Smartphone Android Lawas Gak Bisa Lagi Akses YouTube hingga Google

Jakarta, Gizmologi – Bagi Anda yang memiliki ponsel dengan Android 2.3.7 (Gingerbread) atau versi di bawahnya, harus menerima kenyataan. Pasalnya, smartphone dengan sistem operasi tersebut tak bisa lagi mengakses aplikasi Gmail, Google Kalender, Google Maps, dan YouTube.

Melansir dari laman Support, Google menyebut kebijakan baru ini bertujuan untuk melindungi keamanan akun penggunanya. Android lama disebut sangat rentan dan membahayakan akun pengguna.

“Jika masuk perangkat setelah 27 September, Anda mungkin mendapatkan kesalahan nama pengguna atau password saat mencoba menggunakan produk dan layanan Google seperti Gmail, Youtube dan Maps,” tulis Google.

Sebagai informasi, OS Android 2.3.7 sudah berusia hampir 10 tahun. Adapun sistem operasi bernama “Gingerbread” itu pertama kali diluncurkan pada Desember 2010 silam.

Baca Juga: Android 12 Siap Dirilis Bulan Oktober

Android 12

Android 12

Memutus akses produk dan layanannya pada OS lama bukanlah kebijakan yang pertama kali. Karena sebelumnya, raksasa teknologi itu juga mengumumkan Android 4.3 Jelly Bean atau lebih lama tidak bisa mengakses Google Play.

Pasalnya, Google akan segera menggulirkan pembaruan bagi sistem operasi mobile terbarunya, Android 12. Penerus dari OS Android 11 ini akan dirilis bulan depan, tepatnya pada 4 oktober mendatang.

Melansir XDA Developers, Google telah merilis versi beta publik untuk sejumlah developer dan vendor pihak ketiga. Seperti biasanya, smartphone Google Pixel akan mendapat pembaruan terlebih dulu sebelum akhirnya, OS Android 12 versi stabil digulirkan untuk publik.

“Android 12 membawa perubahan besar selama sejarah Android. Google melakukan diskusi untuk pengalaman dari warna ke bentuk, cahaya serta gerakan,” kata Sameer Samat, VP Product Management Android & Google Play.

Ada sejumlah pembaruan yang akan dihadirkan pada OS Android 12. Perubahan paling mencolok di Android 12, terdapat pada desain antarmuka (UI) secara keseluruhan dengan animasi yang lebih lancar, serta tema warna yang beradaptasi sesuai wallpaper pengguna.

 

Tinggalkan komen