Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Teka-Teki LG Q6, Versi Mini dari G6 yang Kabarnya Bakal Diluncurkan Bulan Ini

Dengan hasil penjualan G6 yang cukup memuaskan, tentu saja akan membuat LG wajib menghasilkan versi mininya agar lebih dijangkau pasar yang lebih luas.

0 1.512

LG pernah membuat tradisi versi mini dari smartphone flagship yang diproduksinya. Setelah sempat absen menghasilkan versi mini di G4 dan G5, vendor Korea Selatan ini dikabarkan bakal menghadirkan LG Q6 sebagai adik kecil dari G6.

LG G6 memang terbilang fenomenal karena jadi lompatan terjauh bagi pendahulunya–terutama jika dilihat dari fitur tahan airnya. Dengan sambutan publik yang cukup positif, tidak heran jika LG ingin melanjutkan kesuksesan ini dengan menghadirkan versi mininya yang bertitel LG Q6.

LG memang secara resmi belum memberikan pernyataan apapun mengenai Q6, tapi berdasarkan bocoran yang dilansir PhoneArena, smartphone ini digadang-gadang bakal mengusung layar seluas 5,4 inci, lebih kecil dari G6 yang memiliki layar 5,7 inci. Selain itu, smartphone ini juga akan memiliki RAM sebesar 3 GB dan memiliki kamera 13 MP tanpa fitur dual-lens.

Jika hanya bergantung pada bocoran tersebut, tentu eksistensi Q6 sebagai versi mini dari G6 memang masih perlu dipertanyakan lagi. Namun, LG nyatanya telah menyebarkan undangan peluncuran Q6 di Polandia yang bakal digelar 11 Juli mendatang.

Sekedar membalik waktu, LG pernah menghasilkan versi mini dari flagship-nya tak lama setelah LG G2 laris manis di pasaran. Hal ini tampaknya ingin mengimbangi Samsung yang sejak Galaxy S3 meluncurkan versi mini untuk S4 dan S5.

Sayangnya, setelah versi mini G3 diluncurkan (bernama G3 Beat), sepertinya LG enggan melanjutkan proyek mininya. Alih-alih hadirkan versi mini untuk G4, vendor ini malah menggencarkan penjualan G4 Stylus yang merupakan versi downgrade dari smartphone tersebut namun punya fitur stylus. Adapun G4c yang dianggap merupakan versi mini tidak resmi dari G4 seperti kehilangan suara sama sekali, yang mana di Indonesia tidak terdengar sama sekali.

Begitupun setelah LG G5 diluncurkan, LG tampaknya tidak ingin menghadirkan versi mininya setelah tahu bahwa smartphone ini gagal di pasaran. Desain modular yang sebenarnya sangat inovatif tampaknya tidak mampu memenangkan G5 dari persaingan di ranah flagship. Dibandingkan memproduksi versi mini, vendor ini malah lebih memilih hadirkan versi downgrade-nya dengan nama G5 SE, satu-satunya tipe G5 yang dijual secara resmi di Indonesia.

Sementara untuk penjualan G6, pihak LG sepertinya bisa sedikit bernapas lega. Pasalnya, smartphone ini terbilang mendapatkan sambutan pasar yang cukup positif, di mana mampu menjual sebanyak 30.000 unit hanya dalam waktu dua hari saja di Korea Selatan. Angka penjualan ini pernah diklaim Kim Dong-won, seorang analis KB Securities, dua kali dan empat kali lebih tinggi dibandingkan penjualan Galaxy S7 Edge dan Galaxy A5.

LG Q6
Undangan Peluncuran LG Q6 di Polandia (foto: PhoneArena)

 

Dengan hasil penjualan G6 yang cukup memuaskan, tentu saja akan membuat LG wajib menghasilkan versi mininya agar lebih dijangkau pasar yang lebih luas. Sebelumnya vendor ini juga dikabarkan akan menghadirkan LG G6+ yag merupakan versi ‘plus’ (bukan dari ukuran) dari G6. Hanya saja, tidak dapat dipastikan apakah Q6 benar-benar versi mini dari G6 atau smartphone tipe tertentu yang hanya dijual di Polandia. Kita tunggu saja kabar selanjutnya, Gizmolovers!

 

Tinggalkan komen