Nintendo Switch Capai Penjualan 143 Juta Unit, Masuk 3 Besar Konsol Paling Sukses!

By Ronggo
2 Min Read

Jakarta, Gizmologi – Konsol Nintendo Switch yang telah memasuki usia 8 tahun sepertinya masih cukup digemari gamer. Hal itu terbukti dari total penjualan sampai 30 Juni 2024 yang telah mencapai 143,42 juta unit di seluruh dunia. Fakta tersebut terungkap dalam laporan finansial untuk tahun fiskal 2024-2025 di triwulan pertama.

Salah satu faktor meningkatnya penjualan Nintendo Switch tidak lain adalah hadirnya game andalan Zelda: Tears of the Kingdom. Game yang hadir pada Mei tahun 2023 itu terbukti meningkatkan penjualan konsol dengan sangat signifikan.

Belum lagi rilisnya film The Super Mario Movie yang mendapat sambutan cukup baik di pasaran. Sedikit banyak mendorong orang untuk kembali melirik Nintendo sebagai rumah bagi franchise tersebut.

Sementara kehadiran game seperti Princess Peach: Showtime! pada Maret 2022 dan Paper Mario: The Thousand-Year Door di bulan Mei 2023, berhasil membawa konsistensi penjualan konsol hingga tahun ini. Keberadaan IP game menarik dari Nintendo memang menjadi sebab penjualan mereka terhitung baik.

Baca juga: Nintendo Rilis Kontrol Retro NES dan Famicom Wireless, Bisa Gunakan Charging Stand Joy-Con!

Nintendo Switch Siap Balap Playstation 2?

Game Zelda menjadi booster Nintendo untuk meningkatkan penjualan konsolnya.

Catatan penjualan Nintendo Switch mendorong mereka semakin mantap berada di posisi 3 dalam daftar konsol paling laris sepanjang masa. Angka 143 juta hanya kalah dari ‘kakak’ Nintendo DS di posisi 2 dengan 154,2 juta unit. Dengan Playstation 2 ada di posisi pertama dengan angka penjualan mencapai 155 juta unit.

Nintendo ‘hanya’ membutuhkan 12 juta unit lagi yang terjual untuk menyamai, bahkan bisa melebihi angka penjualan dari Playstation 2 milik Sony. Di sisa-sisa waktu hidupnya, sebelum rilis Switch 2 yang diprakirakan pada tahun 2025 mendatang, bisa jadi Nintendo Switch akan melampaui dua pendahulunya untuk mengambil alih posisi 1 sebagai konsol terlaris.

Menariknya meski lifespan konsol ini relatif sudah mendekati akhir, Nintendo seperti tidak tertarik untuk melakukan promosi terkait harga atau bundle tertentu untuk mendorong penjualan lebih optimal. Yang terjadi adalah Nintendo justru merilis aksesoris baru seperti kontrol dan dock baru bernuansa klasik.


Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Share This Article

Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Exit mobile version