Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Begini Jadinya Jika Facebook Punya Tombol Azab Buat Penyebar Hoax

Let's make Facebook fun again!

Jika dulu Facebook adalah media sosial yang sarat dengan lucu-lucuan dan seru-seruan, belakangan ini seperti berubah menjadi simulasi perang saudara. Selain debat kusir tanpa andong berbasis politik, media sosial ini juga jadi lapak paling laris untuk peredaran hoax. Tombol azab adalah solusi?

Seolah gregetan dengan fenomena hoax yang beredar di Facebook, seorang netizen mencoba melakukan idea pitch berupa fitur yang bernama Tombol Azab. Tombol ini diklaim berguna untuk mempermalukan penyebar hoax yang mengganggu keseruan bermain Facebook.

Seperti screenshoot yang disebar oleh pengguna Facebook yang bernama Jonathan End, fitur Tombol Azab berada di bawah caption, tepatnya sejejer dengan fitur pilihan Like, Comment, dan Share. Jika fitur Like menggunakan ikon jempol, pada fitur nyeleneh ini berupa petir.

tombol azab facebook
Screenshoot: Jonathan End (Facebook)

 

Jadi, nantinya begitu pengguna Facebook menemukan postingan hoax, bisa memilih tombol tersebut dan selanjutnya akan timbul pilihan azab yang akan dikenakan, seperti ketiban truk gandeng, masuk got, dijual di Harbolnas, dan dijauhi jenazah lainnya.

tombol azab facebook
Screenshoot: Jonathan End (Facebook)

 

Related Posts
1 daripada 19

Nantinya, pilihan azab yang diberikan akan muncul di bagian bawah caption si penyebar hoax. Diharapkan dengan begitu si pemilik akun akan merasa malu karena telah diberikan azab oleh pengguna Facebook lainnya.

tombol azab facebook
Screenshoot: Jonathan End (Facebook)

 

Harus diakui, penyebaran hoax di media sosial cukup mengkhawatirkan. Bahkan menurut data Badan Intelijen Negara (BIN), sebanyak 60% informasi yang beredar di media sosial merupakan hoax. Adapun media sosial terpopuler dalam hal ini adalah Facebook.

Jenis hoax yang beredar juga mendatangkan reaksi yang beraneka rasa mulai dari membuat sesak di dada sampai geleng-geleng kepala. Selain itu, ada juga pengguna durhaka yang tak tahu diuntung pernah membuat hoax tentang Facebook yang akan memberlakukan biaya berlangganan bulanan. Pernah dengar?

Nah, dengan adanya hoax-hoax yang membuat polusi mata di timeline, tentu saja kita harapkan Facebook mempunya fitur yang lebih canggih dalam mengantisipasi penyebarannya. Jika, Tombol Azab dinilai efektif, kenapa tidak?

Menurut kamu, azab yang paling cocok buat penyebar hoax di Facebook apa sih, Gizmolovers?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.