Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Inilah Jajaran Laptop Terbaru Acer 2020 dengan CPU Intel Tiger Lake

2 3.583

Perusahaan elektronik multinasional yang berpusat di Taiwan, Acer baru saja mengadakan sebuah acara perilisan produknya secara daring, bertajuk ‘[email protected] 2020’. Acara tersebut disiarkan secara daring, ditayangkan dari kanal YouTube resmi Acer. Selain berbagai laptop, juga diperkenalkan sebuah lini baru yang fokus untuk kebersihan udara rumah.

Untuk lini laptop konsumer sendiri, Acer perbarui seluruh lini yang sudah umum dikenal oleh konsumen, dengan prosesor terbaru dari Intel yaitu Tiger Lake generasi ke-11. Lini yang diperkenalkan adalah Acer Aspire 5, Swift 3x, Spin 3 & Spin 5. Masing-masing tentunya miliki keunggulan berbeda, dengan model clamshell konvensional maupun sistem lipat 360 derajat.

Dalam sebuah rilis di situs resminya, Acer ingin hadirkan laptop ultra-portable dengan desain yang lebih menarik, dan tentunya performa tinggi lewat Intel Core generasi ke-11 serta grafis Intel Iris X. Untuk varian laptop tipis, Acer tahun ini siapkan Acer Swift 3X. Tak ada lagi batasan laptop tipis tidak bisa powerful, karena spesifikasi laptop Acer satu ini cukup mengesankan.

Baca juga: Predator Triton 500, Laptop Gaming Acer yang Tipis dan Powerful

Acer Swift 3X, Laptop Tipis Khusus Kreator

Acer Swift 3X

Seri Swift 3 selalu dikenal dengan desainnya yang tipis, namun tetap bertenaga. Ditargetkan untuk kalangan kreatif dan profesional, bobot Acer Swift 3X memiliki bobor hanya 1,37 kilogram saja. Layarnya berukuran 14 inci dengan bezel tipis, punya resolusi full HD dengan panel IPS, sudah meng-cover warna 72% NTSC. Port dan konektivitasnya juga lengkap, termasuk USB C, Thunderbolt 4 & USB A 3.2 Gen 2.

Acer juga sediakan opsi grafis dedicated, Intel Iris Xe Max untuk penggunaan yang lebih intensif di Acer Swift 3X, diklaim mengalahkan GPU NVIDIA MX450. yang cukup hebat adalah klaim daya tahan baterainya, hingga 17,5 jam pemakaian. Teknologi fast charging juga hadir di laptop tipis ini, mampu digunakan sampai 4 jam hanya dalam waktu 30 menit.

Hadir dalam opsi warna Steam Blue dan Safari Gold, Acer sediakan dua opsi konfigurasi untuk Acer Swift 3X. Seri menengahnya hadir dengan Core i5, RAM 8GB dan dan 512GB SSD. Lalu ada varian paling tinggi dengan Core i7-1165G7, RAM 16GB dan 1TB SSD.

Acer Spin 3 & Spin 5 Sempurnakan Laptop Convertible

Acer Spin 5

Sementara untuk konsumen yang inginkan laptop convertible dengan layar sentuh 13.2 inci rasio 3:2, disiapkan seri Acer Spin 5 yang telah memenangkan Red Dot Design Award 2020. Laptop ini memiliki ketipisan hanya 14,9mm, dengan bobot 1,2kg dan hinge yang membuat layarnya bisa diputar 360 derajat. Bezelnya berhasil direduksi hingga 18%, membuatnya punya rasio layar ke bodi mencapai 80%.

Baik panel layar maupun touchpad-nya sudah dilapisi dengan Antimicrobial, agar lebih relevan di situasi di mana kita harus terhindar dari virus. Laptop ini hadir dengan opsi prosesor Intel generasi ke-11 hingga Core i7, dan juga sudah mendukung Acer Active Stylus dengan teknologi dari Wacom. Daya tahan baterainya juga cukup lama, hingga 15 jam.

Bagi yang menginginkan dimensi lebih kecil, juga dihadirkan Acer Spin 3 dengan layar 13:3 inci rasio 16:10. Namun versi ini tak hadir dengan opsi GPU tambahan, sehingga bila inginkan GPU NVIDIA MX450, bisa melirik Spin 5. Dengan layar sentuh yang mendukung tekanan stylus hingga 4096 level, Spin 3 didedikasikan untuk laptop kecil yang bisa alih fungsi menjadi tablet.

Acer Aspire 5 Gunakan Desain Hinge Baru

Acer Aspire 5

Bagi konsumen yang menginginkan laptop standar lebih terjangkau, Acer Aspire 5 diperbarui dengan ragam pilihan warna menarik. Hadir dengan opsi grafis Intel Iris Xe maupun NVIDIA GeForce MX450, kapasitas RAMnya mendukung hingga 24GB DDR4. Konsumen bisa memilih mulai varian Intel Core i3-1115G4, i5-1135G7 atau i7-1165G7. Sementara dimensi layarnya variatif, mulai 14 inci, 15.6 inci hingga 17.3 inci.

Acer gunakan desain hinge baru, yang secara otomatis mengangkat bagian bawah ketika sedang dibuka, sehingga dapat tingkatkan kenyamanan saat mengetik, membuat keluaran suara menjadi lebih baik serta ventilasi udara optimal. Daya tahan baterainya diklaim hingga 10 jam pemakaian. Dan untuk bobotnya sendiri, varian 14 inci dari Acer Aspire 5 tak sampai 1,5kg, alias hanya 1,45kg saja.

Oh ya, seluruh laptop Acer baru di atas sudah menggunakan Intel Wi-Fi 6 (Gig+) dual band. Dibandingkan Wi-Fi 5, bisa tingkatkan stabilitas koneksi dan menurunkan latensi hingga 75%. Acer juga sematkan sensor sidik jari untuk fitur keamanan ekstra pada Aspire 5.

Harga & Ketersediaan Acer Swift 3X, Aspire 5 & Spin Series

Untuk ketersediaannya, Acer Aspire 5 serta Swift 3X bakal hadir lebih dulu mulai November untuk wilayah EMEA (Eropa, Timur Tengah dan Afrika), dan sudah tersedia di China. Sementara Acer Spin 3 & Spin 5 menyusul 1-2 bulan kemudian. Acer sendiri tak berikan info kehadirannya di Asia.

Acer Aspire 5 tentunya hadir dengan opsi paling murah, mulai RMB4,499 (Rp9,8 jutaan). Sementara Acer Swift 3X bakal dijual mulai RMB4,999 (Rp10,9 jutaan), dan Acer Spin 5 di RMB6,999 (Rp15 jutaan). Dikabarkan bila beberapa seri baru ini bakal hadir juga dengan opsi AMD Ryzen, namun acara perilisan kali ini fokus me-refresh seluruh lini konsumer dengan Intel Core generasi ke-11.