Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Proximity

« Back to Glossary Index

Sensor Proximity atau Proximity Switch adalah alat pendeteksi yang bekerja berdasarkan jarak obyek terhadap sensor. Karakteristik dari sensor ini adalah mendeteksi obyek benda dengan jarak yang cukup dekat, berkisar antara 1 mm sampai beberapa centi meter saja sesuai type sensor yang digunakan. Proximity Switch ini mempunyai tegangan kerja antara 10-30 Vdc dan ada juga yang menggunakan tegangan 100-200VAC.

Pada prakteknya, proximity sensor pada smartphone dimanfaatkan saat percakapan atau panggilan berdasarkan jarak kedekatan perangkat dan pengguna. Jika perangkat didekatkan ke telinga, secara otomatis mematikan layar atau mengunci layar untuk mencegah perintah dari sentuhan yang tidak diinginkan.

Di ponsel, sensor ini terdiri dari LED infra merah dan detektor cahaya. Sensor ini ditempatkan di dekat lubang suara dari handphone, dan untuk fungsi yang bagus ketika mendekatkan ponsel ke telinga selama panggilan, maka layar akan redup sehingga dapat menghemat baterai dan untuk menghindari panas berlebihan. Sensor ini bekerja dengan bersinar seberkas, terlihat sebagai cahaya inframerah yang dipantulkan dari objek terdekat dan diterima oleh detektor cahaya.

 

 

 

 

 

« Back to Glossary Index

Get real time updates directly on you device, subscribe now.