO / Core i7-10610U Quad Core vPRO / Core i7-10810U 6 Cores vPRO
OS: Windows 10 Professional 64-bit
CHIPSET: Single Chip Solution with CPU
SYSTEM MEMORY: 8GB Onboard SDRAM DDR4 2666MHz, expandable up to 24GB (Onboard + 1 free slot)
STORAGE: 256GB/512GB/1TB PCIe NVMe Solid State Drive
DISPLAY: 13.3″ Full HD Anti-Glare Display 470 NIT (Sharp IGZO), resolution 1,920 x 1,080 / 13.3″ Full HD Anti-Glare display with In-Cell Touch 1,920 x 1,080
GRAPHICS: Intel UHD Graphics 620
INPUT: Clickpad multi-gesture , Backlit LED Tile Keyboard
WIRELESS: Intel Dual Band WiFi 6 802.11a/b/g/n/ac/ax (2×2) AX200NGW; Bluetooth® 5.0 Combo
CAMERA: Built-in HD Web Camera with Dual Microphone, Infrared IR camera
SOUND SYSTEM: Stereo speakers DTS Sound
PORTS: 2x USB 3.0 (1x Sleep & Charge), 1x USB 3.1 Type-C™ Gen 1 PD, HDMI-out, RJ-45, Headphone/Microphone Combo, microSD Card Reader
BATTERY TYPE: 4-cell, 42Whr Lithium Ion Polymer (not user replaceable)
AC ADAPTER: 45W 100-240V/50-60Hz Universal AC Adaptor
SECURITY AND PROTECTION: Spill-Resistant Keyboard, Magnesium Case, Trusted Platform Module (TPM) v2.0, Fingerprint Reader (Synaptics SecurePad), Infrared (IR) camera for Windows Hello Face Sign-in (Optional), Smart Card Reader (Optional) Security lock slot, MIL-STD-810G tested
DIMENSIONS: 308.8 x 211.6 x 17.9 mm
WEIGHT: Starting from 870*g
WARRANTY: 3-year carry-in International Limited Warranty, 1-year battery