Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

MetaFly Terbang Alami dengan Sayap Sintetis yang Elastis

Jika kamu pernah menerbangkan drone, tentu paham sensasi memainkannya, ketika tuas ditarik pada pengendali, maka drone pun terbang. Nah, menerbangkan MetaFly jauh lebih menyenangkan, karena perangkat ini memiliki sayap dan terbang seperti hewan bersayap. Jadi bisa melakukan manuver layaknya hewan bersayap. MetaFly terbang dengan menggunakan mekanisme biomimetik, ini adalah metode sintetis yang meniru proses terbang alami.

MetaFly terbang indoor
MetaFly terbang indoor

Pengembangan dan penelitian penerbangan untuk menghasilkan MetaFly ini dilakukan lebih dari 50 tahun. Mulai dari tahun 1960an, ketika kakek dan ayah pembuatnya menciptakan burung terbang mekanis pertama, yaitu TIM. Sejak muda, pencipta MetaFly ini meneruskan tradisi dengan berlatih menjadi insinyur aeronautika. Dia mendedikasikan hidupnya untuk belajar, menciptakan dan mengajar apa pun yang berkaitan dengan teknik aeronautika biomimetik.

Pada tahun 2014, Bionic Bird berhasil dibuat dengan penggalangan dana, dan perangkat tersebut dikirim ke donatur tiga minggu kemudian. Keberhasilan tersebut pun diteruskan dengan proyek terkininya, MetaFly yang terbang dengan metode biomimetik.

MetaFly terbang outdoor
MetaFly terbang outdoor

Kelebihan MetaFly

MetaFly memiliki kemampuan meluncur yang mengagumkan berkat lebar sayapnya yang besar. Selain itu juga karena bobotnya yang begitu ringan di bagian sayapnya. Sayap-sayap tersebut dibuat dari serat karbon, polimer kristal cair dan opp.

Gerak berbelok yang cepat dan mulus dari MetaFly bisa dilakukan berkat ekornya yang bisa disesuaikan. Penerbangan yang lebih cepat dan lebih pelan, serta berbelok bisa dilakukan dengan menggeser sudut ekor.

Remote Control
Remote Control

Pengendali menggunakan remote control (RC) dua channel yang bisa mengontrol secara maksimum dengan jarak lebih jauh dan tanpa interferensi.

RC ini dapat mengendalikan sangat akurat, bahkan saat di dalam ruangan, sehingga bisa berbelok tajam di sekitar perabotan. Gerak tersebut tetap bisa dilakukan dalam kecepatan pelan atau cepat. Pengendali ini bekerja dengan mengandalkan empat baterai AA. Tersedia juga perlengkapan upgrade yang terdiri dari sayap, ekor, power bank dan kabel USB. Tambahan sayap dan ekor edisi terbatas ini memungkinkan untuk bereksperimen dengan desain yang lebih canggih.

Powerbank dengan kapasitas 1.500 mAh pada edisi terbatas memiliki bobot 64 gram, sehingga bisa mengisi daya MetaFly tanpa haus menghubungkan ke pengendali. Sebaiknya melakukan pengisian daya secara penuh sebelum mengisi ulang daya pada power bank. Gunakan kabel USB ini dengan konektor MetaFly khusus untuk mengisi MetaFly di mana saja.

MetaFly
MetaFly

Dimensi dan Spesifikasi

Lebar antar sayap perangkat ini adalah 29 cm, sementara bobot keseluruhan adalah 10 gram dan panjang 19 cm. Sementara itu RC memiliki lebar 10 cm dan panjang 15 cm. Frekuensi yang digunakan untuk mengendalikan perangkat adalah 2,4 GHz dengan jarak jangkauan sampai 100 meter.

Jika tertarik untuk mendanai proyek ini, maka bisa langsung berkunjung ke situs Kickstarter.