Gizmologi
The Bilingual Tech Media

Hadir di Indonesia, Ini 8 Hal Nokia 8 yang Wajib Kamu Ketahui

Bukti keseriusan Nokia untuk kembali bertarung di pasar smartphone kian mengemuka. Setelah tahun lalu mulai test pasar dengan sejumlah smartphone entry level dan middle-end, kini HMD Global yang menjadi pemegang lisensi ponsel legendaris ini resmi memasarkan Nokia 8 di Indonesia.

Nokia 8 merupakan smartphone flagship atau yang menduduki kasta tertinggi di jajaran ponsel Nokia setelah lepas dari cengkeraman Microsoft. Nokia 8 dibekali kemampuan mumpuni untuk menarik minat konsumen yang ingin kembali nostalgia memakai Nokia. Selain itu, juga dijejali fitur baru untuk menyasar pengguna dari kalangan milenial, termasuk content creator.

Mark Trundle, Country Manager HMD Global untuk Indonesia dan ANZ, saat jumpa pers di Decanter, Plaza Kuningan, Jakarta (13/2/2018) mengatakan Nokia 8 adalah smartphone unggulan yang menyeimbangkan antara desain premium, pengalaman luar biasa dan kinerja hebat.

Nah, daripada penasaran, inilah 8 hal penting yang wajib kamu ketahui mengenai keberadaan Nokia 8 di Indonesia.

1. Kamera 13 MP Lensa Zeiss

Bagi yang pernah menggunakan ponsel Nokia di era Symbian, pasti tahu bahwa kualitas kameranya adalah yang terbaik saat itu karena dipersenjati dengan lensa Zeiss. Nah, HMD Global kembali bekerjasama dengan Zeiss untuk memperkuat sektor fotografi di Nokia 8 ini dengan ZEISS optics.

Nokia 8 hadir dengan dual camera 13 MP di bagian belakang dengan fitur dual image-fusion. Lensa pertama berfungsi sebagai sensor warna, sedangkan yang kedua untuk monokrom. Sedangkan kamera depan dengan sudut lebar 13 MP diperkuat juga dengan pendeteksi oto-fokus. Sayangnya, fitur fotografi dan video pada antarmuka kamera tergolong terbatas. Kamu bisa mengunduh beragam aplikasi kamera untuk melakukan eksplorasi di sini.

2. Fitur Dual Sight

Nokia 8 memperkenalkan fitur video Dual-Sight yang diklaim pertama di dunia. Fitur yang dipopulerkan Nokia dengan hashtag #Bothie ini memungkinkan pengguna untuk melakukan live streaming secara native dan real-time ke feed sosial seperti Facebook dan YouTube.

Dual-Sight secara bersamaan memanfaatkan kamera depan dan belakang untuk menghadirkan dua tampilan dalam satu layar, baik untuk foto maupun video. Dengan hanya satu sentuhan, kemampuan livestream dual-sight  ini memberi pengalaman yang lebih mendalam bagi  yang suka berkreasi. Untuk mengaktifkan fitur ini, terdapat menu Dual Sight di dalam kamera.

3. Teknologi Audio Nokia Ozo

Pada sektor audio, Nokia 8 diperkuat dengan teknologi OZO Audio untuk meningkatkan kualitas perekaman. Nokia 8 menggabungkan tiga mikrofon dengan algoritma akustik eksklusif dari Nokia untuk menangkap audio dengan suara surround spasial 360° yang mendalam. Rekaman video 4K yang ditunjang dengan OZO Audio memungkinkan pemutaran kualitas tinggi bahkan pada perangkat tanpa OZO Audio. Teknologi seperti ni ini disebut digunakan para pembuat film dan produser musik Hollywood.

4. Desain mutakhir

Dengan sisi setipis 4.6mm dan rata-rata ketebalan 7.3mm, Nokia 8 yang hadir dengan warna Polished Blue dan Steel  dirancang secara presisi dari satu blok aluminium seri 6000 yang dikenal kokoh. Desain juga telah disempurnakan melalui 40 tahap proses pemesinan, anodisa dan polesan. Model tertentu bahkandilengkapi dengan finishing kaca kualitas tinggi  yang telah ditempa selama lebih dari 20 jam. Untuk memastikan desainnya yang khas dapat menyatu secara sempurna dengan bodi tunggal aluminium yang menawan.

Yang tak kalah menarik, di sektor desain ini adalah terdapatnya pipa pendingin tembaga berpelindung grafit panjang. Pipa ini  mampu menghilangkan panas yang dihasilkan oleh sistem berkinerja tinggi, melintasi panjang dan lebar dari keseluruhan badan ponsel. Sehingga 8 tetap lebih dingin bahkan setelah digunakan untuk berbagai kegiatan sekalipun. Di bagian luar, ponsel ini dirancang splashproof IP54 yang artinya tahan terhadap cipratan air, namun tidak cocok untuk dibawa berenang.

5. Sistem Operasi Murni Android

Nokia 8 hadir dengan Android Oreo 8.0.0 serta rangkaian lengkap Google Services, tanpa penambahan yang tidak perlu. HMD Global juga memastikan pengguna tetap mendapat pembaruan berkala, setidaknya sebulan sekali, agar tetap memiliki fitur dan keamanan tertinggi.

6. Chipset Snapdragon 835

Untuk memaksimalkan performa, Nokia 8 hadir dengan Qualcomm Snapdragon 835 yang mutakhir, diciptakan untuk memberikan daya tahan baterai yang kuat. Ini adalah prosesor flagship Qualcomm yang kinerja sudah tidak diragukan lagi. Untuk menunjang kinerja, ponsel ini memakai RAM 4GB dengan memori internal 64GB. Nokia 8 juga diamankan dengan otentikasi sidik jari biometrik untuk meningkatkan keamanan.

7. Layar

Smartphone ini memakai layar IPS LCD berukuran 5.3”. Memang belum menggunakan aspek rasio kekinian 18:9 yang cinematik, tetapi tetap nyaman ditonton karena  memiliki resolusi QHD 2560 x 1440  dengan 700nits screen brightness. Layar bertipe 2,5D ini juga dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 5 untuk melindungi agar tidak gampang tergores.

8. Harga Nokia 8 di Indonesia

Untuk memasarkan Nokia 8 di Indonesia, HMD bekerjasama dengan PT. Teletama Artha Mandiri dan PT. Sentra Prima Distribusi untuk jalur distribusi. Sedangkan untuk penjualan secara online, bekerjasama dengan Lazada dengan penawaran eksklusif secara online mulai 15-28 Februari 2018 dengan harga Rp 6.499.000. Dan khusus tanggal 15 Februari 2018, 200 pelanggan pertama bisa mendapatkan Nokia 8 dengan harga Rp 5.999.000.

This post is also available in: enEnglish (English)

%d blogger menyukai ini: