Rumor: Nokia X Segera Sapa Konsumen Kalangan Menengah

HMD Global terus berproduksi. Tak puas telah memperkenalkan Nokia 6 dan Nokia 8 Sirocco dalam gelaran Mobile World Congress/MWC tahun ini, HMD dikabarkan mempersiapkan Nokia X.

Rumor kemunculan Nokia X merebak di media gadget, seperti phonearena.com, setelah muncul iklan kehadiran handset ini di Tiongkok. Dalam iklan tersebut ditulis Nokia A akan secara resmi dirilis bulan ini, tepatnya pada 27 April. Sayang tak banyak yang bisa diperoleh informasi tentang spesifikasi ponsel ini. Di situ hanya disebut huruf X besar saja.

Nokia X kemungkinan dijual dalam dua varian yakni 4 GB dan 6 GB RAM. Pilihan ‘otak’, HMD Global memilih antara Snapdragon milik Qualcomm atau prosesor dari MediaTek.

Walau belum dikonfirmasikan, Nokia X bisa jadi menyasar calon pembeli dari kalangan menengah.

Masih belum diketahui pula apakah Nokia teranyar ini dibuat untuk dipasarkan ke seluruh dunia atau hanya pasar Asia. Yang pasti, menariknya dari varian smartphone ini adalah sebenarnya Nokia X pernah diluncurkan pada 2014 setelah Microsoft mengakuisisi divisi ponsel Nokia. Saat itu, Nokia X merupakan smartphone model kalangan bawah berbasis Android yang sayangnya gagal menarik calon pembeli.

nokia x 2014
Nokia X yang dirilis pada 2014. Foto oleh techone3.in

Nokia X yang pertama menggunakan Snapdragon S4 kreasi Qualcomm dengan baterai 1500 mAh. Dibekali RAM 0,5 GB plus memori 4 GB dan micro SD, smartphone ini sudah menggunakan jenis layar IPS LCD dengan rasio layar ke badan mencapai 62,56%. Ukurannya yakni 4,55 x 2,48 x 0,41 inci atau 115,5 x 63 x 10,4 mm dengan berat 129 gram. Ia dipersenjatai oleh Android, Nokia X UI.

Kamera yang hanya 3 MP membuat kualitas gambar belum mempunyai resolusi yang tinggi. Pengguna juga tak akan bisa menikmati gambar dengan autofocus atau flash bagus lewat ponsel ini.

Baca juga: Meluncur di MWC 2018, Inilah Jajaran Smartphone Terbaru Nokia

Sejak beroperasi akhir Desember 2016 lalu, HMD sudah mengeluarkan beberapa produk ponsel pintar dan Nokia asli yang sempat hits pada awal kemunculan ponsel genggam pertengahan tahun 2000.

Beberapa produk smartphone yang sudah dirilis meliputi Nokia 1, Nokia 2, Nokia 3, Nokia 6 (2018), Nokia 7,  Nokia 7 Plus, Nokia 8 dan Nokia 8 Plus. Sedangkan Nokia nostalgia yang diproduksi dengan tampilan yang lebih segar dan canggih adalah Nokia 3310 (2017) yang mempermak kembali merek yang sudah terkenal pada zamannya, Nokia 3310. Lalu ada pula Nokia nostalgia lainnya yakni 8110 4G (dual SIM varian), yang menyegarkan lagi seri Nokia 8110 yang diproduksi pada 1996.

Kini, mari kita lihat bagaimana nasib si Nokia X yang baru ini. Huruf “X” sendiri berarti ex bukan, ten atau 10, seperti pada iPhone X bikinan Apple. Semoga saja Nokia terbaru ini tidak bernasib sama dengan pendahulunya.

 

 

Tinggalkan komen