Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Final MPL ID Season 4: EVOS & RRQ Melenggang ke Piala Dunia Mobile Legends

0 339

Sebanyak enam tim esports terbaik Indonesia berjuang untuk memperebutkan total hadiah sebesar US$ 300 ribu atau setara Rp 4 miliar di babak playoff turnamen Mobile Legends Profesional League (MPL) Season 4 2019. Turnamen eSports ini berlangsung di Tennis Indoor Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, selama dua hari (26-27 Oktober 2019).

Sebelum memasuki babak final, yakni sejak babak Regular Season, dukungan para penggemar tidak pernah surut, justru semakin memanas menjelang puncak kejuaraan Mobile Legends terbesar di Asia ini. Seluruh tim telah menyelesaikan rentetan pertandingan di babak regular selama delapan pekan, tepatnya pada 23 Agustus-13 Oktober di MPL Arena, Tanjung Duren, Jakarta Barat.

Setelah melewati babak regular, hanya enam tim dengan poin tertinggi yakni Alter Ego, Aura, Bigetron Esports, EVOS Esports, ONIC Esports, dan Rex Regum Qeon (RRQ) yang berhak tampil di panggung utama MPL Season 4 2019.

Di babak final, tim Rex Regum Qeon (RRQ) menghadapi EVOS pada final setelah menundukkan Alter Ego dengan skor 2-1 pada babak play-off hari Sabtu. Jika diibaratkan dengan pertandingan sepak bola, kedua tim yang bertanding ini seperti duel El Classico Indonesia di sektor eSports.

Hal ini mengingat kedua tim tersebut menduduki posisi puncak klasemen sementara. EVOS di peringkat pertama dan disusul RRQ di urutan kedua. EVOS berhasil mengamankan puncak klasemen dengan torehan 23 kemenangan dan 9 kekalahan. Sementara sang rival, RRQ mencatatkan rekor menang-kalah sebanyak 10-4.

Hasil akhirnya, EVOS berhasil menjadi pemenang di MPL ID Season 4 dengan kor 3:1. Penampilan armada Harimau Putih memang patut diacungi jempol meski menyusun roster yang terbilang baru.

Meski kalah, RRQ masih punya kesempatan berikutnya. Karena kedua tim yang berlaga di Grand Final berhak melaju ke Mobile Legends World Cup (M1 2019), yang merupakan kejuaraan mobile legends tingkat dunia yang akan digelar pada 15-17 November di AXIATA Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Total sebanyak 16 tim dari 14 negara akan bertarung pada turnamen tersebut.

Baca juga: Serunya Menjadi Manajer Klub Sepak Bola di Game MPLMPL ID Season 4

MPL ID Season 4 Adopsi Model Franchise

Dalam penyelenggaraan musim ke-4 ini, Mobile Legends: Bang Bang Professional League Indonesia (MPL-ID) mengadopsi model franchise league. Ini menjadikan MPL ID Season 4 sebagai kompetisi esports pertama di Asia Tenggara yang dijalankan dengan sistem ini. Tujuannya untuk membangun kondisi finansial yang lebih stabil untuk tim dan pemain, sekaligus menerapkan struktur yang lebih sistematis untuk industri eSports Indonesia, demi tercapainya ekosistem eSports yang persisten dan berkelanjutan.

“MPL ini sekarang franchise, Moonton bikin liga, semacam liga Inggris jadi memang yang bertarung tim yang bayar setiap season, yang invest untuk esports akan bertarung setiap season dan pemain terjamin dapat gaji,” ungkap Reza Afrian Ramadhan, Country Head of Marketing Mineski Event Team, saat ditemui di Tennis Indoor Senayan, Sabtu (27/10/2019).

Dijelaskan lebih lanjut, setiap tim yang menginvestasikan US$ 1 juta atau sekitar 14 miliar sebagai franchise fee berhak menempati slot permanen pada turnamen MPL-ID.  Selain itu biaya investasi tersebut juga akan memberikan manfaat lainnya untuk seluruh tim dan pemain.

Di antaranya mencakup kesempatan yang setara, bagi hasil, keamanan finansial, keamanan pekerjaan, dan kesempatan komersialisasi.

Pada model ini, seluruh tim akan menerima honor sesuai jumlah yang disepakati (salary cap) yang dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan dan memenuhi biaya operasional tim. Kemudian setiap tim akan menerima lebih dari 50 persen keuntungan liga sebelum potongan biaya operasional dan marketing yang akan seluruhnya akan ditanggung oleh Moonton.

Keamanan finansial untuk pemain dengan kontrak yang meliputi gaji tetap dan minimal
kontrak selama 6 bulan tiap musimnya. Keamanan pekerjaan baik untuk tim dan pemain karena tidak adanya penurunan (relegation). Serta kesempatan komersialiasi, dimana dengan adanya investasi bersama dari Moonton dan tim memungkinkan MPL-ID untuk memiliki komitmen jangka panjang dengan mitra-mitra utama dalam menciptakan arus penghasilan dan solusi marketing untuk brand, tim, dan pemain.