Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

HP Chromebook 15 Inci Siap Meluncur dengan Layar Sentuh IPS

Chromebook memang selalu mengesankan dalam hal harga dan kualitas, demikian juga dengan HP Chromebook 15 yang baru saja diluncurkan. Ini adalah HP Chromebook pertama yang berukuran 15 inci, bahkan tepatnya adalah 15,6 inci. Chromebook ini hadir dengan keyboard berukuran penuh dan tombol khusus angka, serta layar sentuh IPS dengan backlit. Kerennya lagi, tersedia juga ruang penyimpanan flash berkapasitas 64 GB.

Harga yang dibandrol pada Chromebook ini mulai dari US$449 atau sekitar Rp6,3 juta. Ada beberapa konfigurasi yang tersedia. Salah satunya adalah memakai prosesor dual core Intel Pentium Gold 4417U yang didukung RAM DDR4 berkapasitas 4 GB. Konfigurasi lainnya memakai prosesor Intel Core i5 generasi ke-8 yang lebih cepat. Tersedia juga versi dengan ruang penyimpanan eMMC ganda dengan harga sedikit lebih mahal tentunya.

Kendati demikian HP belum mengungkapkan harga dari setiap konfigurasi yang ada. HP mengatkan bahwa perangkat Chromebook tersebut mulai dijual di toko online HP, tetapi pada daftar produk untuk HP Chromebook 15 masih tertulis “coming soon“.

HP Chromebook
HP Chromebook
Related Posts
1 daripada 47

Spesifikasi HP Chromebook 15

Port yang tersedia pada Chromebook ini mencakup dua port USB 3.1 Gen 1 Type-C, satu USB 3.1 Gen 1 Type-A dan slot untuk membaca kartu micro SD. Dengan demikian bisa dengan mudah menggunakan ruang penyimpanan tambahan, baik dengan harddisk eksternal ataupun microSD.
Dari segi kamera, perangkat ini dibekali webcam dengan sudut lebar yang menghadap ke depan. Sementara itu dari segi audio terdapat mikrofon ganda dan speaker yang disediakan oleh Bang & Olufsen. Tersedia dua pilihan warna, yaitu silver atau biru.

HP Chromebook 15
HP Chromebook 15

Spesifikasi perangkat ini sangat mengesankan, sehingga bisa menjadi alternatif dari notebook berukuran penuh standar. Pada umumnya notebook memiliki harga yang sedikit lebih mahal karena menyediakan sistem operasi standar. Nah, HP Chromebook 15 inci ini memiliki RAM sebesar 4 GB dan kartu grafis Intel HD Graphics 610. Sumber daya Chromebook ini mengandalkan baterai yang sanggup bertahan sampai 13 jam.

HP Chromebook 15 merupakan perangkat dengan sistem operasi Chrome kelas entry untuk kategori laptop berukuran besar. Sebelumnya Asus juga meluncurkan Chomebook 15 inci tahun lalu. Selain itu Acer dan Lenovo pun juga memproduksi notebook dengan model 15 inci.