Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Xiaomi Mi Notebook 14 Series Hadir dengan CPU Intel Core Generasi Ke-10

0 2.546

Produsen perangkat elektronik asal Beijing, Xiaomi belakangan ini dikenal banyak merilis produk selain smartphone. Ragam jenis perangkat Internet of Things (IoT) bahkan dihadirkan ke Indonesia, salah satunya perangkat rumah seperti Mi TV, Mi Air Purifier serta vacuum cleaner. Sementara di India, Xiaomi meresmikan seri laptop pertamanya, Mi Notebook 14 & Mi Notebook 14 Horizon Edition.

Xiaomi memang telah merilis laptop sejak 2016 lalu, diawali dengan Mi Notebook Air di China yang, sesuai namanya, miliki desain seperti MacBook Air lengkap dengan bodi metal berwarna silver. Setelah tingginya permintaan dari konsumen, Xiaomi akhirnya mewujudkan kenginan mereka dengan juga menghadirkan laptop untuk pertama kalinya di India. Kedua laptop yang dibawa punya spesifikasi menarik dengan harga terjangkau, khas produk rilisan Xiaomi sebelum-sebelumnya.

Baca juga: Jawara Terbaru Xiaomi, Redmi Note 9 & 9 Pro Tiba di Indonesia

Keunggulan Mi Notebook 14 Horizon Edition

Mi Notebook 14 Horizon Edition

Varian tertinggi dari dua laptop yang diperkenalkan Xiaomi di India adalah Mi Notebook 14 Horizon Edition. Ini adalah laptop 14 inci yang dirancang tipis dan ringan, hanya 1,35 kilogram saja. Bezel di sekeliling layarnya hanya memiliki lebar 3mm, membuat laptop ini miliki dimensi setara laptop berukuran 13,3 inci. Panel layarnya sendiri sudah beresolusi full HD, dan hadir dengan prosesor Intel Core generasi ke-10, dalam varian Core i5-10210U dan i7-10510U.

Untuk kemampuan olah grafis, disiapkan GPU NVIDIA GeForce MX350. Kapasitas RAM-nya 8GB DDR4, dengan SSD 512GB. Untuk kelengkapan port, Mi Notebook 14 Horizon Edition dilengkapi dua port USB 3.1 type-A, satu port USB 2.0 type-A, USB-C, combo audio jack serta HDMI. Keunggulan lain laptop ini adalah baterainya yang tahan hingga 10 jam pemakaian. Dengan charger 65 watt yang sudah termasuk dalam pembelian, isi 50% hanya perlu waktu 30 menit saja.

Xiaomi gunakan Windows 10 edisi Home Edition pada laptop barunya tersebut, dengan gratis masa percobaan Microsoft 365 selama 30 hari. Untuk membuka kunci layar secara instan, ada fitur Mi Blaze Unlock yang memungkinkan pengguna Mi Band akses isi komputer dalam waktu 1,2 detik saja. Untuk berkirim file dari smartphone ke laptop, tersedia aplikasi Mi Smart Share yang memanfaatkan Wi-Fi Direct.

Selain Horizon Edition, juga tersedia Xiaomi Mi Notebook 14 yang lebih sederhana. Bezel atas dan bawahnya relatif lebih tebal, dan uniknya Xiaomi tak menyediakan built-in webcam untuk kedua serti Mi Notebook 14 ini. Sebagai alternatif, Xiaomi akan memberikan webcam eksternal sebagai bonus penjualannya. Mi Notebook 14 gunakan CPU Intel Core i5-10210U. Tersedia opsi dengan GPU bawaan dan opsi NVIDIA GeForce MX250, dengan RAM 8GB dan SSD 256GB.

Harga Xiaomi Mi Notebook 14 Series

Mi Notebook 14 Series
Mi Notebook 14 series dengan external webcam.

Baik Xiaomi Mi Notebook 14 & Mi Notebook 14 Horizon Edition akan mulai dijual di India pada 17 Juni mendatang, secara daring dari situs resmi Xiaomi serta Amazon India, dan luring di toko ritel Mi Home dan Mi Studio. Varian dasar Mi Notebook 14 dengan GPU integrated dijual mulai INR41,990 (Rp7,8 jutaan), sedangkan Mi Notebook 14 Horizon Edition tersedia mulai INR54,999 (Rp10,2 jutaan).

Kurang lebih, spesifikasi yang ditawarkan kedua tipe cukup menarik, mulai dari prosesor, jenis RAM dan penyimpanan yang digunakan, serta daya tahan baterainya yang juga sudah mendukung fast charging. Hanya saja, Xiaomi perlu memangkas beberapa fitur lainnya seperti sensor sidik jari dan built-in webcam, walaupun pada akhirnya diberikan gratis aksesori eksternal. Menurut Gizmo friends, perlukah keduanya hadir resmi di Indonesia?


Beli produk Xiaomi secara online di:

SHOPEE Lazada Blibli Eraspace JD.ID