Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Ini Dia yang Bikin OPPO F3 FC Barcelona Ludes Terjual Dalam Tempo 12 Jam!

Maaf ya buat yang nggak kebagian...

1 1.690

Seperti sudah bisa diprediksi sebelumnya, OPPO F3 FC Barcelona Limited Edition yang dijual pada 8 Agustus 2017 kemarin langsung ludes dalam tempo 12 jam di tiga e-commerce yang bekerja sama. Kenapa sih smartphone ini segitu menariknya diburu hingga cepat ludes?

Yuk ah kita cari tahu.

Dijual Sangat Terbatas

OPPO F3 FC Barcelona
Salah satu e-commerce yang menjual OPPO F3 FC Barcelona. Ludes!

 

Sesuai namanya, OPPO F3 FC Barcelona Limited Edition dijual sangat terbatas, cuma 300 unit saja. Ini memang bukan pertama kalinya OPPO menghadirkan smartphone edisi khusus yang dijual terbatas dengan embel-embel FC Barcelona alias Barca.

Tahun lalu, OPPO juga sempat meluncurkan F1 Plus FC Barcelona yang juga habis di pasaran. Nah, karena unitnya begitu terbatas dan ekslusif, bisa ditebak bahwa smartphone ini punya nilai jual tinggi. Bahkan di sebuah situs market place, ada yang menjualnya seharga Rp 25 juta. Wow!

Barca Klub Idola Sejuta Umat

OPPO F3 FC Barcelona
Ketika menggunakan OPPO F1 Plus FC Barcelona. Nanti diganti ya baru ya hapenya….

 

Bagi pencinta sepakbola, sepertinya Barca jadi klub yang terbilang mainstream. Tentu ini dikarenakan, klub tersebut punya segudang prestasi bergengsi ditambah pemain-pemainnya yang keren dan jadi selebriti internasional.

Nggak heran di Indonesia saat ini punya beberapa komnitas penggemar Barca, seperti Indobarca yang di akun fanpage-nya aja sudah punya sebanyak 140 ribu fans. Selain itu ada juga Fans Club Barcelona Indonesia (FCBI) yang diklaim sebagai komunitas cules pertama di Indonesia. Belum lagi fans-fans “liar” yang keberadaaannya tidak terdeteksi di jagad maya.

Jadi, kebayang nggak sih kita mesti adu cepat beli smartphone tersebut dengan mereka yang punya tingkat militan tinggi terhadap Barca?

Desain Keren dan Mewah

OPPO F3 FC Barcelona
Di bagian bodi belakang, logo Barca berlapiskan emas 18 karat lho, Gizmolovers!

 

OPPO tampaknya tetap menghadirkan DNA F3 pada smartphone edisi khusus ini. Dari sisi dimensi dan bentuk memang tidak ada perbedaan, tapi dari sektor desain perbedaan mencolok terletak pada penggunaan warna merah yang mendominasi bodi, di mana saat ini F3 di pasaran hanya berwarna gold, rose gold, dan black.

Selain itu, untuk melengkapi identitas ke-Barca-annya, OPPO F3 FC Barcelona memiliki logo klub tersebut di bagian belakang. Lebih kerennya lagi, logo tersebut terbuat dari emas 18 karat. Dengan begitu kemewahannya memang nggak terbantahkan lagi!

Harga Biasa Aja

OPPO F3 FC Barcelona
Begitu harga jualnya diumumkan, kami pun pada melongo…

Kenapa dibilang harganya biasa aja? Karena, beda banget dari OPPO F1 Plus FC Barcelona yang harganya lebih mahal daripada versi originalnya, F3 FC Barcelona justru dibanderol dengan harga yang nggak beda dari harga F3 original ketika pertama kali diluncurkan di Indonesia.

Jadi sudah kebayang dong, bisa segitu girangnya pasti para fans Barca yang tahu kalau banderol harganya ternyata “cuma” segini? Apalagi buat mereka yang mentalnya spekulan, pasti bakalan menang banyak kalau smartphone ini jual lagi ke pasaran dengan harga berkali-kali lipat lebih tinggi dari harga aslinya.

Gimmick Ekslusif

OPPO F3 FC Barcelona
Di casing tersebut ada tanda tangan 5 pemain top Barca!

 

Bukan OPPO namanya kalau nggak menghadirkan smartphone edisi terbatas tanpa gimmick yang ekslusif. Kali ini, nggak cuma packacing-nya aja yang beda dari F3 original, tapi dari sisi wallpaper juga ekslusif khas Barca.

Lebih gokilnya lagi, OPPO juga kasih casing warna hitam di mana pada bagian belakangnya ada tanda tangan Lionel Messi, Neymar, Luis Suarez, Andres Iniesta, dan Gerard Pique. Keren banget kan? Eh iya, setiap pembelian juga dapat satu buah tas ekslusif Barca yang harganya Rp 1,2 juta. Gimana nggak mau cepat habis coba kalau gimmick-nya aja menggiurkan kayak gini?

Indonesia yang Pertama

OPPO F3 FC Barcelona
Terima kasih ya, Mbak Alinna dan Mas Aryo…Indonesia jadi negara yang pertama dong!

 

Ini nih yang bikin bangga. Dibandingkan China dan negara-negara Asia Tenggara lainnya, ternyata Indonesia jadi negara yang lebih dulu menjual smartphone OPPO edisi FC Barcelona untuk tahun ini. Seperti Alinna Wenxin, Brand Manager OPPO Indonesia bilang pada saat press conference yang berlangsung Senin (7/8/2017) lalu, pihaknya merasa nggak sabar pengen cepat-cepat menghadirkan smartphone edisi khusus ini di Indonesia.

“Selama ini banyak yang nanya, kapan OPPO warna merah bakal dijual di Indonesia. Makanya kami langsung minta ke HQ (headquarter/kantor pusat OPPO di China), supaya Indonesia jadi negara pertama yang menghadirkan smartphone ini,” ungkapnya.

Di kesempatan yang sama, Aryo Meidianto, Media Engagement OPPO Indonesia juga mengatakan pihaknya sudah nggak sabaran mau menyenangkan fans Barca di Indonesia.

“Kami mau yang pertama kali di Indonesia karena fans Barca di sini sangat banyak. Kami nggak mau nunggu lama lagi, kami mau cepat-cepat tunjukkan produk ini,” tandasnya.

So, jadi paham kan, kenapa OPPO F3 FC Barcelona cepat ludes? Buat yang belum kebagian, jangan sedih ya. Siapa tahu nanti OPPO bakalan kasih kejutan terbaru dengan smartphone edisi khusus lainnya.

SPESIFIKASI OPPO F3 FC BARCELONA

General

Device Type Smartphone
Model / Series OPPO F3 FC Barcelona Limited Edition
Released 07 Agustus, 2017
Status Available
Price TBA

Platform

Chipset Mediatek MT6750T
CPU Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53
GPU Mali-T860MP2
RAM (Memory) 4 GB
Storage 64 GB (support microSD up to 256 GB)
Operating System Android 6.0 Marshmallow
User Interface ColorOS 3.0

Design

Dimensions 153.3 x 75.2 x 7.3 mm
Weight 153 g
Design Features Color: Gold, Rose Gold
Alumunium body
Battery Non-removable Li-Po 4,000 mAh

Network

Network Frequency GSM: 900/1800MHz
WCDMA: 900/2100MHz
FDD-LTE: Bands 1/3/8
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Data Speed HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat6 300/50 Mbps

Display

Screen Type JDI Incell, 16M colors
Size and Resolution 5.5", Full HD 1920 x 1080 px, 401 ppi
Touch Screen Capacitive touchscreen
Features Corning Gorilla Glass 5,
2,5D

Camera

Rear 13 MP, F/2.2, phase detection autofocus, LED flash
Front Dual 16 MP + 8 MP, F/2.0, 1/3" sensor size
Flash Flash (rear)
Video [email protected], [email protected]
Camera Features 1/3" sensor size, 1.12 µm pixel size, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama

Connectivity

Wi-fi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth v4.1, A2DP, LE
USB microUSB v2.0, USB Host
GPS Yes, with A-GPS
HDMI No
NFC
Infrared No

Smartphone Features

Multimedia Features Video: MP4/H.264
Audio: MP3/WAV/eAAC+/FLAC
FM Radio Stereo FM radio
Web Browser HTML5 (Android Browser)
Messaging SMS (threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Sensors Fingerprint (front-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
Other - Ligtning-Fast Touch Acces fingerprint scan
- Charger
- SIM ejector tool
- Documentation
- Case
- Protective film (applied)