Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Menuju Grand Final, IGC 2020 Jaring 34 Ribu Mobile Gamers

0 251

Perhelatan Indonesia Games Championship (IGC) 2020 kini telah mencapai babak playoff yang berlangsung pada 24-26 Agustus 2020. Kompetisi berskala nasional yang digelar Telkomsel melalui Dunia Games berkolaborasi dengan Garena tersebut akan menguji kemampuan 64 tim terbaik dari seluruh negeri.

Kompetisi tersebut akan memperebutkan tempat di babak Grand Final IGC 2020 yang akan diselenggarakan pada 27-30 Agustus 2020. Setyanto Hantoro, Direktur Utama Telkomsel, memberikan ucapan selamat kepada seluruh peserta yang berhasil hingga ke babak playoff dari Indonesia Games Championship 2020. Ia berharap, seluruh tim dapat memberikan kemampuan terbaiknya saat bertanding seraya tetap menjunjung tinggi nilai sportivitas dalam kompetisi ini.

“Semoga IGC 2020 ini menjadi wadah yang tidak hanya bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan tim esport di Indonesia, namun juga memperkuat komunitas penggiat esport di Tanah Air,” kata Setyanto, dalam konferensi pers daring yang digelar melalui platform CloudX hari ini di Jakarta (24/8).

Sementara itu Hans Kurniadi Saleh, Direktur Garena Indonesia, mengatakan, pihaknya mengapresiasi dan mendukung turnamen yang diadakan Telkomsel yaitu Indonesia Games Championship 2020. “Dengan adanya kerjasama strategis antara Telkomsel dan Garena dapat memberikan pengalaman yang terbaik dan dapat menjadi wadah untuk para pecinta esports di Indonesia serta dapat terus memajukan ekosistem esports di Indonesia,” ujar Hans.

Baca juga: Ini Langkah Telkomsel Dukung Ekosistem Game Indonesia

Catatan IGC 2020

IGC 2020 Memasuki Grand FinalSepanjang penyelenggaraan IGC 2020, terdapat catatan menarik yang menunjukkan kontribusi kuat Dunia Games dalam memajukan industri esport di Indonesia secara menyeluruh dan berkelanjutan. Dari sisi jumlah peserta, IGC 2020 diikuti oleh lebih dari 34.000 peserta yang tergabung ke dalam lebih dari 8.200 tim yang memperebutkan total hadiah senilai lebih dari 1,6 miliar rupiah. Keterbukaan IGC 2020 terhadap seluruh gender pun mendapat respons yang baik dari pemain kaum hawa dengan berpartisipasinya lebih dari 1.200 peserta perempuan yang terbagi ke dalam lebih dari 300 tim.

Secara keseluruhan, peserta IGC 2020 berasal dari 457 kabupaten/kota di Indonesia. Pulau Jawa menjadi wilayah yang menyumbang jumlah partisipan terbesar, yaitu lebih dari 9.200 peserta. Meski demikian, antusiasme yang tinggi juga ditunjukkan di daerah lain, seperti Sumatera yang mengirim lebih dari 4.300 peserta. Lalu, ada Sulawesi yang menyumbang lebih dari 1.900 peserta. Kemudian, Kalimantan, Papua dan Maluku, serta Bali dan Nusa Tenggara masing-masing diwakili oleh lebih dari 1.500 peserta.

IGC tahun ini juga bahkan diikuti oleh peserta dari Malaysia, Singapura dan Filipina. Persebaran peserta IGC 2020 yang semakin meluas ini mempertegas komitmen Telkomsel untuk mengakselerasi perkembangan ekosistem esport dan pengalaman gaya hidup digital seiring dengan peningkatan cakupan dan kualitas jaringan broadband Telkomsel hingga penjuru negeri.

Pertandingkan 4 Game Populer

FreeFire Samsung Galaxy A71IGC 2020 sendiri mempertandingkan empat judul game, yaitu Free Fire, Call of Duty Mobile, Arena of Valor, dan League of Legends. Pendaftaran dari kompetisi tersebut dibuka pada Mei dan Juni, yang dilanjutkan ke babak kualifikasi pada Juli dan Agustus. Kini, setelah perjalanan yang panjang, 64 tim  berhak mengikuti babak playoff yang diselenggarakan pada 24-26 Agustus 2020 untuk memperebutkan tempat di babak Grand Final yang dijadwalkan untuk digelar pada 27-30 Agustus 2020.

Rangkaian kegiatan IGC 2020 dilakukan secara online. Para penggemar esport di seluruh Indonesia pun dapat menyaksikan pertandingan IGC 2020 melalui berbagai channel digital yang meliputi situs igc.duniagames.co.id dan aplikasi MAXstream.

“Pelaksanaan IGC 2020 menjadi salah satu upaya berkelanjutan kami dalam mewujudkan komitmen tersebut melalui pengembangan esport secara berkesinambungan. Ke depan, kami akan terus menghadirkan inisiatif-inisiatif lainnya yang mampu membantu mewujudkan Indonesia Digital dari berbagai aspek kehidupan masyarakat,” pungkas Setyanto.