Gizmologi
The Bilingual Tech Media

Ini Dua Fitur yang Paling Ditunggu dari Google Pixel 3

Memasuki paruh kedua 2018 pada dasarnya ada dua jenis smartphone premium yang kita nantikan: iPhone terbaru dan generasi ketiga Pixel Google. Selama ini yang sudah wara-wiri di media adalah bocoran iPhone 2018, kini ada sedikit prediksi tentang fitur untuk seri terbaru, Google Pixel 3.

Sekadar informasi dulu nih, Google mempunyai kebiasaan mencopot fitur tanpa pemberitahuan terlebih dahulu atau sebaliknya. Sebagai contoh, Google menghilangkan fitur pengisian nirkabel pada perangkatnya yang dimulai dengan Nexus 6P plus headphone jack.

Maka nanti tidak heran jika Google tidak menghilangkan salah satu fiturnya pada Google Pixel 3. Fitur tersebut adalah Active Edge yang memulai debutnya pada Pixel 2. Meski tidak bisa dibilang sebagai fitur yang ‘mematikan’, Active Edge cukup mendulang banyak fans, terutama dikarenakan ia lebih bisa dikustomisasi dibandingkan Bixby atau tombol LG, tulis slashgear.com.

Google Pixel 3. Foto oleh engadget.com
Bocoran Google Pixel 3. Foto oleh engadget.com

Active Edge, menurut gsmarena.com, merupakan gerakan meremas pada Pixel 2 yang memungkinkan pengguna memanggil secara lebih cepat Google Assistant, alarm jeda hingga memberi senyap pada panggilan masuk. Agar bisa berfungsi, tentu saja diperlukan perangkat keras yang sensitif terhadap tekanan.

Lalu fitur kedua yang ditunggu dari Google Pixel 3, yakni dukungan pengisian daya tanpa kabel setelah muncul bocoran ponsel ini mempunyai bagian belakang yang dibalut oleh kaca penuh dan kode sumbernya. Berdasarkan perubahan pada kode sumber Android P, izin pengisian daya tanpa kabel sedang ditambahkan pada paket gawai yang menggunakan Google.  Ada kemungkinan pula Android P akan melengkapi Google Pixel 3, yang bakal membuat seri ini semakin layak disimak akan seperti apa kinerjanya nanti.

Baca juga: Google Duplex Baru Saja Dirilis, Ini 4 Hal yang Wajib Kamu Tahu

Terlepas dari dua fitur tersebut, Google Pixel 3, terutama Pixel 3 XL, diprediksi akan menawarkan “poni” yang lebih panjang dari yang biasanya. Hal ini kemungkinan untuk mendukung kamera ganda depan yang mengapit speaker depan yang menonjol. Anehnya, Google Pixel 3 akan mempertahankan kamera utamanya yang berjumlah satu saja meski industri smartphone sekarang lebih banyak menawarkan kamera ganda, bahkan sebentar lagi kamera yang berjumlah tiga.

Sepertinya Google Pixel 3 sedang merencanakan fitur yang tetap berusaha “beda” dari tren kebanyakan jika melihat bocoran dari bagian kameranya tadi. Jika benar, akan seperti apa ya strateginya agar tetap laris di kalangan konsumen, khususnya milenial?

 

%d blogger menyukai ini: