Perbedaan Utama Antara PUBG: New State vs PUBG: Mobile

Jakarta, Gizmologi – Apa perbedaan PUBG New State dan PUBG Mobile? Pertanyaan ini menyeruak setelah PUBG merilis PUBG: New State resmi dirilis bulan ini.

Kehadiran seri baru PUBG New State untuk pasar smartphone cukup membingungkan para gamer. Sebab saat ini masih bercokol PUBG: Mobile yang masih sangat populer dimainkan. Apalagi keduanya juga sama-sama dapat diunduh dan dimainkan gratis.

Tapi tentu saja developer tidak akan membiarkan keduanya saling ‘bunuh’ begitu saja. Sebab keduanya merupakan produk dari satu hulu yang sama, yakni PUBG Corporation dan Krafton. Ada beberapa perbedaan PUBG New State dan PUBG Mobile. Sehingga gamer dapat memilih mana judul yang tepat bagi mereka.

Baik itu perbedaan PUBG New State sebagai sebuah game baru atau PUBG: Mobile yang sudah lebih dulu eksis. Berikut kami tuliskan lima perbedaan utama dari kedua judul tersebut.

1. Developer

PUBG: New State

Bagi gamer yang lebih dulu memainkan PUBG versi PC tentu mengetahui bahwa game berkonsep battle royale ini dikembangkan sekaligus diedarkan oleh Krafton, Inc. Akan tetapi pada saat dirilis untuk versi mobile, Krafton justru menyerahkan lisensinya kepada Tencent Games. Kemudian dikembangkan oleh Lightspeed & Quantum, anak perusahaan Tencent, untuk merilis PUBG: Mobile.

Nah, PUBG: New State hadir langsung dari pengembang yang juga menggarap versi PC-nya. Itulah sebabnya judul ini dianggap lebih otentik dan selaras dengan pengembangan PUBG secara keseluruhan. Atas dasar itu pula, beberapa gamer akhirnya berpaling dari versi Tencent untuk memperoleh experience yang lebih baik. Meski hal itu belum dapat dibuktikan sepenuhnya juga, sebab game-nya juga baru rilis.

2. Perbedaan PUBG State Terkait Gameplay

PUBG: New State

Baik PUBG: New State maupun PUBG: Mobile memiliki model permainan yang relatif sama saja. Sebab developer pasti menyeleraskan kebutuhan kontrol dengan spesifikasi perangkat yang ada. Sehingga proses navigasi, menembak, mengendarai kendaraan, maupun bermanuver nyaris tidak ada perbedaan signifikan di antara kedua judul. Hanya saja developer New State menjejalkan lebih banyak opsi tombol untuk digunakan dalam permainan.

Namun, bagi gamer yang memainkan judul baru dengan smartphone kelas high-end, refresh rate dalam game terasa jauh lebih baik. Hal itu membuat permainan jadi terasa lebih menarik. Isu perangkat memang cukup menjadi sorotan untuk dapat memainkan PUBG: New State dengan baik. Salah satunya dari kebutuhan sistem operasi yang mengharuskan smartphone menggunakan Android versi 6 atau iOS versi 9.0 ke atas. Notabene dimiliki oleh smartphone keluaran yang cukup baru.

Baca juga: Gundala Siap Berebut Chicken Dinner di PUBG Mobile

3. Map PUBG: New State

PUBG: New State

Map atau peta menjadi unsur esensial dari permainan dengan konsep battle royale seperti PUBG. Peta yang menarik dapat mendorong permainan jadi lebih seru. Dan PUBG: Mobile sudah memiliki hal tersebut pada peta Erangel yang memiliki kontur geografis yang komplit. Menjadi wajar bahwa kemudian Krafton membawa peta tersebut pada PUBG: New State dengan nama baru Erangel 2051.

Satu peta lain bernama Troi yang memiliki luas 8×8 kilometer. Peta dengan tiga pulau utama ini banyak memiliki kontur datar, dengan beragam bangunan, yang memudahkan pemain berpindah dan bersembunyi dengan cepat. Sajian dunia post-apocalypse dipadu persenjataan futuristik membuat gamer dapat merasakan seolah ada di dunia masa depan. Kedua peta ini mungkin dapat disebut sebagai salah satu faktor pembeda dari dua versi PUBG.

4. Weapons & Vehicles

PUBG: New State

 

Tampilan material promo dalam PUBG: New State memperlihatkan bahwa visualisasi senjata dan kendaraan sudah disesuaikan dengan tema dunia di tahun 2051. Dua komponen tersebut memegang peran penting, selain peta, dalam permainan di New State. Gamer dimanjakan dengan model-model futuristik yang lebih keren. Termasuk adanya mobil listrik, yang memang semakin populer belakangan ini.

Beberapa model senjata hanya terlihat sebagai pembaruan dari versi PUBG: Mobile. Dapat dengan mudah dipahami dan dimainkan sesuai kebutuhan permainan. Itu menjadi hal baik, sebab gamer tidak perlu beradaptasi terlalu lama dengan New State.

5. Minimun Requirements

Tentu saja ada perbedaan dalam kebutuhan spesifikasi perangkat antara kedua judul tersebut. Berikut detailnya:

PUBG Mobile:

Minimum Requirements untuk Android:

  • Memory: 2 GB dan di atasnya
  • Supported system: Android 5.1.1 atau di atasnya

Minimum Requirements untuk IOS:

  • Memory: 1.8 GB dan di atasnya
  • Supported system: IOS 9.0 atau terbaru

PUBG New State:

Minimum Requirements untuk Android:

  • Memory: 2.5 GB
  • Supported system: Android 6

Minimum Requirements untuk IOS

  • Memory: 2.5GB
  • Supported system: IOS 10

Dari sekian banyak perbedaan tersebut, apakah membuatmu tertarik beralih ke PUBG: New State? Atau justru memilih untuk memainkan keduanya secara bersamaan?

Tinggalkan komen