Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Accelerometer

« Back to Glossary Index

Accelerometer adalah sensor yang digunakan oleh sistem untuk mendeteksi orientasi suatu perangkat berdasarkan gerakan ke segala arah atau dengan menggoyangkan yang memungkinkan fitur untuk bertindak. Secara teknis, accelerometer digunakan untuk mengukur kecepatan suatu obyek dan berfungsi mengukur percepatan dinamis dan statis.

Accelerometer atau akselerasi ini mengukur percepatan bahwa perangkat mengalami perubahan yang relatif sesuai dengan tiga sumbu XYZ atau kanan, kiri, atas, bawah, dan datar. Kegunaan sensor ini dalam sebuah smartphone tergolong penting, di mana sistem atau suatu aplikasi menggunakan data ini untuk mengetahui apakah layar gadget dalam orientasi berdiri (portrait) atau memanjang (landscape).

 

Fungsi Accelerometer antar lain :
1.  Shake control pada ponsel,dengan fungsi ini maka dengan hanya menggoyangkan ponsel maka bisa mengubah fitur, misalnya mengubah lagu yang sedang di putar ke lagu selanjutnya atau lagu sebelumnya.
2.  Untuk  kontrol antarmuka pengguna seperti mengganti tampilan layar dari vertikal (portrait) menjadi horizontal (landscape).
3.  Kamera video juga memanfaatkan accelerometer untuk menstabilkan tangkapan gambar (image stabilization), atau anti-blur saat menangkap gambar.
4.    Penggunaan lain adalah sebagai pedometer atau penghitung langkah. Dipakai di banyak gadget sebagai monitor banyaknya langkah saat berolah raga. Apple dan Nike bekerjasama mengeluarkan produk sepatu yang bisa berkomunikasi dengan pemutar lagu Ipod, mengirimkan banyak langkah, jumlah kalori terbakar, waktu bergerak.

Synonyms:
akselerometer
« Back to Glossary Index

Get real time updates directly on you device, subscribe now.