Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Acer Perbarui Seri ConceptD 7 dengan Varian Desktop PC

0 2.615

Terdapat cukup banyak produk baru yang diperkenalkan oleh Acer pada gelaran ‘[email protected] 2020’ yang diadakan 21 Oktober kemarin. Tak hanya laptop, mereka juga perkenalkan sebuah perangkat untuk membersihkan udara, memposisikan brand yang berpusat di Taiwan ini untuk lebih relevan dengan situasi pandemi.

Nah, untuk seri laptopnya sendiri, selain seri konsumer, Acer juga perbarui lini laptop canggihnya, yaitu Acer ConceptD. Tidak hanya laptop saja, kali ini Acer menambahkan jenis perangkat baru di lini ConceptD, yaitu sebuah desktop PC yang didesain untuk para profesional maupun kreator kelas tinggi. Memiliki desain timeless seperti seri laptopnya, yang didominasi warna putih.

Lini seri Acer ConceptD ini pertama kali diperkenalkan pada 2019 lalu. Bukan untuk gamer, laptop dan PC-nya dipasarkan untuk kreator konten, engineer maupun pekerjaan profesional lainnya seperti mobile workstations, AR/VR serta mereka yang butuhkan akurasi layar tinggi. Selain dua laptop ConceptD 7 & 7 Pro, kini dihadirkan PC Desktop Acer ConceptD 300.

Baca juga: AcerPure Cool, Perangkat 2-in-1 untuk Bersihkan Udara dalam Ruangan

Acer ConceptD 300 Hadir dengan Desain Klasik

Acer ConceptD 300 PC

Untuk perangkat barunya, Acer ConceptD 300 Desktop gunakan desain klasik yang cukup elegan. Bagian atasnya menggunakan material panel kayu, sementara depannya didominasi warna hitam. Panel depannya ini dirancang sebagai ventilasi juga, selain bagian sisi kiri dan kanan. Suara atau noise dibuat tak melebihi 40dBA, setara dengan kondisi ruang perpustakaan yang senyap.

Belum gunakan prosesor terbaru, ConceptD 300 gunakan Intel Core-i7 generasi ke-10, dipadukan dengan grafis NVIDIA GeForce RTX 3070 serta RAM 64GB DDR4. Setup ini dirancang untuk kebutuhan editing video, CAD dan aplikasi model 3D lainnya. Serta dukungan penyimpanan hingga 4TB HDD dan 1TB PCIe M.2 SSD.

Panel depannya juga menyediakan akses untuk banyak port yang dibutuhkan. Mulai dari USB 3.2, SD card reader hingga port USB-C yang mendukung display port hingga kecepatan transfer 10 Gbps. Perangkat yang menjalankan Windows 10 Pro ini juga didukung Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.1.

Acer ConceptD 7 Series Punya Spesifikasi Lebih Baik

Acer ConceptD 7 series

Lalu untuk kedua seri laptopnya, Acer memperbaruinya dengan peningkatan spesifikasi hardware. Tentunya agar lebih mumpuni bagi para kreator profesional yang selalu bekerja secara mobile. Acer ConceptD 7 fokus pada performa serta akurasi panel layarnya, hadir dengan warna putih yang dilapisi proteksi dari keramik. Menjamin perangkat bebas kotor dan menguning.

Laptop Acer ConceptD 7 juga gunakan prosesor Intel Core-i7 generasi ke-10, dengan tambahan cip AI untuk performa lebih baik. Layar 15,6 inci-nya punya resolusi 4K, dan sudah divalidasi oleh PANTONE, mencakup 100% Adobe RGB Color Space serta Delta E<2, fitur penting untuk kreator yang butuhkan akurasi warna.

Perbedaan varian biasa dan Pro hanya pada GPU yang diusung saja. Acer ConceptD 7 gunakan NVIDIA GeForce seri RTX, sementara ConceptD 7 Pro hadir dengan opsi hingga NVIDIA Quadro RTX 5000, dengan lebih dari 2071 core dan memori GPU 16GB. GPU tersebut dirancang agar perangkat kuat menjalankan beberapa aplikasi kreator konten dalam satu waktu sekaligus. Sistem pendingin ‘Vortex Flow’ juga diperbarui agar tetap kencang dan senyap ketika digunakan.

Harga Acer ConceptD 7 & 300 Series

Acer ConceptD 7 series

Acer ConceptD 7 series bakal hadir lebih dulu di bulan Oktober untuk wilayah regional EMEA (Eropa, Timur Tengah dan Afrika), menyusul ConceptD 300 Desktop di bulan November. Untuk perangkat komputer dengan performa tinggi, tentu harus ada yang ditebus, alias harganya yang sangat mahal.

ConceptD 7 dibanderol mulai dari 2,899 Euro (Rp50 jutaan), sementara varian Pro mulai 3,699 Euro. Lalu untuk seri PC desktop-nya yang punya desain klasik modern, dijual mulai 1,299 Euro (Rp22 jutaan).