Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Mencari Jagoan eSports Baru dari Kalangan Pelajar SMU Melalui High School League 2018

Bagi pelajar SMU yang doyan bermain eSports dan berotak cerdas ada kabar baik bagi kalian. High School League 2018 per hari ini siap mewadahi hobi kalian ini agar tak hanya dapat tersalurkan secara profesional tetapi mengasah kemampuan fisik, otak dan sosial kalian. Ajang ini merupakan liga eSports pertama di Indonesia yang menyasar pelajar SMU.

High School League 2018 resmi diumumkan pada Kamis, 6 September 2018, di Jakarta Pusat, oleh penyelenggara turnamen ini dengan menggandeng JD.ID dan Lenovo Indonesia selaku sponsor utamanya. Babak kualifikasi yang akan memainkan DOTA 2 sebagai gim utama akan digelar di 10 GeForce-Certified iCafe yang ada di delapan kota di Indonesia, yakni Highgrounds, BarracX (Jakarta); Redfox (Bogor); Immortal (Bandung), Poseidon (Solo), Three Kingdoms (Surabaya); Hardcore (Malang), Noblenation dan iCafe (Medan) dan GIX (Makassar).

Dalam High School League 2018, peserta harus mendaftar melalui sekolahnya masing-masing melalui situs HSL www.ihsl.id sejak 6 Septemer 2018 hingga 12 Oktober 2018. Nama tim pun akan mengikuti nama sekolah asal pelajar yang akan ikut bertanding. Pertandingan akan digelar setiap Sabtu dan Minggu dan berlangsung selama satu semester.

DOTA 2 dipilih menjadi gim yang akan dilombakan sebab gim real time strategy ini bisa mendorong pemain untuk menambah kemampuan bekerjasama, kekompakan, pengambilan keputusan, strategi, sportivitas dan disiplin.

Rilis High School League 2018 di Jakarta Pusat hari ini

High School League 2018 menyediakan total hadiah Rp1,2 miliar dalam bentuk beasiswa, penyediaan kurikulum eSports, biaya subsidi bagi guru pembimbing kegiatan ekstrakurikuler eSports dan dukungan perlengkapan laboratorium eSports berupa PC untuk gaming.

Presiden High School League 2018 Stevanus mengatakan ajang ini digelar untuk mencetak bibit baru di dunia eSports Indonesia di masa mendatang yang berasal dari dunia pendidikan nasional.

“eSports adalah olahraga adu kecepatan dan kecerdasan dalam berstrategi serta konsentrasi dan reflek yang perlu mendapatkan dukungan fisik yang prima. Secara industri, eSports juga merupakan bidang yang mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap penguatan ekonomi digital jika dikelola secara profesional,” kata Stevanus.

Related Posts
1 daripada 3

Baca juga: Ajang eSports Dota 2 Minor Pertama di Indonesia Siap Sedot Animo Penggemarnya Minggu Depan

Teddy Arifianto, Kepala Komunikasi Korporat dan Urusan Publik JD.ID, dalam kesempatan hari ini mengatakan mendukung High School League 2018 merupakan salah satu cara mewujudkan misi “Advancing Indonesia”. “Sebagai perusahaan berbasis teknologi, kami merasa eSports saat ini sudah menjadi gerakan positif yang mendorong lahirnya bakat-bakat muda potensial,” katanya.

Lenovo Indonesia sendiri menilai eSports semakin mentahbiskan namanya sebagai olahraga, terutama sejak menjadi olahraga eksibisi dalam Asian Games 2018.

Gizma Priayuda selaku direktur proyek High School League 2018 mengatakan calon peserta harus mempunyai nilai akademik yang bagus meski tidak ada standar dari pihak penyelenggara. Hal ini sebab turnamen ini bertujuan mencari bibit yang baik yang bisa dipersiapkan menjadi pemain eSports profesional.

Gizma mengatakan ajang ini juga menjadi tombak agar anak selamat dari kecanduan bermain game. Pakar kejiwaan anak, keluarga dan pendidikan dari Universitas Indonesia, Anna Surti Ariani, mengatakan piawai bermain eSports berbeda dengan kecanduan bermain game.

“Dalam eSports, anak mempunyai target yang jelas, disiplin sedangkan internet gaming disorder tergantung pada mood, yang penting main dan konsumtif serta bertujuan membunuh kebosanan,” kata Anna.

Meski demikian, Anna mengatakan perlu pengawasan dari orang tua dan pihak sekolah agar anak yang suka bermain eSports tetap fokus bermain tetapi tidak terkena candu gaming. Caranya, yakni dengan menjaga agar anak tetap disiplin dan memastikan mereka tetap terlibat dalam aktivitas sekolah.

 

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Balasan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: