Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Agate Kenalkan Karakter Mistis Khas Indonesia Lewat Game “Code Atma”

0 107

Pengembang gim asal Indonesia, Agate kembali merilis sebuah gim baru pada pertengahan tahun ini. Mereka melakukan kerja sama dengan Telkom, Melon dan Oolean untuk rilis sebuah gim yang perkenalkan budaya dan cerita rakyat Indonesia. Mereka telah mengadakan soft launch untuk gim bergenre idle RPG ini, yang berjudul Code Atma.

Dinamakan gim idle, pemain Code Atma dapat terus melanjutkan permainan meski sudah keluar dari aplikasi. Lewat gim ini, Agate akan memanjakan para Seeker—sebutan untuk nama pemainnya dengan pengalaman naratif yang memukau. Di dalamnya, digunakan karakter mistis khas Indonesia yang dipadukan dengan teknologi kontemporer. Seeker akan ditantang untuk masuk dan menjelajahi semesta gelap dengan beragam misteri di dalamnya.

Diambil dari nama gimnya, “Atma” dalam Code Atma adalah sebutan dari makhluk-makhluk mistis yang ada di dalam gim. Karakter makhluknya sendiri disesuaikan dengan warisan budaya Indonesia yang sudah sangat familiar. Dari total 40 karakter, beberapa diantaranya seperti Kuntilanak, Jelangkung dan Genderuwo. Untuk menaklukkan Atma, Seeker akan dipersenjatai dengan aplikasi misterius yang bisa digunakan untuk bertempur.

Baca juga: Gandeng RRQ, Agate Luncurkan Game Simulasi Manajemen Esports

Code Atma Sudah Tersedia di Google Play Store

Agate telah mengembangkan gim ini sejak April 2019, dan mayoritas bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia. Saat ini, Code Atma telah dapat dimainkan di smartphone Android, tersedia di Google Play Store secara gratis (dengan in-app purchase). Ukuran unduhnya sendiri tidak terlalu besar, hanya berkisar 100MB saja. Gunakan gameplay single player, nantinya akan dihadirkan mode PVP di masa mendatang.

Gim idle RPG ini dibuat dengan hasil kolaborasi bersama Telkom, Melon dan Oolean, atas inisiatif untuk memperkenalkan budaya serta cerita rakyat Indonesia dalam sebuah gim yang menarik. Menurut Joddy Hernady, EVP Digital and Next Business PT Telekomunikasi Indonesia, Indonesia harus bisa menjadi tuan rumah untuk gim di Indonesia.

Dari sebuah rilis yang tim Gizmo terima, Joddy menambahkan, “Inisiatif Oolean ini ingin menunjukkan bahwa developer gim Indonesia kini mampu bersaing dengan developer gim negara lain. Sehingga bisa menyemangati gim developer lokal lainnya untuk membangun gim yang bisa diminati gamer Indonesia, bahkan ke depannya juga untuk pasar global.”

Code Atma Diharap Dapat Perkenalkan Kisah Indonesia

Code Atma

Sementara pada konferensi pers digital yang diadakan secara daring, Kamis (25/6) lalu, CEO Agate, Arief Widhiyasa menyatakan jika dukungan dari Telkom, Melon dan Oolean membuat gim Code Atma dapat dikembangkan serta dinikmati oleh para pemain. “Kami berharap, gim ini dapat mengenalkan budaya dan kisah Indonesia melalui makhluk mistis yang dimiliki oleh Indonesia.”

Dalam kesempatan yang sama, CEO PT Melon Indonesia Dedi Suherman menyampaikan bahwa inisiatif dari Oolean dibangun untuk fasilitasi pengembang gim lokal, agar dapat bertumbuh dengan baik di pasar lokal maupun global. Oolean juga mengundang para pengembang gim lokal untuk berkolaborasi bersama. Sebelumnya, oolean telah mengembangkan ekosistem pengembangan gim lokal melalui program inkubator, institusi pendidikan dan komunitas.