Gizmologi
The Bilingual Tech Media

Teranyar dari Sony Mobile dengan Desain Kekinian: Sony Xperia XZ2

Mobile World Congress 2018 memang telah berakhir namun rasanya kurang lengkap bila Gizmologi tak mengulas produk yang cukup digandrungi pencinta gadget di tanah air. Yap, Sony Mobile unjuk gigi dengan merilis Sony Xperia XZ2.

Sony Xperia XZ2 mempunyai desain mendobrak dari khas produk Sony sebelumnya yang identik dengan bentuk segi panjang berlapiskan logam dan plastik penuh.

Kali ini, Sony Xperia XZ2 ikut tren dengan mengintegrasikan sensor sidik jari di bagian belakang, rasio display berukuran 18:9 dan Gorilla Glass 5 di kedua sisinya. Walhasil, smartphone ini terlihat nyeni dengan paduan kaca dan logam.

Sony Xperia XZ2 sudah mengantongi sertifikat IP65 dan IP68, yang artinya aman bila terkena air dan terendam. Dilihat dari permukaan, kalian nggak akan menemukan bezel tertipis melalui produk ini tetapi dilihat dari belakang, berkumpulnya semua komponen membuat ponsel ini beda dari yang lain. Sony menyebut desain ini sebagai “Ambient Flow”, yang berarti estetika yang berfokus pada lengkungan, pancaran sinar yang ringan serta simetris.

Display

Yuk kita “kuliti’ sisi display Sony Xperia XZ2 ini. Ponsel ini mempunyai ukuran frame 5,7 inci FHD+HDR LCD display. Meski berasio 18:9 seperti tren saat ini, smartphone ini punya trik biar ia terlihat agak beda dimana dengan mengaplikasikan teknologi yang selama ini dipakai untuk jajaran produk televisi Sony Bravia, smartphone ini bisa menampilkan konten Standard Dynamic Range atau SDR sekaligus bisa mendekati level HDR.

Prosesor dan Performa

Desain yang oke rasanya percuma jika tak didukung ‘otak’ smartphone yang canggih. Sony Xperia XZ2 mengoperasikan Qualcomm Snapdragon 845 dalam sistem chip-nya dan RAM mencapai 4GB. Snapdragon 845 sendiri 30% lebih efisien dibandingkan dengan Snapdragon 835.

Baca juga: Inilah Smartphone Lokal Pertama dengan Teknologi Dual Camera dari Sony: Axioo Venge 2

Kamera

Dengan kekuatan 19 MP dan teknologi ‘Motion Eye’, smartphone ini layak jadi andalan jika ingin berjepret ria. Sony Xperia XZ2 juga jadi smartphone pertama yang mendukung perekaman video 4K HDR yang oleh Sony dan Qualcomm disebut bisa menangkap dan memproyeksi sekitar 64 kali lebih banyak warna dari SDR.

Sony Xperia XZ2

Konektivitas

Sony Xperia XZ2 dilengkapi dengan USB-C 3,1 port dan bisa diisi daya secara nirkabel berkat teknologi Qi serta ada pula Bluetooth 5,0.

Baterai

Seperti halnya dalam produk keluaran Sony sebelumnya yang tangguh urusan baterai, Sony Xperia XZ2 pun akan demikian. Dilengkapi dengan baterai berkekuatan 3,180 mAh maka smartphone ini mempunyai daya yang lebih besar dari yang dimiliki oleh XZ1.

Sampai sekarang pihak Sony belum merilis harga resmi andalannya ini. Namun diperkirakan smartphone ini akan dibanderol sekitar 799 euro atau hampir Rp14 juta. Hmm.. cukup mahal juga ya harganya. Selain itu, belum ada kabar pula mengenai ketersediaan di pasar Indonesia. Mengingat sudah dua tahun terakhir ini Sony Mobile adem ayem saja. Bagaimana menurut kalian?

%d blogger menyukai ini: