Gizmologi
The Bilingual Tech Media

Samsung Resmikan Galaxy A6 & A6+ dengan Seabreg Fitur untuk Kebutuhan Milenial

Setelah sukses meluncurkan Galaxy S9/S9+ kuartal pertama tahun ini, Samsung kembali unjuk gigi melalui rilis terbarunya Samsung Galaxy A6 & A6+. Dari label penamannya sudah jelas, smartphone ini menyasar kelas menengah tetapi sudah mempunyai spesifikasi premium.

Dibanderol dengan harga Rp3,7 jutaan dan Rp4,8 jutaan, Samsung Galaxy A6 & A6+ sudah bisa dibawa pulang oleh konsumen. Dirancang lebih ke kaum milenial, ponsel pintar ini mengedepankan desain dan fitur yang menyesuaikan diri dengan kids zaman now yang selalu ingin eksis kemana pun mereka berada.

Jae Hoo Kwon, Presiden Samsung Electronics Indonesia, memperkenalkan Samsung Galaxy A6 & A6+ ini langsung ke hadapan awak media di Uluwatu, Bali, pada Senin malam (7/5/2018).

Dalam sambutannya, Jae mengatakan pihaknya menghadirkan Samsung Galaxy A6 & A6+ bagi kalangan milenial yang ingin meningkatkan penampilan dan pengalaman mereka.

“Hari ini, Samsung Galaxy A6 & A6+ menjadi perangkat setia yang memahami gaya hidup generasi milenial yang aktif melakukan hal baru, menciptakan pengalaman tanpa batas baik untuk mobile experience mau pun pengalaman seru sesuai karakter mereka,” ujarnya.

“Fitur-fitur Galaxy A6 & A6+ membantu mereka menciptakan pengalaman baru melalui pengalaman baru dengan membuat beragam konten visual yang menarik,” kata Jae.

Lalu, seperti apa fitur Samsung Galaxy A6 & A6+ yang dirancang sesuai keinginan anak zaman sekarang?

Kamera Canggih Dukung Hasil Konten Menarik

Kemana pun melangkah, kids zaman now ingin mengabadikan momen, termasuk meski cahaya minim. Sesuai tren pun banyak dari mereka yang ingin bereksperimen dengan efek bokeh atau blur.

Galaxy A6+ ini menawarkan dual camera dengan resolusi 16 MP (f1.7) dan 5 MP (f1.9) yang turut dilengkapi fitur Live Focus guna menciptakan foto berefek bokeh dalam satu langkah. Bahkan foto hasil jepretan bisa disesuaikan saat mengambil atau sesudahnya.

Lalu ada resolusi kamera depan hingga 24 MP pada Samsung Galaxy A6 & A6+ lalu 16 MP pada Galaxy A6 bisa menghasilkan foto potret diri yang lebih bagus dan lebih jelas. Dengan front flash LED yang dapat diatur pencahayaannya dan screen flash, pengguna dapat berswa foto dengan hasil tampak jelas dan terang bahkan cahaya minim.

Samsung Galaxy A6+

Desain Berbahan Metal, Infinity Display & Super AMOLED

Jika digenggam, Samsung Galaxy A6 & A6+ terlihat mewah dan modis sebab terbuat dari bahan metal. Adopsi Infinity Display juga diterapkan pada dua merk ini. Teknologi Super AMOLED pada layar kedua jenis ini membuat siapa pun tak perlu khawatir kehabisan daya cepat, salah satunya karena terlalu lama menonton video. Pengalaman menonton juga akan lebih gahar berkat cinematic viewing yang lebih lebar.

Bixby Vision untuk Traveling

Kaum milenial yang doyan banget travelling kini bisa memperoleh kawan virtual baru, yakni beragam fitur Bixby Vision, dalam Samsung Galaxy A6 & A6+. Fitur ini memberikan pilihan “Text”, “Image”, “Place” dan “QR Code”. Jadi sebagai contoh, jika sedang bepergian ke tempat baru, Bixby Vision “Place” dan “Image” membantu pengguna dalam memberikan referensi dari obyek foto yang kita ambil.

Lalu saat travelling, Bixby “Text” dapat menolong pelancong menerjemahkan hingga 56 bahasa tanpa perlu lagi repot mengetik ulang serangkaian kata yang ingin diterjemahkan. Cukup mengambil foto tulisan tersebut dan memilih menu Text kemudian Bixby akan menerjemahkan kalimat tersebut. Jadi, tak ada lagi cerita nyasar ketika bepergian.

Samsung Galaxy A6

Fitur Keamanan Face Recognition 

Samsung menyertakan Face Recognition seperti yang telah diperkenalkan oleh produk lainnya. Teknologi Face ID ini dapat melindungi data pribadi konsumen secara aman dan dapat difungsikan secara mudah dan praktis. Caranya, tinggal angkat Samsung Galaxy A6 & A6+ seperti saat melakukan selfie dan seketika itu juga dua-duanya sudah bisa dipakai.

Perbedaan Samsung Galaxy A6 dan Galaxy A6+

Duo Samsung Galaxy A6Bagi Gizmolovers yang sudah kepincut ingin memiliki salah satu atau bahkan keduanya, mohon bersabar. Sebab dua andalan baru Samsung ini baru dijual mulai 3 Juni 2018. Samsung Galay A6 dibanderol dengan harga Rp3.799.000. Sedangkan Samsung Galaxy A6+ dipasarkan Rp4.899.000.

Untuk ponsel di kelas menengah dengan seri angka yang sama, perbedaan harganya terlihat cukup signifikan. Nah, apa saja perbedaannya? Secara umum, spesifikasi keduanya mirip. Ternyata perbedaan antara keduanya cukup banyak baik itu bagian luar maupun jeroannya.

Samsung Galaxy A6+ dibekali dengan kamera belakang ganda (Dual Camera) resolusi 16MP dan 5MP. Sedangkan untuk Samsung Galaxy A6, kamera belakangnya masih tunggal dengan resolusi 16MP. Selanjutnya untuk kamera depan, Galaxy A6+ resolusinya 24MP, sementara A6 mengusung kamera depan 16MP.

Pada bagian penampang alias layar, Samsung Galaxy A6 luasnya 5,6 dengan resolusi HD+, sedangkan Galaxy A6+ lebih besar lagi yaitu 6 Inchi dengan resolusi Full HD+. Kualitas layarnya berbeda secara signifikan.

Perbedaan selanjutnya adalah pada bagian performa. Samsung Galaxy A6 dipersenjatai prosesor Octa Core 1,6GHz  dengan RAM 3GB. Sementara itu Galaxy A6+ memiliki prosesor yang lebih kencang yakni Octa Core 1,8Ghz dengan RAM yang juga lebih luas, 4GB.  Tak berhenti sampai di situ, urusan baterai pun masih berbeda. Galaxy A6 dibekali baterai 3.000 mAh dan Galaxy A6+ 3.500 mAh.

Jika melihat perbedaan yang cukup besar antara kedua produk ini, seharusnya lebih pas jika serinya dibuat berbeda. Karena jika mengacu pada produk lain, perbedaan antara versi original dan Plus biasanya hanya kecil, lebih pada layar dan kamera. Namun, tentu Samsung punya pertimbangan lain.  Terutama karena untuk angka di atasnya sudah memiliki produknya sendiri.

Jika menilik spesifikasi dan posisi, Samsung Galaxy A6 alih-alih akan bersaing dengan produk kompetitor, justru akan “perang” dengan saudaranya sendiri yakni Samsung Galaxy J7 Duo yang masa peluncurannya pun hanya berbeda 1 minggu. Kedua produk ini harganya beririsan, sehingga mungkin akan membingungkan konsumen.
Baca: Samsung Galaxy J7 Duo: Dibekali Dual Camera, Harga 3,6 Jutaan

Nah, bagaimana reaksi warganet dengan peluncuran produk ini? Kami melakukan polling di Twitter di mana reaksinya terlihat bervarias. Antara yang suka banget dan tidak suka sama-sama banyak, walaupun lebih banyak yang menyukai produk ini. Bagaimana dengan kamu, Gizmolovers?

%d blogger menyukai ini: