Xiaomi 11 Lite 5G NE Hadir Bawa Chipset Baru Snapdragon 778G

Jakarta, Gizmologi – Selain meresmikan sebuah smartphone baru di Indonesia, vendor elektronik raksasa asal China, Xiaomi juga menggelar acara peluncuran daring yang ditargetkan untuk pasar global. Selain memperkenalkan smartphone dengan pengisian daya 120W, juga ditampilkan Xiaomi 11 Lite 5G NE sebagai opsi kompak nan terjangkau.

Ya, nama yang memang cukup panjang sekaligus familiar. Bila Gizmo friends belum tahu, beberapa vendor smartphone kini telah mengalami “chipset shortage” atau kurangnya pasokan hardware yang menjadi otak sebuah smartphone tersebut, dari pabrikan seperti Qualcomm. Secara spesifik, produk ini hadir menggantikan Xiaomi Mi 11 Lite 5G yang rilis beberapa waktu lalu.

Baca juga: Tablet Xiaomi Pad 5 Masuk Indonesia, Gunakan Snapdragon 860 Harga Rp4,999 Juta

Sehingga secara total, setidaknya Xiaomi hadirkan perangkat dengan ‘cetakan’ yang sama, dalam tiga varian berbeda; Mi 11 Lite 4G yang hadir resmi di Tanah Air, Mi 11 Lite, dan kini Xiaomi 11 Lite 5G NE. Versi terbaru ini hadir tanpa “Mi”, ya, mengikuti aturan penamaan baru seperti Xiaomi Pad 5.

Lantas bila secara desain sama, apa yang membuat versi baru (alias “New Edition” pada embel-embel NE di akhir namanya) berbeda dari opsi sebelumnya? Secara garis besar hanya dua pembeda, yaitu chipset yang digunakan serta opsi warnanya.

Layar Xiaomi 11 Lite 5G NE Mendukung Dolby Vision

Xiaomi 11 Lite 5G NE

Tampil sebagai smartphone Xiaomi paling stylish, Xiaomi 11 Lite 5G NE masih tetap unggulkan desain yang sangat tipis di 6,81mm dan sangat ringan—hanya 158 gram saja! Kaca belakangnya gunakan finishing doff alias frosted, dengan modul kamera yang sedikit menonjol di 1,77mm saja.

Selain tiga opsi warna familiar lainnya, kini Xiaomi 11 Lite 5G NE hadir pula dalam warna Snowflake White, tampilkan titik-titik salju pada bodi belakangnya. Bagian depan didominasi oleh layar 6,55 inci dengan bezel tipis, gunakan panel AMOLED 90Hz 10-bit, mendukung standar Dolby Vision dan konten HDR10+.

Xiaomi 11 Lite 5G NE

Spesifikasi layar Xiaomi 11 Lite 5G NE memang setara flagship, sementara setup kameranya tergolong sederhana. Hanya punya tiga sensor tanpa telefoto, sensor utamanya beresolusi 64MP, ditemani sensor 8MP ultra wide-angle dan 5MP telemacro.

Tentu Xiaomi melengkapi kamera Xiaomi 11 Lite 5G NE dengan banyak fitur menarik berbasis AI, termasuk Vlog mode yang otomatis berikan efek menarik dalam rangkaian video pendek yang sudah ditangkap. Lalu apa perbedaan kedua pada smartphone ini?

Bawa Sensor Lengkap Sampai Speaker Ganda

Xiaomi 11 Lite 5G NE

Tak gunakan cip Snapdragon 780G, Xiaomi 11 Lite 5G NE dipersenjatai chipset Qualcomm Snapdragon 778G yang sama seperti pada realme GT Master Edition, dengan fabrikasi 6nm. Diberikan opsi kapasitas RAM sampai 8GB serta penyimpanan internal 256GB berjenis UFS 2.2.

Meski dimensinya tergolong sangat tipis, kapasitas baterainya tergolong besar, mencapai 4,250 mAh, diklaim sanggup memutar video sampai 104 jam. Pengisian dayanya sendiri tergolong cepat, hingga 33W. Xiaomi juga masih bisa integrasikan pendingin khusus, speaker stereo sampai sensor inframerah.

Dengan chipset yang sedikit turun dari generasi sebelumnya, Xiaomi 11 Lite 5G NE dibanderol dengan harga mulai dari EUR369 untuk opsi 6/128, dan EUR399 untuk opsi 8/128GB. Seperti biasa, harga dengan kurs Euro memang lebih mahal dibandingkan regional Asia.

Saat sesi peluncuran Mi 11 Lite di Indonesia beberapa waktu lalu, Xiaomi Indonesia sempat bilang bahwa permintaan akan smartphone 5G di kelasnya masih kurang tinggi. Mengingat larisnya Galaxy A52s 5G serta suksesnya realme GT Master Edition dengan cip sama, bukan tak mungkin bila versi baru ini bakal hadir resmi.

Tinggalkan komen