Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Nokia 9 PureView, Eksplorasi Setiap Detil dengan Lima Kamera

HMD membuat terobosan baru dengan meluncurkan Nokia 9 PureView yang dilengkapi lima kamera. Kelima kamera tersebut disusun dalam bentuk segi lima di bagian belakang smartphone tanpa ada tonjolan.

Smartphone ini ditujukan bagi penggemar fotografi, karena diklaim dapat menghasilkan foto dengan dynamic range dan depth of field yang mengesankan. Caranya adalah setiap kamera akan memotret foto yang sama berbarengan, kemudian menggabungkannya menjadi satu foto dengan resolusi 12 MP.

 

Nokia 9 Pureview
Nokia 9 Pureview

Keandalan Lima Kamera Nokia 9 PureView

Dua dari lima lensa merupakan kamera warna 12 MP, sementara tiga sisanya merupakan sensor monokrom 12 MP. Lima kamera tersebut akan mengumpulkan cahaya 10 kali lebih banyak dibandingkan sensor warna kamera smartphone tunggal. Hasilnya adalah foto dengan rentang dinamis yang luar biasa, menangkap detil dan tekstur baik dari sorotan cahaya dan bayangan. Ditambah lagi kedalaman bidang yang menakjubkan, serta warna yang tampak begitu nyata.

Related Posts
1 daripada 396

Smartphone ini juga memotret foto dalam format RAW tanpa kompresi yang dikenal sebagai DNG. HMD telah bekerjasama dengan Adobe Lightroom yang memungkinkan fotografer untuk menyunting foto langsung dari smartphone. Tersedia juga kamera depan dengan resolusi 20 MP untuk swafoto.

Kamera menggunakan Zeiss Optics layaknya smartphone Nokia yang lama, seperti Nokia Lumia 1020 yang berbasis Windows keluaran tahun 2013. HMD dan Zeiss juga menandatangani kemitraan eksklusif untuk berkolaborasi pada smartphone di tahun 2017.

Fitur Nokia 9 PureView Lainnya

Selain menghadirkan susunan lima kamera, Nokia 9 PureView juga menghadirkan layar 5,9 inci dan pengisian daya nirkabel. Prosesor yang digunakan adalah Qualcomm Snapdragon 845 yang menjalankan sistem operasi Android 9 Pie dengan antarmuka Android One. Seperti halnya smartphone Samsung Galaxy S10, sensor sidik jari pada smartphone ini dibenamkan pada layar untuk membuka penguncian.

Casing smartphone ini menggunakan aluminium yang mulus dengan Gorilla Glass 5 pada bagian depan dan belakang. Layar smartphone berukuran 5,99 inci yang menggunakan teknologi QHD pOLED dengan desain edge-to-edge. Teknologi PureDisplay akan memberikan pengalaman warna yang akurat dan meningkatkan kemampuan dibaca di bawah sinar matahari. Dukungan HDR 10 akan menyajikan konten dalam detil, kontras dan warna yang lebih baik.

Pengalaman lebih mendalam pun diperoleh ketika merekam video HDR 4K dengan kemampuan audio ruang Nokia. Jika ingin mendengarkan musik melalui earphone atau speaker Bluetooh, tersedia fitur Qualcomm aptX untuk kualitas pemutaran audio yang tinggi.

Balutan warna midnight blue membalut smartphone yang dibandrol dengan harga US$700 atau sekitar Rp9,9 juta ini.