Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Valthirian Arc: Hero School Story Edisi Khusus Bawa Bahasa Indonesia dan Sunda

0 1.544

Game asli Indonesia karya developer lokal, Agate, baru saja diperbarui dengan sentuhan bahasa Nusantara. Ya, Valthirian Arc: Hero School Story edisi khusus Asia Tenggara kini hadir dalam opsi bahasa Indonesia maupun bahasa Sunda, membuat permainan semakin seru dengan bahasa yang kita gunakan sehari-hari.

Peluncuran Valthirian Arc: Hero School Story edisi Asia Tenggara ini adalah sebagai persembahan dari Agate, bekerja sama dengan Scrysoft dan Oolean untuk memberikan sesuatu yang spesial bagi gamer Indonesia. Cipto Adiguno, VP Consumer Games Agate, menyatakan dengan adanya dukungan tersebut, Valthirian Arc: Hero School Story berhasil menjadi produk lokal pertama di platform PlayStation 4 yang mendukung tersedianya bahasa daerah.

“Harapannya, penjualan Valthirian Arc: Hero School Story versi regional Asia Tenggara bisa menyamai atau bahkan melebihi kesuksesan versi sebelumnya. Kami harap game ini bisa menjadi salah satu kebanggaan Indonesia, serta menjadi pembuka jalan untuk franchising,” ujar Cipto.

Baca juga: Gandeng RRQ, Agate Luncurkan Game Simulasi Manajemen Esports

Valthirian Arc Edisi Khusus Asia Tenggara

Valthirian Act Hero School Story hadirkan opsi bahasa Indonesia.
Valthirian Arc Hero School Story hadirkan opsi bahasa Indonesia.

Valthirian Arc: Hero School Story sebelumnya telah dipertunjukkan di berbagai ajang acara game bergengsi, baik lokal maupun internasional, mulai C3 AFA Jakarta (AFA Play) sampai Tokyo Game Show 2018. Game ini sempat menduduki posisi kedua di chart Steam untuk game populer di Inggris kurang dari 24 jam setelah perilisan, dan top 10 di jajaran Nintendo eShop regional Jepang dan sekitarnya.

Game edisi khusus ini dapat ditemukan dalam bentuk digital maupun fisik untuk Playstation 4 mulai 24 Maret di toko-toko game di Indonesia. Edisi fisik PlayStation 4 hadir dengan balutan steel case khusus, hanya tersedia di Asia Tenggara.

Game Valthirian Arc: Hero School Story menempatkan pemain sebagai kepala sekolah akademi ksatria yang dulunya merupakan akademi terhebat di seluruh negeri Valthiria. Pemain bertugas mendidik, melatih dan meluluskan sebanyaknya ksatria berbakat agar akademi dapat berkembang. Pemain juga harus menggunakan sumber daya yang terkumpul untuk mendirikan fasilitas, memperbesar area akademi, dan mendidik calon ksatria untuk melindungi Valthiria dari ancaman buruk yang mendekat. Valthirian Arc versi ini dirilis pada bulan Oktober 2018 lalu, dengan genre RPG atau role-playing game.

Inisiatif Menggunakan Bahasa Nusantara di Game Valthirian Arc

Bahasa Sunda dalam gameplay Valthirian Arc: Home School Story
Bahasa Sunda dalam gameplay Valthirian Arc: Home School Story.

Keunikan yang dibawa kali ini yaitu opsi menikmati permainan dengan bahasa Indonesia dan bahasa Sunda. Menurut Agate, ini dilakukan guna meningkatkan kebanggaan masyarakat Indonesia terhadap bahasa ibu maupun bahasa daerah. Untuk menghadirkan fitur ini, Agate berkolaborasi dengan Telkom Indonesia dan Melon melalui Oolean.

Inisiatif tersebut diharapkan menjadi inspirasi pengembang game lokal dalam bersaing di pasar global, yang menjadi misi awal terbentuknya Oolean. Terkait hal tersebut, Joddy Hernady, EVP Digital and Next Business PT Telekomunikasi Indonesia menyatakan Indonesia harus bisa menjadi tuan rumah untuk game di Indonesia.

“Inisiatif Oolean ini ingin menunjukkan bahwa developer gim Indonesia kini mampu bersaing dengan developer gim negara lain sehingga bisa menyemangati gim developer lokal lainnya untuk membangun game yang bisa diminati gamer Indonesia, bahkan ke depannya untuk pasar global,” ujarnya.