Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Honor MagicBook Pro 2020 Miliki Layar 16 Inci & CPU Intel Gen 10

0 2.853

Beberapa waktu lalu, HONOR mengumumkan keseriusannya untuk tak sekadar merilis smartphone, melainkan satu ekosistem lengkap dimana seluruh perangkat dapat saling terhubung. HONOR menunjukkan beberapa perangkat seperti home appliances, router baru, tablet serta salah satunya sebuah laptop, HONOR MagicBook Pro. Ya, jika Huawei memiliki seri MateBook Pro, HONOR juga memiliki ekuivalen serupa dengan spesifikasi mumpuni.

Dan sama seperti perangkat milik Huawei, HONOR juga sudah rilis MagicBook Pro dari 2019 lalu. Hanya kali ini diberikan beberapa peningkatan esensial seperti penggunaan prosesor baru dari Intel. Laptop ini sering disebut sebagai pesaing dari MacBook Pro 16 inci. Pasalnya miliki desain yang mirip, serta dimensi layar identik.

Baca juga: Honor Rilis Lini Produk Ekosistem Smart Home

Spesifikasi Honor MagicBook Pro

Honor MagicBook Pro 2020

Ya, HONOR MagicBook Pro edisi 2020 ini miliki layar berdimensi 16,1 inci. Namun dimensi secara keseluruhan tak terlalu besar, berkat ketebalan bezel yang hanya 4,9mm, menghasilkan rasio bodi ke layar hingga 90%. Layar tersebut beresolusi 1080p, dengan dukungan 100% sRGB untuk reproduksi warna yang akurat.

Bagian keyboard-nya juga terlihat identik seperti MacBook, termasuk peletakan speaker pada sisi kiri dan kanan. Sensor sidik jari disematkan di speaker kanan, menjadi satu sebagai tombol power untuk faktor kepraktisan. Sementara webcam beresolusi 1MP disembunyikan pada jajaran tuts keyboard paling atas.

Ketika tidak digunakan, kamera akan tertutup, memberikan rasa keamanan lebih. Namun posisinya sedikit tidak biasa dan membuat pengguna tampil dengan angle yang sedikit terlalu kebawah. HONOR juga menyematkan dua mikrofon pada MagicBook Pro untuk panggilan video yang lebih jelas. Laptop tipis dengan Windows 10 ini gunakan material bodi aluminum dengan ketebalan hanya 16,9mm serta bobot 1,7kg.

Walaupun tipis dan ringan untuk ukuran laptop 16 inci, HONOR MagicBook Pro gunakan prosesor Intel generasi ke-10. Ada dua varian yang bisa dipilih, core i5-10210U & i7-10510U, dengan RAM 16GB DDR4 serta SSD 512GB. Selain miliki chip grafis dedicated, ada GPU eksternal NVIDIA MX350 2GB DDR5 untuk kemampuan gaming serta olah grafis yang lebih kompleks.

Agar performa terjaga dan suhu tetap dingin, HONOR gunakan dua kipas pendingin pada bagian bawah MagicBook Pro. Di sisi sampingnya, terdapat combo jack audio 3,5mm, satu port USB-C, tiga port USB-A 3.0 serta port HDMI. Laptop ini memiliki baterai berkapasitas 56Wh, diklaim mampu digunakan hingga 14 jam (atau memutar video 11,5 jam).

Harga Honor MagicBook Pro 2020

Fingerprint sensor & webcam Honor MagicBook Pro 2020

HONOR MagicBook Pro edisi 2020 ini mulai tersedia di China sejak tanggal 19 Mei kemarin. Varian termurah dengan prosesor Intel core i% dibanderol seharga 6.000 CNY atau sekitar Rp12 jutaan, sementara untuk varian core i7 perlu menambah kocek Rp2 jutaan.

Hingga saat ini, HONOR MagicBook Pro belum dijual di negara lain, alias masih eksklusif di negara asalnya. Laptop ini akan menarik bila dapat dihadirkan di Indonesia. Khususnya untuk konsumen yang inginkan laptop dengan desain elegan nan minimalis layaknya MacBook, tetapi gunakan sistem operasi Windows. Plus harga yang relatif jauh lebih murah, meski spesifikasinya tetap prima.