Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

KFConsole, Main Game Sambil Menghangatkan Ayam Goreng

2 936

Siapa sangka, informasi tentang kehadiran konsol dari restoran waralaba ayam goreng KFC pada Juni 2020 yang sempat jadi lelucon, jadi kenyataan. Baru-baru ini KFC dengan serius memperkenalkan perangkat gaming terbaru mereka bernama KFConsole. Dan kehadiran KFConsole sepertinya akan menjadi babak baru dalam perang konsol di masa mendatang.

Memang nama KFConsole terasa seperti lelucon. Tapi jangan salah lho. Konsol ini dipersiapkan untuk dapat bersaing dengan konsol yang lebih dulu eksis seperti Nintendo Switch, bahkan Xbox S maupun Playstation 5. Berkolaborasi bersama Cooler Master, nama besar di jagat PC Gaming, KFConsole memiliki performa yang digadang-gadang mampu bersaing dengan konsol level atas tersebut.

Ada satu kelebihan yang jelas tak dimiliki konsol gaming lain. Yakni tentang ruang penyimpanan makanan dalam KFConsole. Ruang yang menyerupai oven tersebut dapat digunakan untuk menghangatkan ayam goreng KFC, dan makanan lain. Cara kerjanya dengan memanfaatkan panas yang keluar saat mesin konsol dijalankan bermain game. Ide cemerlang!

“Mesin ini mampu menjalankan game yang memiliki spesifikasi tinggi, sambil tetap menjaga makananmu hangat selama kamu bermain game. Apa ada yang serupa?,” ujar Mark Cheevers, PR & Social Media Lead KFC UK & Ireland.

Konsol dengan spesifikasi tinggi untuk game level AAA, dipadukan ruang penghangat makanan. Kalau sudah begini, siapa coba yang bisa melewatkan kesempatan untuk mencobanya? Memang ini sebuah trik marketing. Namun belum pernah ada yang mencobanya, dan baru pertama kali.

Baca juga: Segera Dirilis, Ini yang Seru di Game PvP Battle Arena Master 2

Melihat Isi dari KFConsole

KFConsole memiliki bentuk menyerupai KFC bucket, ya, ember ayam goreng. Bentuk tersebut diklaim memiliki ruang aliran udara yang cukup untuk membuat suhu konsol tetap normal. Di tengah lingkaran, terdapat ruang penghangat ayam, yang dibuat seperti laci khusus. Sementara mesin utama terletak di bagian bawah.

Intel Nuc
Intel Nuc akan menjadi otak dari KFConsole.

Desain konsol ini dibangun dari basis Cooler Master NC100 yang sudah dikostumisasi. Di dalam KFConsole mendapat asupan tenaga dari Intel Nuc 9 Extreme. Mesin dari Intel ini memang diciptakan untuk membangun mini PC namun dengan performa cukup tinggi. Sehingga layak digunakan dalam mengusung konsep desain yang unik milik KFConsole.

Pada sektor kartu grafis (GPU) belum diungkap akan menggunakan model apa. Tapi yang pasti pada seri awalnya nanti akan menggunakan Nvidia. Nantinya GPU tersebut akan dapat digonta-ganti sesuai kebutuhan pengguna. Menjadikan KFConsole sebagai konsol pertama yang memungkinkan hal itu terjadi.

Dipadukan dengan performas dari PCIe NVMe yang memiliki kecepatan tinggi, dan penyimpanan dari Seagate BarraCuda 1 TB SSD. Membuat konsol ini berpotensi menghadirkan pengalaman gaming yang tidak hanya cepat, tapi juga efisien dalam hal waktu loading.

Memang belum banyak detail yang diungkap pada jeroan KFConsole. Beberapa hal yang dapat dipastikan dimiliki konsol ini ialah kemampuan menjalankan game berbasis Virtual Reality (VR). Ray tracing untuk memberi efek pencahayaan alami. Frame rate mencapai 240 FPS dengan ouput mencapai 240 Hz. Dan mendukung visual hingga 4K display.

Sampai kini belum didapatkan kapan konsol ini akan dirilis, dan harga yang menyertainya. Perkiraan sih musim panas tahun depan, atau bisa juga lebih cepat di triwulan pertama tahun 2021. Namun dengan segala kelebihan dan keunikan KFConsole membuat KFC begitu yakin menjadi yang terbaik di kompetisi konsol gaming. Tidak heran dalam twitter-nya, KFC berujar “The Console Wars are Over!”.

Trailer KFConsole

Tunjukkan Komen (2)