Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

PS5 Terlalu Mainstream? Ada Mesin Arcade Mini Retro Station dari Capcom

0 7.259

Gegap gempita kelahiran dua konsol generasi baru, Playstation 5 dan Xbox X/S, jadi pokok berita di dunia gamer belakangan ini. Hampir di semua forum, konten Youtube, maupun sosial media pembahasan selalu berkutat di dua konsol tersebut. Apa yang dimiliki keduanya dari sisi teknologi dan tren memang sangat menggiurkan. Padahal ada alternatif lain seperti Capcom Retro Station.

Ya, ternyata tidak semua fokus ke PS5 dan Xbox S/s. Di salah satu negara maju, sebuah developer game terkemuka memilih jalannya sendiri. Seperti hendak lepas sejenak dari keriuhan dua konsol paling digdaya saat ini. Capcom justru kedapatan memasarkan sebuah perangkat gaming dengan dimensi mini untuk para gamer dan penggemar game klasik mereka.

Capcom ternyata baru saja merilis mesin mini-arcade yang disebut Retro Station. Perangkat game dari Capcom ini didapati ada pada situs jual beli Amazon Jepang. Lengkap dengan sajian spesifikasi dan fitur yang terdapat dalam Retro Station. Sebuah kejutan yang tidak diduga, mengingat Capcom sendiri belum merilis siaran pers resmi terkait produknya tersebut.

Kehadiran Capcom Retro Station juga seakan menjaga nostalgia klasik yang coba dilestarikan perusahaan gaming di Jepang. Sebelum ini, di antaranya pernah muncul Nintendo Entertainmet System berukuran mini. Kemudian Sega Game Gear Micro yang dikemas sedemikian rupa hingga seukuran genggaman tangan. Mesin atau perangkat game semacam ini selain mendatangkan nostalgia, juga menjadi collector item bagi penggemarnya.

Baca juga: Sega Rilis Ulang Konsol Retro, Game Gear Micro dengan Layar 1 Inci

Deretan Game Capcom Retro Station

Capcom Retro Station
Meski tampil mini, namun mesin arcade ini tetap menarik hati. (sumber: Amazon.co.jp)

Seperti sudah disebutkan di atas, bahwa sampai tulisan ini dibuat, Capcom belum memberikan rilis resmi terkait Retro Station buatan mereka. Hanya saja spesifikasi dan deretan game yang termuat di dalamnya sudah bisa diketahui para gamer.

Capcom Retro Station hadir dalam dimensi 329 mm x 280 mm x 315 mm, dengan bobot hanya 2,1 kilogram. Dengan bentuk layaknya mesin arcade yang disusutkan menggunakan senter Doraemon, membuatnya layarnya menjadi tinggal berukuran 8 inci saja. Retro Station juga diberikan kontrol joystick, dan enam tombol seperti normalnya mesin arcade.

Bila melihat tampilan port pada bagian belakang Capcom Retro Station, akan terlihat colokan untuk power dari adaptor. Serta memungkinkan pemakaian headphone bagi gamer. Sementara di bagian kanan-kiri layar terdapat logo yang sepertinya berfungsi sebagai speaker. Sedangkan tombol power dan reset ada pada bagian depannya.

Capcom membawa serta game yang sudah ter-install ke dalam Retro Station. Paling tidak ada sepuluh judul game yang berasal dari dua seri utama, yakni Mega Man dan Street Fighter.

Dari Mega Man terdapat judul: Mega Man The Power Battle; Mega Man 2 The Power Fighters; Mega Man X; Mega Man Soccer; dan Mega Man & Bass (Japanese Console Version). Sedangkan untuk seri Street Fighter dapat ditemukan Street Fighter II; Street Fighter II’ Champion Edition; Super Street Fighter II; Super Street Fighter II Turbo; Super Puzzle Fighter II Turbo.

Capcom Retro Station dijual dengan harga 21.780 yen (sekitar US$ 210) atau sekitar IDR 3 juta jika masuk ke Indonesia. Dan sepertinya untuk produksi mesin Capcom Retro Station akan dipegang oleh Gantaku, yang juga turut memproduksi NeoGeo Mini.

Apakah kamu tertarik memiliki mesin arcade mini di rumah?

Tinggalkan komen