Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Google Doodle

« Back to Glossary Index

Google Doodle adalah logo-logo tematik yang ditampilkan di halaman situs Google yang telah dimodifikasi sedemikian rupa. Logo Google yang tematik ini ditampilkan pada saat ada peringatan atau event tertentu pada setiap negara.

Pihak Google sendiri mendeskripsikan Doodle adalah perubahan logo Google yang asyik, mengejutkan, dan kadang spontan, untuk merayakan liburan dan peristiwa penting, serta memperingati kehidupan para seniman, pelopor, dan ilmuwan terkenal.

Ide pembuatan Doodle sendiri sudah sangat lama, bahkan sebelum perusahaan Google didirikan. Tepatnya pada tahun 1998, konsep orat-oret ini lahir saat Larry dan Sergey yang merupakan pendiri Google bermain-main dengan logo untuk menandakan kehadiran mereka di festival Burning Man di gurun pasir Nevada. Meskipun orat-oret pertama relatif sederhana, ide menghias logo perusahaan untuk merayakan acara penting telah dimulai sejak saat itu.

Seiring berjalannya waktu, permintaan untuk orat-oret telah meningkat di AS dan dunia internasional. Saat ini, membuat orat-oret menjadi tanggung jawab tim ilustrator berbakat (yang disebut sebagai doodlers) dan insinyur. Tim ini telah membuat lebih dari 2000 doodle untuk beranda Google di seluruh dunia.

Secara rutin, sekelompok karyawan Google berkumpul untuk bertukar pikiran dan memutuskan acara apa yang akan dirayakan menjadi Doodle dengan ditampilkan di beranda. Ide ini datang dari sejumlah sumber, termasuk Karyawan Google dan pengguna Google. Nah, Anda juga bisa mengirimkan ide untuk Google Doodle melalui email ke [email protected]

This post is also available in: enEnglish (English)

Synonyms:
Doodle,
« Back to Glossary Index