Gizmologi
Take a fresh look at your lifestyle.

Bakal Hadir di Indonesia, Inilah Spesifikasi Lengkap Huawei Mate Xs

Pada bulan yang sama tahun 2019 lalu, Huawei merilis perangkat foldable (lipat) pertama mereka, Huawei Mate X. Sayangnya, perangkat yang punya mekanisme lipat unik tersebut hanya diluncurkan untuk pasar China saja,  Satu tahun kemudian, Huawei Mate Xs dirilis dengan peningkatan durabilitas layar, konektivitas 5G, serta performa yang lebih baik.

Menurut Lo Khing Seng, Deputy Country Head of Huawei Indonesia Consumer Business Group, Huawei Mate X adalah percobaan pertama perusahaan ke dalam kategori perangkat yang dapat dilipat, meski tidak sampai beredar di Indonesia. Selanjutnya, mereka melakukan sejumlah perbaikan dan peningkatan pada generasi penerusnya ini.

“Huawei Mate Xs meningkatkan standar lebih jauh dengan konektivitas yang lebih kuat, serta pengalaman pengguna yang terintegrasi. Ini adalah smartphone 5G tercepat di kelasnya. Bersiaplah untuk kembali bertemu dengan sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya,” jelas Lo Khing Seng.

Seperti apa sih kemampuan yang ditawarkan? Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Fitur Baru Huawei Mate Xs

Huawei Mate Xs
(Ki-ka): Edy Supartono (Training Director of Huawei Indonesia) & Lo Khing Seng (Deputy Country Head of Huawei Indonesia Consumer Business Group) menampilkan Huawei Mate Xs.

Ketika sedang terlipat, Huawei Mate Xs memiliki dua sisi layar; 6,8 inci di bagian depan, dan 6,3 inci di sisi belakang. Dengan menekan tombol, bagian belakang akan sedikit terangkat, dan kamu dapat meluruskan panel layar Mate Xs hingga bentang penuh 8 inci, untuk pengalaman FullView yang sebenarnya. Material hinge pada ponsel ini terbuat dari cairan metal berbasis zirkonium yang dirancang lebih kuat, sehingga proses buka tutupnya tak terasa ringkih.

Untuk panel layarnya, Huawei menggunakan dua layer film polyamide yang disatukan, panel OLED fleksibel, layer polimer yang lebih empuk dan berfungsi sebagai bantalan, serta layer terakhir untuk mengintegrasikan ke bagian bodi utama ponsel. Meski begitu, semua layer ini menggunakan material plastik, tanpa material kaca seperti pada Samsung Galaxy Z Flip. Mana yang lebih kuat, kita nantikan saja pengujiannya ya.

Baca juga: Samsung Menghadirkan Galaxy Z Flip untuk Para Bold Generation

Chipset yang digunakan juga meningkat, dari Kirin 980 menjadi Kirin 990 dengan dukungan 5G. Sistem pendinginnya didesain ulang agar merata ke dua bagian bodi. Di sektor software, Huawei Mate Xs hadir dengan EMUI 10 berbasis Android 10. Versinya open source, alias tanpa layanan Google Play seperti pada Huawei Mate30 series. Huawei menggantinya dengan Huawei Mobile Services, yang diklaim tak jauh beda kelengkapannya. Di Indonesia sendiri, Huawei berhasil bekerja sama dengan beberapa pengembang lokal untuk menghadirkan aplikasi mereka, termasuk aplikasi perbankan dan e-commerce Indonesia. Memanfaatkan layarnya yang besar, kamu dapat menjalankan dua aplikasi bersamaan, atau satu lagi lewat mode floating window.

Harga Huawei Mate Xs

Kapasitas baterainya masih sama, 4500 mAh dengan setup empat kamera utama; 40MP f/1.8, 8MP f/2.4 telefoto, 16MP f/2.2 ultra-wide angle, dan kamera 3D depth sensing. Tidak ada kamera khusus untuk swafoto, kamu bisa menggunakan kamera utama dengan viewfinder layar belakang yang berada tepat di sebelah kanan kamera.

Tak seperti pendahulunya yang hanya rilis di China, Huawei Mate Xs bakal diluncurkan untuk pasar global. Dengan merogoh kocek sebesar 2499 euro (atau sekitar Rp37 juta), kamu bisa membeli ponsel lipat yang punya mekanisme berbeda ini, dengan RAM 8GB dan memori 512GB.

Belum diketahui pasti kapan Huawei Mate Xs bakal hadir di Indonesia. Lo Khing Seng mengatakan jika mereka akan mencoba untuk masuk di pertengahan atau kuartal ketiga tahun ini. Mereka sudah mempelajari permasalahan suplai dan strategi dari Mate X, sehingga apabila tidak ada gangguan faktor eksternal, Mate Xs siap dibawa ke Indonesia.

Beli smartphone Huawei di:

Shopee.co.id Blibli.com Lazada.co.id (Apps) Eraspace (Erafone)

Spesifikasi Huawei Mate Xs

Display: OLED
Unfolded: 8 inches; 2480 x 2200
Folded: Main screen: 6.6 inches (2480 x 114); Secondary screen: 6.38 inches (2480 x 892)
CPU: HUAWEI Kirin 990 5G Octa-core Processor
2 x Cortex-A76 Based 2.86 GHz + 2 x Cortex-A76 Based 2.36 GHz + 4 x Cortex-A55 1.95 GHz
GPU: 16-Core Mali-G76
NPU: Dual Big Core + Tiny Core NPUs (Neural-network Processing Unit)
OS: EMUI 10.0.1 (Based on Android 10)
Memory: 8 GB RAM + 512 GB ROM
External: External Memory Support NM SD Card, up to 256 GB
Rear Camera Leica Quad Camera: 40 MP (Wide Angle Lens, f/1.8 aperture) + 16 MP (Ultra Wide Angle Lens, f/2.2 aperture) + 8 MP (Telephoto, f/2.4 aperture, OIS), HUAWEI Time-of-Flight (TOF) Camera
Supports autofocus (phase focus, contrast focus), supports AIS (HUAWEI AI Image Stabilization).
Front Camera: The rear camera doubles as the front camera after the phone is folded.
Battery: 4500 mAh (Typical Value);
HUAWEI SuperCharge (Max 55 W)
Connectivity: WLAN 802.11a/b/g/n/ac (wave2), 2.4 GHz and 5 GHz; Bluetooth 5.0, USB Type-C,USB 3.1 GEN1, Type-C earjack