Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Di Balik Popularitas Game Hiperkasual, Pendapatan Tahunan Sampai USD2,5 miliar

0 625

Semua orang yang memperhatikan ekosistem pemasaran seluler kemungkinan besar turut menyaksikan pertumbuhan game hiper kasul. Game hiperkasual mudah dimainkan, memiliki interface pengguna yang simpel, dan mudah diunduh secara gratis . Pasar game di Asia Tenggara memiliki banyak peluang pertumbuhan dengan peningkatan infrastruktur internet, bertambahnya mobile gamer, dan persaingan yang terbuka.

Menurut  laporan Research and Markets, jumlah mobile online gamer di Asia Tenggara akan mencapai 205 juta pada akhir tahun 2021. Enam negara utama untuk game seluler terletak di kawasan ini seiring dengan meningkatnya popularitas industri game di Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Singapura, dan Filipina.
Baca juga: Hore! Sony Kembali Berikan Game PlayStation Gratis

Para pembuat aplikasi melaporkan bahwa jumlah unduhan aplikasi game meningkat secara signifikan di seluruh dunia dan data dari  Laporan Game Hiper Kasual Adjust yang terbaru menunjukkan bahwa pada Q4 2019 – Q1 2020, jumlah instalasi per mille (IPM) lintas kawasan telah meningkat secara signifikan. Dengan arahan untuk berdiam di rumah dan waktu luang, instalasi aplikasi telah meningkat menjadi lebih dari dua kali lipat sejak Desember 2019 hingga Maret 2020, di mana jumlah sesi aplikasi hiperkasual meningkat sebesar 72%.

Game hiperkasual telah berhasil mempertahankan popularitas dan kini memiliki pendapatan tahunan yang berkisar antara $2 – $2,5 miliar. Angka ini secara jelas menunjukkan bahwa permintaan akan game hiperkasual tergolong tinggi dan kategori ini sangat sukses.

Memahami Game Hiperkasual

game hiperkasual
Ilustrasi: hypercasualgames.or

Timeline pengembangan produk yang singkat dalam kategori game hiperkasual mendukung keputusan berbasis data untuk pemasaran digital. Para pembuat aplikasi dapat membuat game dalam waktu yang lebih singkat karena biaya pembuatan game semakin terjangkau.

Selain itu, para pembuat aplikasi dapat secara langsung mengakses game yang memiliki kinerja baik dan secara cerdas mengalokasikan anggaran untuk memaksimalkan jumlah pengguna yang memakai aplikasi dengan biaya per instalasi paling rendah. Setelah pengguna memakai aplikasi tersebut, pembuat aplikasi akan menayangkan sebanyak mungkin iklan agar klien dapat memaksimalkan imbal hasil investasi (ROI).

Memaksimalkan Investasi

Game hiperkasual telah menjadikan pemasaran aplikasi dan otomatisasi sebagai faktor pendorong di balik pertumbuhan pesat genre ini. Untuk game hiperkasual, dilema pemasar tentang hal-hal yang berjalan dengan baik dan tidak bekerja dengan baik dapat terjawab secara langsung. Pemasar dapat meningkatkan ROI dari game hiperkasual melalui pembelian dalam aplikasi dan monetisasi iklan.

Walaupun pembuat aplikasi dapat dengan mudah melacak pendapatan dari pembelian dalam aplikasi (yang terhubung langsung dengan profil pengguna), pelacakan pendapatan dari iklan dalam aplikasi mungkin akan menantang. Iklan dalam aplikasi membutuhkan berbagai model pengukuran seperti biaya per view, biaya per klik, biaya per seribu tayangan iklan, biaya per action, dan biaya per instalasi. Selain itu, kampanye berbayar dalam aplikasi juga membutuhkan berbagai jenis tool dan platform. Tool yang digunakan dalam kampanye web mungkin tidak dapat digunakan untuk iklan dalam aplikasi seluler.

Memastikan bahwa Langkah yang Diambil Sudah Benar

game hiperkasual ilustrasi
Ilustrasi game hiperkasual (Foto: Sensortower.com)

Salah satu aspek utama yang dapat membantu pemasar melacak ROI dari kampanye iklan dalam game hiperkasual adalah menampilkan semua model monetisasi yang relevan di satu dashboard. Ini akan memudahkan pemasar dalam memantau kinerja kampanye. Pembuat game dan pemasar dapat memanfaatkan teknologi dan solusi yang tersedia untuk melacak kinerja iklan dan kampanye. Tracker ini juga dapat menghubungkan aplikasi di mana kampanye tersebut dijalankan dan informasi tentang pengguna yang mengakses tautan tersebut. Cara ini akan membuat proses berjalan mulus dan memberikan gambaran lengkap tentang kinerja kampanye.

Pada platform media sosial, solusi ini dapat digunakan untuk mengumpulkan data real-time dari berbagai channel seperti Facebook, Twitter, Google, dan Snapchat. Artinya, pengiklan dapat dengan mudah melacak kampanye lintas platform dengan cara yang terpadu tanpa perlu membuat tracker masing-masing. Dengan mengadopsi solusi yang tepat untuk memantau dan mengukur kinerja, pembuat game dan pemasar dapat membuat keputusan berdasarkan informasi yang memadai dan meningkatkan laba atas belanja iklan.

Memanfaatkan Potensi Game Hiperkasual

Mengingat popularitas game hiperkasual di kalangan gamer, kategori aplikasi ini akan terus berkembang seiring dengan semakin banyaknya game dan aplikasi seluler yang diluncurkan. Akan tetapi, bagi banyak pembuat game, keberhasilan mereka akan ditentukan oleh skalabilitas aplikasi dan investasi yang dapat diperoleh.

Storms mengadakan  Storm the World Competition 2021 untuk memperluas jangkauan industri game. Lomba ini memberi kesempatan bagi studio game seluler independen dan pembuat game dari seluruh dunia untuk menampilkan dan mempromosikan aplikasi mereka ke audience yang lebih luas. Selain itu, tim pemenang akan mendapatkan peluang untuk memasarkan game di seluruh dunia melalui kontrak eksklusif dengan Storm.

Dengan perkembangan ini, industri game hiperkasual di Asia Tenggara siap berkembang dan melakukan akselerasi untuk menjadi media iklan yang efektif biaya dan kuat.


Artikel kontribusi ini ditulis oleh April Tayson, Regional VP INSEA, Adjust.

Tinggalkan komen