Gizmologi
Take a fresh look at your lifestyle.

SHARP Aquos V, Smartphone Baru Rasa Lawas

Sekitar dua bulan lalu, PT Sharp Electronics Indonesia telah mencapai usianya yang ke-50. Cukup berhasil di pasar produk elektronik rumah tangga, Sharp masih berjuang memperluas lini produk smartphone yang timbul tenggelam. Baru-baru ini, mereka membawa Sharp Aquos V, ponsel yang sebenarnya sudah diperkenalkan di Taiwan bulan November lalu.

“Kami menangkap tren ponsel pintar sangat digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Masyarakat yang semakin melek teknologi berlomba-lomba dalam mendapatkan pengalaman baru yang dikeluarkan oleh setiap ponsel,” ujar Shinji Teraoka, President Director PT Sharp Electronics Indonesia dalam siaran pers.

“Sama seperti produk elektronik rumah tangga lainnya, kualitas Jepang juga menjadi andalan kami terhadap ponsel ini. Dengan spesifikasi yang cukup menjanjikan, kami berharap SHARP Aquos V akan menambah warna baru untuk pasar ponsel pintar,” imbuh Shinji.

SHARP Aquos V diklaim cocok dipakai untuk berbagai aktivitas hiburan anak muda, seperti menonton dan bermain game. SHARP mengedepankan konsep empat ‘V’; vivid, vital, visual communications dan valuable. Ponsel ini diposisikan untuk kelas menengah produktif berumur 25 – 30 tahun, yang identik dengan kemampuan menyeimbangkan kesenangan ditengah keseharian yang padat.

Spesifikasi SHARP Aquos V

Sharp Aquos V

Ada yang unik – jika tidak mau menyebut usang – saat kita melihat spesifikasi SHARP Aquos V, terutama di sektor dapur pacu nya. Karena meski produk yang baru dirilis, tapi spesifikasi yang dipakai seperti pada ponsel keluaran 1-2 tahun silam.

Chipset yang digunakan adalah Qualcomm Snapdragon seri 800. Memang flagship, tetapi bukan Snapdragon 855 maupun 845, melainkan Snapdragon 835 yang merupakan chipset lawas rilisan 2017.

Chipset tersebut dipadukan dengan RAM 4GB serta kapasitas memori internal 64GB, yang dapat diekspansi menggunakan kartu microSD hingga 256GB lewat slot hybrid. Konfigurasi memori ini juga jamak ditemui pada flagship keluaran satu atau dua tahun silam.

Untuk urusan foto dan video, SHARP membenamkan dua kamera utama di sisi belakang, masing-masing beresolusi 13MP dengan aperture f/2.0. Sensor utamanya dilengkapi stabilisasi optikal atau OIS. Sedangkan sensor kedua merupakan sensor mono untuk menangkap detil foto agar hasil lebih baik. Kamera 8MP f/2.0 ber-EIS disematkan di sisi depan untuk keperluan swafoto maupun vlogging. Padahal saat ini kebanyakan sudah punya tiga atau empat kamera belakang dengan resolusi tinggi dan sensor besar.

Layar milik SHARP Aquos V berdimensi 5,93 inci dengan resolusi Full HD+ dan panel IPS. Baterainya punya kapasitas 3,090 mAh dan dapat diisi daya melalui port USB-C. Dan agar selaras dengan kampanye Smart Life yang sedang digaungkan oleh Sharp Indonesia, ponsel ini dapat berfungsi layaknya remote untuk mengoperasikan produk AIoT seperti AC dan Air Purifier melalui aplikasi ‘Sharp Air App’.

Harga SHARP Aquos V

Hadir dalam satu varian warna Starry Black, SHARP Aquos V masih belum dilengkapi dengan NFC. Ada dua opsi keamanan yang bisa kamu gunakan, yaitu face unlock atau fingerprint sensor di sisi belakang ponsel. Menjalankan Android 9 Pie, belum ada informasi apakah kelak akan mendapat pembaruan ke Android 10.

Kalau kamu tertarik membeli ponsel ini agar tampil beda, Sharp Indonesia menjualnya dengan harga resmi Rp4,499 juta, dan bisa didapat melalui Sharp Tomodachi Store (STS) serta Sharp Mirai Store (SMS) yang tersebar di seluruh Indonesia.