Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Galaxy Tab S6 Lite Segera Hadir di Indonesia?

0 3.428

Pada bulan Oktober 2019 lalu, Samsung memperkenalkan sebuah perangkat tablet flagship mereka, Galaxy Tab S6 dengan in-display fingerprint sensor serta fungsi S Pen yang ditingkatkan. Hampir setengah tahun kemudian, mereka menghadirkan varian yang lebih terjangkau Samsung Galaxy Tab S6 Lite.

Tablet ini memiliki tampilan yang serupa dengan sang kakak, Galaxy Tab S6. Memiliki embel-embel nama “Lite”, tentunya ada beberapa fitur yang dihilangkan guna menekan harga jual. Agar bisa lebih dijangkau oleh konsumen yang sekadar membutuhkan tablet 10 inci tanpa spesifikasi yang terlalu gahar.

Kendati spesifikasi  mengalamidowngrade, tetap saja ini adalah versi dari tablet flagship. Sehingga harganya tidak bakal murah banget sebagaimana kebanyakan tablet lokal yang dipasarkan di harga Rp1 jutaan. Karena Galaxy Tab S6 Lite tetap menawarkan berbagai fitur yang kaya untuk menunjang produktivitas.
Baca: 4 Alasan Samsung Galaxy M31 Bisa Bikin #stayproductive Meski Bekerja di Rumah

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S6 Lite

 

Galaxy Tab S6 Lite dengan S-Pen

Dari sisi desain, Samsung Galaxy Tab S6 Lite masih menggunakan material metal unibodi dengan garis antena untuk penerimaan sinyal yang optimal. Di bagian depan terdapat layar 10,4 inci yang sedikit lebih kecil dari varian non-Lite, punya resolusi full HD+ 2000×1200, dan masih menggunakan panel LCD alias belum OLED. Layar ini juga tak dilengkapi sensor sidik jari di baliknya.

Untuk segi dapur pacunya, Samsung menyebutkan prosesor octa-core dengan clockspeed hingga 2.3GHz. Tak disebutkan serinya secara spesifik, namun dugaan mengacu pada Exynos 9611 jika dilihat dari arsitektur yang digunakan. Galaxy Tab S6 Lite akan memiliki RAM 4GB serta opsi memori 64GB & 128GB. Dengan slot kartu microSD yang mendukung hingga kapasitas 1TB.

Tak ada yang spesial dari kamera yang dimiliki perangkat ini. Masing-masing sisi dilengkapi dengan kamera 8MP di belakang dan 5MP di depan, sudah cukup untuk video conference lewat Zoom atau Jitsi Meet saat diperlukan. Untuk segi produktivitas, perangkat tablet terbaru Samsung ini dilengkapi stylus S-Pen dalam paket penjualannya.

Baca juga: Mengenal Jitsi Meet, Alternatif Konferensi Video yang Gratis & Open Source

Untuk menambah kepuasan penggunaan multimedia, speaker pada Galaxy Tab S6 Lite didukung oleh AKG serta efek suara Dolby Atmos. Kapasitas baterainya juga cukup lapang di 7,040 mAh, yang bisa diisi secara cepat lewat port USB-C.

Menjalankan One UI 2.0 berbasis Android 10, Samsung menghadirkan fitur-fitur terbaru seperti dark mode serta keamanan Samsung Knox. Varian Wi-Fi dari tablet ini bisa digunakan untuk menerima telepon dan membalas SMS, ketika disambungkan dengan smartphone Samsung yang sudah menjalankan One UI dengan RAM minimum 3GB.

Dan sama seperti sebelumnya, Samsung Galaxy Tab S6 Lite tidak menyediakan slot khusus untuk menyimpan S-Pen. Samsung akan menjual aksesoris tambahan, Book Cover yang bisa melindungi permukaan layar tablet serta menyimpan stylus dengan aman.

Galaxy Tab S6 Lite Segera Hadir di Indonesia?

Galaxy Tab S6 Lite Book Cover

Hingga saat ini, Samsung belum mengumumkan harga resmi tablet terbaru mereka ini. Kemungkinan perangkat ini bakal tersedia di Indonesia tak lama lagi, pasalnya halaman produknya sempat naik di web resmi Samsung Indonesia, sebelum akhirnya dialihkan ke list produk tablet yang sudah ada saat ini. Rumor awal menyebutkan jika harganya akan berkisar di Rp6 jutaan. Sementara varian non-Lite sendiri sudah tersedia di Indonesia seharga Rp11,999 juta.


Beli produk Samsung di:

 ERASPACE  Blibli  Lazada Urban Icon Shopee

Artikel ini juga tersedia dalam versi Bahasa Inggris di Gizmologi.com